Menentukan Posisi Dapur Terbaik Untuk Rumah

Dapur tampaknya bukan suatu ruang khusus, tetapi mempunyai kepentingan sangat besar pada rumah. Saat mendesain tata ruang rumah, lokasi dapur yakni area pertama dan paling penting untuk direncanakan dalam tata ruang, dengan cara memanfaatkan ruang sebaik-baiknya dan memenuhi semua fungsi.

Ruang dapur ini dipakai untuk menyiapkan makanan, penyimpanan kuliner dan peralatan, makan, perawatan anak, menghibur, dll. Dapur yakni area yang paling sering dipakai di rumah dan oleh alasannya itu harus menyenangkan, menarik dan mempunyai suasana ceria.

Posisi dapur terhadap ruang lainnya

Dapur tampaknya bukan suatu ruang khusus Menentukan Posisi Dapur Terbaik untuk Rumah
Menentukan Posisi Dapur Terbaik untuk Rumah

Desain dapur biasanya direncanakan di sebelah ruang makan alasannya selalu penting untuk menghubungkan kedua ruang ini. Ruang makan dan dapur harus ditempatkan sedemikian rupa sehingga kuliner yang dimasak sanggup dengan gampang disajikan kepada keluarga tanpa kerepotan.

Dapur dan ruang makan biasanya juga sanggup digabung menjadi satu, hanya dipisahkan oleh furniture. Saat ini perencanaan ruang terbuka dipakai secara luas di mana lokasi ruang tamu, ruang makan dan dapur terhubung secara terbuka tanpa dinding (dapat dipisahkan dengan penyimpanan atau partisi ringan) untuk menciptakan kamar terlihat lebih besar.

Posisi dapur dan arah matahari

Dapur tampaknya bukan suatu ruang khusus Menentukan Posisi Dapur Terbaik untuk Rumah
Posisi dapur dan arah matahari

Desain dapur didasarkan pada arah matahari dan angin. Perencanaan lokasi dapur harus menciptakan api menyala dengan baik dan berventilasi sehingga jendela memungkinkan sinar matahari sanggup membunuh basil yang tumbuh subur di meja dapur dan lantai.

Jendela juga harus memungkinkan udara segar untuk menghilangkan asap dapur dan bacin makanan. Untuk semua alasan ini, selalu disarankan untuk mempertimbangkan orientasi dapur sehubungan dengan sinar matahari dan arah angin. Atau kita harus memasang exhaust fan buatan untuk menyerap bacin kuliner di dapur.

Lokasi Dapur Terbaik untuk Rumah Anda?

Secara umum, arah Tenggara atau Barat Laut yakni lokasi dapur yang dianggap cocok untuk rumah di negara-negara Asia. Itu karena, arah angin utama yakni dari barat daya yang mencegah bacin dapur dari melewati ruangan lain dan juga sanggup mendapat ventilasi yang dibutuhkan oleh pemikiran angin.

Namun posisi dapur juga tergantung pada budaya masing-masing. Beberapa orang memandang bahwa dapur yakni daerah yang kotor sehingga diletakan di area belakang rumah jauh dari pintu masuk. Namun beberapa pemikiran modern justru memandang lebih baik meletakan dapur di bab depan semoga bacin kuliner tidak masuk ke rumah.

Apakah cross ventilation (ventilasi silang) dibutuhkan di dapur ?

Dapur sanggup saja berventilasi silang. Di Dapur, di mana ada banyak asap & bacin masakan, ventilasi silang akan menjamin bahwa udara panas dan asap keluar dari rumah dan diganti dengan udara sejuk segar dari luar. Jika tidak memungkinkan maka Anda harus memasang exhaust fan.

Karena itu, perancang harus selalu mengingat poin-poin yang diberikan di atas ketika merancang lokasi dapur untuk rumah. Demikianlah mengenai posisi dapur terbaik untuk rumah Anda, semoga bermanfaat dan menambah wawasan.
Sumber http://www.arsitur.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Menentukan Posisi Dapur Terbaik Untuk Rumah"

Posting Komentar