Media Tanam Untuk Anggrek Ephytis Dan Semi Ephytis


Menanam tumbuhan hias merupakan sebuah hobi sekaligus untuk mempercantik pekarangan rumah b Media Tanam Untuk Anggrek Ephytis dan Semi Ephytis




Menanam tumbuhan hias merupakan sebuah hobi sekaligus untuk mempercantik pekarangan rumah bagi sebagian orang. Mereka yang mempunyai kesenangan menyerupai itu rumahnya niscaya akan dipenuhi banyak sekali macam tumbuhan hias, meski terkadang beberapa diantaranya terlihat asing lantaran menaruh tumbuhan langka yang cenderung berbahaya. Tetapi jangan sekali-kali protes, alasannya yaitu mereka niscaya mempunyai alasan berpengaruh menanamnya.





Mungkin Anda termasuk salah satunya, untuk itu Anda bisa melihat cara merawat bunga jambu kristal semoga tidak rontok. Tanaman hias sendiri mempunyai bentuk serta jenis yang berbeda, warnanya pun sangat menarik untuk dipandang. Daya tarik tersebut lah yang menciptakan masyarakat sangat menggemari tumbuhan hias. Harganya yang tidak terlalu menguras kantong semakin mempertegas bahwa prospek bisnis tumbuhan hias akan laris di pasaran.





Salah satu jenis tumbuhan hias yang banyak ditemui di rumah-rumah yaitu anggrek. Tanaman yang termasuk bunga tersebut mempunyai bentuk indah serta warna memukau yang menciptakan siapapun takjub memandangnya. Memiliki nama latin Orchidaceae yang merupakan salah satu suku bunga dengan anggota dengan jenis terbanyak. Jenis-jenisnya tersebar dari seluruh penjuru dunia, wilayah kering sampai lembab, dan sebagian besar sangat gampang ditemukan di kawasan tropis menyerupai Indonesia. Baca:Cara Stek Bunga Gelombang Cinta





Oleh alasannya yaitu itu, tidak jarang kita melihat bermacam jenis anggrek di nusantara. Baik itu dikembangbiakkan oleh suatu bisnis melalui kebun bunga maupun dirawat sendiri oleh warga dengan menanamnya di sekitar rumah. Di samping itu, bunga anggrek sering dipakai sebagai simbol cinta oleh kalangan remaja. Mereka menunjukkan pasangannya anggrek untuk menyatakan rasa sayang dan pedulinya.





Selain fungsinya untuk menyatakan cinta, anggrek juga berguna dalam penyembuhan penyakit. Beberapa orang bahkan sering memanfaatkannya sebagai teknik pengobatan alternatif paling efektif. Mahkota bunganya diyakini oleh orang terdahulu bisa menyembuhkan penyakit yang diderita seseorang. Namun di masa modern dikala ini, pengobatan memakai anggrek sudah jarang terlihat, ia berangsur-angsur tergantikan oleh pengobatan medis.





Menyinggung macam-macam jenis anggrek, sudah dijelaskan tadi kalau anggrek merupakan bunga dengan jenis yang beragam. Tidak heran, bila banyak orang tidak hafal nama dan sulit mengenali jenis anggrek yang ia tanam. Mereka cenderung tidak peduli jenis anggrek yang ada di pekarangan rumahnya, yang terpenting bagi mereka yaitu menanam anggrek saja.





Padahal pengetahuan mengenai jenis-jenis bunga wajib diketahui pemiliknya, alasannya yaitu masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Baiklah, salah satu jenis anggrek menurut sifat hidupnya ialah anggrek ephytis dan semi ephytis. Anda pastinya masih asing mendengar nama tersebut lantaran jarang dibicarakan orang.





Baca juga : Cara Menanam Biji Nepenthes Kantong Semar





Anggrek ephytis yaitu jenis anggrek yang menumpang pada tumbuhan lain namun tidak merugikan tumbuhan yang ditumpanginya tersebut. Sebab ia mencari makan dan minum sendiri memakai akar udara. Sedangkan anggrek semi ephytis ialah jenis anggrek yang juga menumpang dengan flora lain dan tidak merugikan. Yang membedakan kedua jenis anggrek ini hanya cara makannya saja, bila anggrek ephytis mencari makan memakai akar udara berbeda dengan anggrek semi ephytis yang memakai akar lekat untuk mencari makan.










Kedua varian anggrek tersebut sering dimanfaatkan oleh pecinta flora sebagai tumbuhan hias. Bentuk serta warnanya yang indah sangat cocok dipajang di sekitaran rumah. Apakah Anda tertarik menanam tumbuhan hias yang satu ini? yang perlu Anda persiapkan pertama yaitu media tanamnya. Pilih media yang cocok untuk anggrek ephytis dan semi ephytis, bila Anda salah menempatkannya maka bunga tidak akan berkembang.





Media Tanam Untuk Anggrek Ephytis dan Semi Ephytis Yang Cocok Digunakan





Serat Pakis





Serat pakis terutama yang telah digodok sangat efektif untuk dipakai sebagai media tanam anggrek jenis ephytis dan semi ephytis lantaran mempunyai kemampuan yang tinggi untuk menyimpan air serta daya lapuk serat pakis yang cenderung usang dan mengandung unsur hara yang banyak sangat diperlukan oleh tumbuhan anggrek.





Kulit Kayu





Keunggulan kulit kayu sebagai media untuk menanam anggrek diantaranya tidak gampang lapuk dan sukar ditumbuhi jamur. Anda bisa memakai media ini untuk menanam anggrek ephytis dan semi ephytis.





Pecahan Batu Bata





Penggunaannya bertujuan untuk mengatur pengairan dan aerasi udara di dalam pot. Pecahan watu bata bisa ditaruh di dasar pot yang pengisiannya tergantung dari tingkat kelembapan yang dibutuhkan.





Itulah beberapa media tanam yang cocok diterapkan pada anggrek ephytis dan semi ephytis. Jika Anda ingin mengetahui hal lain bisa lihat jenis media tanam untuk bambu air dan cara menanam cabai di pot yang benar. Silakan dipraktekkan, semoga berhasil.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Media Tanam Untuk Anggrek Ephytis Dan Semi Ephytis"

Posting Komentar