√ Manfaatkan Momentum, Perajin Topi Asian Games Raup Banyak Untung!

 ternyata membawa berkah bagi para perajin √ Manfaatkan Momentum, Perajin Topi Asian Games Raup Banyak Untung! Perhelatan Asian Games 2018 ternyata membawa berkah bagi para perajin, tak terkecuali perajin topi lukis di Petoran, Jebres, Solo ini. Uforia Indonesia sebagai tuan rumah dimanfaatkan para pelaku usaha topi lukis untuk meraup untung. Tak hanya itu, para perajin ini juga mempunyai misi ikut menggelorakan perhelatan olahraga terbesar se-Asia tersebut.


Adalah Yani Mardiyanto yang melakoni perjuangan topi lukis dan pernik lain bertemakan Asian Games 2018. Berbeda dari kebanyakan, tema tersebut dituangkan ke media topi, tas kain, dan payung dengan teknik lukis. Hasilnya, sebuah sovenir handmade khas Indonesia siap dibawa pulang.


Meski tema utamanya Asian Games 2018, Yani dan belasan orang perajin karyawannya tak menampilkan logo, maupun wajah para atlet olahraga. Yani menyematkan wajah landmark Jakarta dan Palembang, sebagai dua kota venue Asian Games. Ia juga melukis ikon pariwisata Indonesia lainnya.


 ternyata membawa berkah bagi para perajin √ Manfaatkan Momentum, Perajin Topi Asian Games Raup Banyak Untung!“Tema Asian Games ini kita tidak menggunakan logo tapi kita menciptakan ikon-ikon kota Jakarta, kota Palembang, serta wacana ikon Indonesia sendiri ibarat Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan lainnya,” ungkap Yani ketika ditemui Bisnis UKM.


Salah satu produk sovenir yang unik yakni tas lukis dari anyaman pandan. Yani mengaku, tas tersebut merupakan komiditi terbarunya, yang memang disiapkan khusus untuk perhelatan ini. Topi kerajinan anyaman pandan memang terkesan unik, sebab mempunyai kesan lokal yang kental.


Pesanan dari Jakarta


 ternyata membawa berkah bagi para perajin √ Manfaatkan Momentum, Perajin Topi Asian Games Raup Banyak Untung!Di workshop Nasrafa milik Yani, terlihat lima orang perajin tengah duduk berjajar rapi di halaman. Mereka masing-masing menghadap satu payung terbuka, dengan warna yang beragam. Lalu dengan hati-hati kuas di jari mereka pun mulai menari, membentuk candi candi.

style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="5485024081"
data-ad-format="link">



Seperti itulah sehari-hari di kawasan Yani. Tak jarang, produksi sovenir Asian Games menciptakan ia dan para perajin lain musti lembur menuntaskan garapan. Seluruh sovenir ini harus tamat sempurna waktu. Itulah akad ketika Yani mendapatkan pesanan sovenit untuk pekan raya di Jakarta ini.


Ya, seluruh sovenir, baik topi, tas, dan payung lukis merupakan pesanan panitia Asian Games 2018 untuk dipamerkan di Jakarta, 18 Agustus sampai 2 September mendatang. Yani merasa tertantang dengan adanya pesanan ini. Selain berkah tersendiri, dirinya mengaku bahagia sanggup berpartisipasi dalam perhelatan akbar Asian Games 2018.


“Kita menyiapkan produk untuk pekan raya dalam rangka memeriahkan Asian Games. Itu berupa topi lukis dari anyaman pandan, payung lukis yang jadi produk utama kita, serta tas kain lukis. Selain dipamerkan, juga untuk dijual sebagai sovenir. Kita nanti di Gelora Bung Karno,” jelasnya lebih lanjut.


Total Yani membawa hampir 500 buah sovenir bergambar ikon Indonesia untuk dipamerkan. Topi anyaman ia menyiapkan sekitar 300 buah topi dan untuk tas ia membawa sekitar 100 topi. Sedangkan untuk payung lukis, Yani hanya akan membawa 50-an buah sebab terkendala luas kawasan pameran.


Untuk tiap sovenir lukis, Yani membandrolnya dengan kisaran harga 200 sampai 500 ribu rupiah. Harga tersebut bervariatif tergantung ukuran serta rumitnya proses lukis yang dilakukan. Menurut Yani, angka tersebut sebanding dengan kualitas produk didapat pengunjung pekan raya nanti.


Senang UKM Dilibatkan


 ternyata membawa berkah bagi para perajin √ Manfaatkan Momentum, Perajin Topi Asian Games Raup Banyak Untung!Selain tertantang, Yani merasa pekan raya Asian Games 2018 menjadi penghargaan tersendiri bagi Usaha Kecil Menengah (UKM). Selain Yani, beberapa pemilik UKM lain juga terlibat dalam gelaran olahraga empat tahunan tersebut.


Yani juga mengapresiasi langkah pemerintah yang sekuat tenaga menyemarakkan Asian Games 2018. Sebagai tuan rumah, memang seyogyanya pemerintah harus turut merangkul masyarakat menengah ke bawah.


“Kami sangat luar biasa bahagia sebab UKM kini ini banyak dilibatkan di segala macam event, lokal, nasional, maupun internasional,” ungkap Yani.

style="display:block; text-align:center;"
data-ad-layout="in-article"
data-ad-format="fluid"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="7037953167">



Yani berharap nama Indonesia semakin dikenal dunia internasional melalui pekan raya di Jakarta nanti. Setelah Asian Games, ia juga berencana membawa sovenir ikon Indonesia di salah satu pameran, di Korea Selatan.


Tim Liputan BisnisUKM

(/ Rizki B.P)

Kontributor BisnisUKM.com wilayah Solo Raya



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Manfaatkan Momentum, Perajin Topi Asian Games Raup Banyak Untung!"

Posting Komentar