Cara Stek Pucuk Tanaman Hias Yang Paling Gampang Dan Perawatannya

 kita akan membahas bagaiamana cara stek pucuk tumbuhan hias yang dapat menajdi salah satu a Cara Stek Pucuk Tanaman Hias yang Paling Praktis dan PerawatannyaPada kesempatan kali ini, kita akan membahas bagaiamana cara stek pucuk tumbuhan hias yang dapat menajdi salah satu alternatif untuk pembibitan tumbuhan hias. Seperti halnya Cara Stek Pohon Langsat, ada berbagai jenis tumbuhan hias yang dapat dibudidayakan memakai metode stek pucuk tumbuhan hias ini.


Bahkan, dilansir bahwasanya, pengemabngbiakan tumbuhan hias jikalau memakai stek pucuk tumbuhan hias akan lebih gampang dan menguntungkan juga.


Dimana potongan tunas-tunas yang berkembang dan muncul dari pucuk daun tumbuhan hias tersebut dapat berjumlah lebih banyak. Ini bahkan akan lebih banyak jikalau kita bandingkan dengan metode perkembang biakan yang lainnya.


Perkembangan dan Pembibitan Tanaman Hias


Walaupun ada berbagai cara yang dapat dipakai selain cara stek pucuk tumbuhan hias, ibarat dengan stek batang, ataupun dengan penanaman biji, namun cara ini tergolong gampang dan digemari.


Seperti halnya Cara Stek Lidah Mertua, maka pembibitan melalui biji akan lebih sedikit untuk mendapat sifat indukan yang mungkin diinginkan.


Dan, penggunaan stek batang tumbuhan hias cuma menyediakan beberapa tunas gres saja, hanya mungkin 3 – 5 tunas baru. Dengan memakai cara stek pucuk tumbuhan hias, maka tunas gres yang muncul akan jauh lebih banyak. Apalagi, jikalau pembibitan ini dilakukan dan dijaga dengan baik.


Tentunya, hasil yang melimpah ini banyak diminati oleh para pengusaha bibit tumbuhan hias, berikut cara stek pucuk tumbuhan hias:


1. Menyiapkan Bahan Stek


Seperti halnya Cara Stek Bunga Seribu Bintang, maka materi atau indukan yang akan distek sebaiknya yang sudah bau tanah dan sudah dapat untuk dikembangkan.


Pilihlah kepingan pucuk yang masih segar namun sudah cukup tua. Biasanya, kepingan pucuk ini akan ditemukan di kawasan pangkal batang tumbuhan hias tersebut.


2. Persiapan Alat dan Bahan Lainnya


Untuk memudahkan cara stek pucuk tumbuhan hias, maka diharapkan bermacam-macam alat yang potensial dalam cara ini.


Misalnya saja pisau yang tajam, tanpa bekas karatan dan lebih tipis. Dibutuhkan juga alat untuk menggemburkan media tanam nantinya.


3. Cara Pembibitan


Berikut akan kita jabarkan bagaimana cara stek pucuk tumbuhan hias ibarat Cara Stek Bunga Kertas 2 Warna dalam Satu Batang dan Perawatannya, yaitu:



  • Letakkan pucuk yang akan dipotong dalam keadaaan terbalik di sebuah ganjal ibarat sebuah papan yang bersih.

  • Buang kepingan tepi pucuk yang mungkin tidak baik, bergerigi ataupun busuk. Bagian tepi ini akan membusuk dan mengering jikalau tidak dibuang dengan baik dan benar.

  • Jika kepingan pucuk tergolong cukup lebar maka potong sampai menjadi beberapa kepingan kecil, ibarat 6 bagian.

  • Lakukan pengirisan kepingan pucuk dengan metode pemutaran ketengah sehingga nantinya akan terbentuk hasil final berupa gambar segitiga.

  • Pastikan setiap pucuk mengandung tulang daun yang lebar, sebab nantinya bakal tunas akan muncul di kepingan tersebut.

  • Pastikan untuk segera menyiapkan media tanam supaya nantinya cara stek pucuk tumbuhan hias ini berhasil dengan baik. Karena, jikalau tidak pribadi ditanam maka akan segera mengering dan gampang gagal atau layu dan tidak berkembang.







4. Media Tanam


Agar cara stek pucuk tumbuhan hias ini berhasil selayaknya Cara Stek Daun Bunga Gloxinia, maka berikut hal yang harus diperhatikan mengenai media tanamnya, yaitu :



  • Gunakan media tanam adonan untuk perkembangan bibit hasil stek yang lebih baik.

  • Media adonan ini berupa adonan pasir, kompos dan tanah, perbandingan yang diharapkan yaitu 1 : 2 : 1.

  • Gunakan pot yang bertakaran atau polybag untuk media penyemaian sehabis melaksanakan stek pucuk tumbuhan hias ini. Ini akan lebih mudah, hemat dan lebih tinggi tingkat keberhasilannya.

  • Cuci wadah penyemaian terlebih dahulu. Dan, jikalau anda memakai pot bertakaran, maka kepingan bawah pot celupkan ke dalam air.

  • Bahkan untuk meminimalisir serangan hama dan penyakit, tidak ada salahnya media tanam dikukus terlebih dahulu sebelum dipakai untuk pembibitan.


5. Penanaman dan pemeliharaan


Agar dapat mendapat hasil terbaik dari cara stek pucuk tumbuhan hias, maka harus diketahui terlebih dahulu bagaimana cara pemeliharaan dan penanaman dari bibit tersebut nantinya :



  • Gunakan ludi ataupun jenis benda tumpul lainnya yang dapat dipakai untuk melubangi media tanam dan ini juga dipakai untuk pengontrolan jikalau ada benda gila yang dapat mensugesti pertumbuhan akar.

  • Sebaiknya periksalah secara teliti terlebih dahulu media tanam tersebut sebelum menanam hasil cara stek pucuk tumbuhan hias ini supaya terhindah dari hal yang tidak diinginkan.

  • Agar tidak layu, maka letakkan hasil stek ini ditempat yang lembab dan perhatikan juga intensitas penyiraman.

  • Tapi juga perhatikan bagaimana sirkulasi udara supaya tidak membusuk sebab tidak tersirkulasi dengan baik.


Demikianlah cara memperbanyak dengan cara stek pucuk tumbuhan hias dan perawatannya.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Stek Pucuk Tanaman Hias Yang Paling Gampang Dan Perawatannya"

Posting Komentar