√ Jajanan Tradisional Ini Sudah Eksis Semenjak Zaman Majapahit!

 Makanan berbentuk bola ini bisa ditemua disemua tempat di Indonesia √ Jajanan Tradisional Ini Sudah Eksis Sejak Zaman Majapahit!Siapa yang tak kenal masakan ini?. Makanan berbentuk bola ini bisa ditemua disemua tempat di Indonesia. Onde-onde dikenal sebagai masakan khas dari Majokerto Jawa Timur. Tapi tahukah kau bahwa masakan ini sebetulnya bukan berasal dari Indonesia? Berikut dongeng lengkapnya!.


Onde-Onde sejatinya yaitu jajanan lawas yang sudah ada semenjak zaman Majapahit. Kue ini sangat populer di di kawasan Mojokerto yang disebut sebagai kota onde-onde semenjak zaman Majapahit. Bahkan disana terdapat toko yang khusus menjual onde-onde semenjak tahun 1929 hingga sekarang.


Faktanya, meskipun Onde-Onde sudah ada semenjak zaman Majapahit, nyatanya Onde-Onde bukan camilan elok orisinil dari Indonesia. Onde-Onde berasal dari Tiongkok yang dibentuk di masa kekuasaan Dinasti Zhou, yaitu sekitar 1045 – 256 SM.


Menurut catatan sejarah, onde-onde ini dibentuk untuk disajikan pada para tukang kayu dan tukang kerikil yang dikala itu sedang membangun istana kekaisaran. Kue ini merupakan perlambang dari keselamatan dan kebersamaan. Dan uniknya Kue bertabur biji wijen ini ternyata mempunyai banyak nama dan beraneka varian isi.


 Makanan berbentuk bola ini bisa ditemua disemua tempat di Indonesia √ Jajanan Tradisional Ini Sudah Eksis Sejak Zaman Majapahit!Pada masa kekaisaran Dinasti Tang, seorang sastrawan berjulukan Wang Fanzhi sempat menuliskan bahwa onde-onde merupakan salah satu masakan istimewa di Istana kekaisaran Chang’an dengan sebutan ludeui. Sementara sebagian masyarakat di Tiongkok Utara mengenalnya dengan matuan. Di kawasan lain berbeda lagi, ada yang menyebutnya ma yuan dan ada juga yang menamakannya jen dai.

style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="5485024081"
data-ad-format="link">



Onde-Onde pertama kali dibawa oleh pedagang Tiongkok ke Nusantara pada tahun 1300 – 1500 M. Dibawa oleh Laksamana Cheng Ho dari Dinasti Ming. Awalnya Onde-Onde hanya berisi pasta gula merah saja dan rasanya manis. Namun di Indonesia sendiri Onde-onde ini lalu dimodifikasi dengan penambahan kacang hijau sehingga mempunyai rasa yang sedikit gurih dan cocok dengan pengecap orang Indonesia.


Banyak yang menyampaikan bahwa onde-onde yaitu salah satu jajanan yang susah untuk dibuat. Siapa bilang? Ini resep gampang menciptakan onde-onde lezat:


Bahan – bahan:



  • 225 gr Tepung ketan

  • 75 gr Kentang kukus, haluskan

  • 75 gr Gula pasir

  • 1/4 sdt Garam

  • 175 cc Air hangat

  • 100 gr Wijen

  • Air matang untuk celupan secukupnya


Bahan Isi



  • 100 gr Kacang ijo kupas, rendam selama 1 jam dan kukus 25 menit

  • 100 cc Santan

  • 1/8 sdt Garam

  • 50 gr Gula pasir

  • 1/8 sdt Vanili bubuk


 Makanan berbentuk bola ini bisa ditemua disemua tempat di Indonesia √ Jajanan Tradisional Ini Sudah Eksis Sejak Zaman Majapahit!Meskipun termasuk jajanan lawas, namun kenikmatan onde-onde bisa membuatnya bertahan hingga dikala ini. Hal ini mengambarkan bahwa hingga dikala ini, jajanan ini masih banyak digemari masyarakat Indonesia. Kemampuan onde-onde bertahan dari gempuran zaman dan modernisasi, menciptakan masakan ini bisa menjadi alternative bagi kau yang sedang mencari ilham usaha.


Tentu onde-onde yang kau tawarkan juga sudah menyesuaikan perkembangan zaman dikala ini. Misalnya dengan tidak hanya memakai kacang hijau sebagai materi isian. Kamu bisa memodifikasi memakai kacang merah, selau buah, ubi, atau bahkan daging.

style="display:block; text-align:center;"
data-ad-layout="in-article"
data-ad-format="fluid"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="7037953167">



Eits jangan lupa, packagingnya juga harus kekinian ya!. Jika diwarung-warung onde-onde hanya dibungkus dengan plastic, kau harus jauh lebih dari itu. Kamu bisa memakai kemasan box langsung untuk menyempurnakan produkmu.


Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuanmu!. Salam sukses!.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Jajanan Tradisional Ini Sudah Eksis Semenjak Zaman Majapahit!"

Posting Komentar