Dua Segitiga Yang Kongruen


Sebelumnya Mafia Online sudah membahas perihal syarat dua segitiga yang sebangun. Di mana syarat dua segitiga sanggup dikatakan sebangun jikalau sisi-sisi yang bersesuaian sebanding atau sudut-sudut yang besesuaian sama besar. Bagimanakah dengan dua segitiga yang kongruen?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut Anda kembali harus mengingat pengertian kekongruenan bangkit datar. Di mana kita ketahui bahwa dua bangkit datar dikatakan kongruen, jikalau sisi-sisi yang bersesuaian sama panjang dan sudut-sudut yang bersesuaian sama besar. Pengertian kekongruenan bangkit datar tersebut berlaku untuk semua jenis bangkit datar termasuk bangkit datar segitiga. Apakah dua segitiga yang sebangun niscaya kongruen? Apakah dua segitiga yang kongruen niscaya sebangun?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kini perhatikan gambar di bawah ini.

Pada gambar di atas terdapat tiga buah segitiga siku-siku, yakni ∆ABC, ∆PQR, dan ∆KLM. Di mana ∆ABC mempunyai sisi yang sama panjang dengan ∆PQR, sedangkan ∆KLM mempunyai panjang sisi yang berbeda dari ∆ABC dan ∆PQR.

Perhatikan segitiga ∆ABC dan ∆PQR. Kedua segitiga tersebut mempunyai panjang sisi yang sama, oleh alasannya yaitu itu segitiga ∆ABC kongruen dengan ∆PQR. Sekarang perhatikan ∆ABC  dengan ∆KLM. Kedua segitiga tersebut tidak mempunyai sisi yang sama, oleh alasannya yaitu itu ∆ABC tidak kongruen dengan ∆KLM.

Sekarang perhatikan lagi segitiga ∆ABC dan ∆PQR. Di mana kedua segitiga tersebut mempunyai sisi-sisi yang besesuaian dengan perbandingan yang sama, sehingga ∆ABC sebangun dengan ∆PQR. Sekarang lihat juga pada ∆ABC dan ∆KLM, sisi-sisi yang besesuaian dengan perbandingan yang sama sehingga kedua segitiga tersebut sebangun.

Berdasarkan pemaparan di atas maka sanggup ditarik kesimpulan bahwa dua dua segitiga yang kongruen niscaya sebangun, tetapi dua segitiga yang sebangun belum tentu kongruen.

Untuk memantapkan pemahaman Anda perihal konsep dua segitiga yang kongruen perhatikan referensi soal di bawah ini.

Contoh Soal 1
Perhatikan gambar di bawah ini.
Sumber gambar: BSE
Pada bab depan tenda berbentuk segitiga ibarat gambar di bawah ini.

Apakah ACP kongruen dengan ∆AMP? (jelaskan).

Penyelesaian:
ACP kongruen dengan AMP, alasannya yaitu ∆ACP sanggup sempurna menempati AMP dengan cara mencerminkan ACP terhadap garis AP atau semua sisi ACP mempunyai panjang yang sama dengan AMP.

Contoh Soal 2
Perhatikan gambar segitiga siku-siku di bawah ini.
Agar segitiga siku-siku ABC kongruen dengan segitiga siku-siku PQR maka tentukan nilai x?

Penyelesaian:
Dua segitiga dikatakan kongruen jikalau semua sisi yang besesuaian sama panjang. Oleh alasannya yaitu itu AB = PQ, AC = PR dan BC = QR. Sekarang kita cari panjang BC dengan memakai teorema Pythagoras, yakni:
BC = √(AB2 + AC2)
BC = √(62 + 82)
BC = √(36 + 64)
BC = √100
BC = 10 cm

BC = QR
10 cm = (3 + x) cm
x = 10 – 3
x = 7
Jadi, supaya segitiga siku-siku ABC kongruen dengan segitiga siku-siku PQR maka nilai x yaitu 7.

Demikianlah postingan Mafia Online perihal dua segitiga dikatakan kongruen. Bagaimana sifat dua segitiga yang kongruen? Mohon maaf jikalau ada kata atau perhitungan yang salah dalam postingan ini. Salam Mafia.

Sumber http://mafia.mafiaol.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Dua Segitiga Yang Kongruen"

Posting Komentar