Jenis Flora Yang Cocok Untuk Tanah Kapur Dan Karaktersitik Yang Perlu Diketahui

Jenis tumbuhan yang cocok untuk tanah kapur, tahukah anda bahwa salah satu hal penting dalam menanam tumbuhan ialah mempertimbangkan dimana tumbuhan tersebut sanggup ditanam. Sebab lokasi tanam yang sempurna akan sanggup menciptakan tumbuhan sanggup tumbuh dengan baik. Sebaliknya jikalau tanamna tidak ditanam sesuai dengan lokasi idealnya maka pertumbuhan dan perkembangannya tidak akan sebagus jikalau ditanam lpada lokai ynag cocok.


Tanah kapur merupakan salah satu jenis tanah yang miskin unsur hara, padahal pada umumnya tumbuhan supaya sanggup tumbuh haruslah ditanam pada lahan yang mempunyai unsure hara berlimpah. Banyaknya kandungan unsure hara inilah yang juga menentukan tingkat kesubuhan sebuah tanah. Lalu apakah ada tumbuhan yang sanggup ditanam di tanah kapur ?


jawabannya tentu saja masih ada, berikut merupakan 2 jenis tumbuhan yang cocok untuk tanah kapur.


Pohon Jati


Jati merupakan salah satu jenis tumbuhan yang bermanfaat besar bagi manusia, kayu jati sendiri menjadi salah satu jenis kayu yang paling berkualitas dan mempunyai harga yang mahal dipasaran sebagimana  Cara Mengatasi Korisa pada Unggas.


Tanaman jati sendiri merupakan salah satu jenis tumbuhan yang cocok ditanam di tanah kapur. Meskipun miskin unsure hara, tanah kapur justru sangat baik bagi pertumbuhan tumbuhan jati. Pohon jati yang ditanam di tanah kapur akan sanggup tumbu h menjulang tinggi yang tentunya merupakan kayu jenis kualitas pertama dan merupakan produk unggulan.


 Tanaman pohon jati juga merupakan jenis tumbuhan yang tidak banyak membutuhkan air dan relative sedikit membutuhkan kandungan unsure hara. Sedangkan karakteristik dari tanah kapur sendiri ialah miskin unsure hara serta juga tidak gampang menyerap air dan bahkan relative sangat gampang dilalui air.


Sehingga tentunya jikalau menanam pohon jati di tanah kapur makan akan sanggup dipastikan anda akan mempunyai pohon jati dengan kualitas kayu terbaik sebagaimana  Cara Menanam Tomat Hidroponik dan Cara Menanam Tomat dalam Polybag..


Tanaman Palawija


Tanaman palawija meruoakan sebutan untuk tumbuhan selain padi. Jenis tumbuhan palawija yang biasa ditanam petani Indonesia sangat bermacam-macam diantaranya ialah jagung, sorgum, ubi, singkong, kentang, kedelai, kacang hijau, dan beberapa jenis tumbuhan sayuran menyerupai wortel, oyong dan mentimun.


Namun, tidak semua tumbuhan diats sanggup ditanam pada tanah kapur. Hanya jenis palawija menyerupai jagung, dan tumbuhan ubi ubian yang sanggup ditanam.


Dengan catatan juga bahwa untuk menanam palawija di  tanah kapur ialah tetap dengan memeberikan pemupukan. Sebab sanggup dipastikan bahwa tumbuhan tersebut amat memebutuhkan unsure hara untuk tumbuh dan berkembang.


Selanjutnya juga tanah kapur merupakan jenis tanah yang asam sehingga anda harus cukup berhati hati dalam menentukan jenis tumbuhan palawija yangcocok. Sebab jikalau salah menentukan akan sanggup menyebabkan tumbuhan tidak akan tumbuh sebagaimana mestinya sebagaimana  Cara Mengatasi Cacar Buah Melon..


Jambu Mete


Tanaman jambu mete atau jambu monyet merupakan jenis tumbuhan yang sanggup ditanam di tanah kapur. Jambu monyet merupakan sa;ah satu jenis buah tahunana yang mempunyai nilai hemat yang tinggi.


Dimana pecahan yang paling mahal dari tumbuhan ini ialah pecahan mete yang terletak pada buahnya. Tanaman jambu mete mempunyai struktur pohon yang menjulang tinggi serta juga mempunyai kayu yang keras.


Jambu monyet juga merupakan salah satu jenis tumbuhan yang tidak membutuhkan perawatan menyerupai pemupukan yang optimal. Sebab tumbuhan ini relative sanggup tumbuh baik meskipun ditanam pada tanah yang mempunyai kadar unsure hara yang minim menyerupai juga tanah kapur.


Oleh lantaran itu, maka menanam jambu mete di tanah kapus akan sanggup menawarkan hasil panen yang optimal sebagaimana dalam Cara Menanam Ciplukan.








Karakteristik Tanah Kapur


Tanah kapur sangat gampang dikenali lantaran warnanya tidak seperi tanah pada umumnyta yang berwarna gelap. Tanah kapur cenderung berwarna lebih terang dan hampir berwarna putih. Sehingga dengan melihatnya saja kita sudah sanggup membedakan antara tanah kapur dan tanah biasa. Tektur tanah kapur juga lebih keras dibandingkang dengan tanah biasa yang lebih lembut dan gembur.


Perlu juga diketahui bahwa tanah kapur sesungguhnya mempunyai karakteristik yang unik. Kapur sendiri banyak digubakan untuk menetralkan tanah yang sifatnya basa, lantaran tanah kapur intinya mempunyai sifat asam, sehingga jikalau dicampurkan dengan tanah yang basa maka jadinya tanah akan sanggup kembali netral.


Karakteristik lainnya dari tanah kapur ialah bahwa tanah jenis ini merupakan jenis tanah yang banyak ditemukan di Indonesia, tanah kapur dikenal mempunyai kandungan kalsium dan magnesium yang tinggi. Meskipun tidak banyak berkontribusi pada dunia pertanian namun tanah kapur amat sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.


Meskipun miskin unsur hara, tanah kapur masih sanggup ditanami jenis tumbuhan sebagaimana yang telah dijelaskan diatas. Namun dengan catatan bahwa tetap harus melaksanakan pemupukan dalam upaya menambahkan unsure hara supaya tumbuhan sanggup memperoleh unsure hara yang diharapkan untuk mendukung pertumbuhannya.


Secara umum juga budidaya tumbuhan pada tanah kapur relative sama dengan buiddaya tumbuhan pada tanah biasa.


Itulah tadi, Jenis tumbuhan yang cocok untuk tanah kapur – karakteristik yang perlu diketahui. Semoga sanggup bermanfaat.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Jenis Flora Yang Cocok Untuk Tanah Kapur Dan Karaktersitik Yang Perlu Diketahui"

Posting Komentar