Cara Stek Pohon Langsat – Gampang Dan Dijamin Berhasil


 kita akan membahas sedikit wacana cara stek pohon langsat yang biasa dipakai sebagai s Cara Stek Pohon Langsat – Praktis dan Dijamin Berhasil




Kali ini, kita akan membahas sedikit wacana cara stek pohon langsat yang biasa dipakai sebagai salah satu upaya budidaya pohon langsat. Seperti halnya cara stek pohon durian berkaki tiga, kita memerlukan bermacam-macam tingkatan tertentu untuk menghasilkan teladan tumbuhan yang baik.





Untuk itu berikut akan kita jabarkan apa saja yang diharapkan dalam langkah penanaman dan budidaya stek pohon langsat tersebut. berikut rincian langkah-langkahnya:





1. Persiapan Lahan





Tentunya, hal paling utama bila ingin membudidayakan bibit pohon langsat dengan menggunakn cara stek pohon langsat, maka harus ditentukan terlebih dahulu tempatnya. Untuk lebih jelasnya, anda dapat memakai daerah seadanya bila hanya ingin melaksanakan budidaya dalam jumlah yang sedikit. Namun, beda hal bila ingin menambahkan banyak bibit dan stek pohon langsat sekaligus.





Tentunya, anda memerlukan banyak lahan dan harus mempersiapkannya terlebih dahulu. Misalnya saja bila ingin melaksanakan stek pohon langsat dalam jumlah ratusan bibit, maka lahannya harus dibersihkan terlebih dahulu. Tidak hanya itu, harus dijauhkan dari hal-hal yang berbahaya.





Misalnya saja menjauhkan dari bermacam-macam tumbuhan maupun binatang yang dapat merusak perkembangbiakan bibit nantinya. Dan jangan lupa juga tempatkan ditempayt yang sejuk, jauh dari daerah yang lembab apalagi air yang tergenang. Ini sangat tidak baik bagi pertumbuhan akar tanaman.





2. Menyiapkan Batang Indukan





Agar dapat menghasilkan bibit gres atau anakan yang baik melalui cara stek pohon langsat, maka harus dipilih indukan yang pas. Seperti halnya saat ingin bibit unggulan, maka diharapkan indukan yang unggulan pula. Begitu juga yang terjadi saat kita ingin memperbanyak tanaman.





Tak jauh berbeda dengan cara stek bunga seribu bintang, anda hanya perlu menentukan dan melihat pohon indukan mana yang sehat dan unggulan. Pohon indukan ini sendiri haruslah mempunyai umur yang cukup dan sudah terbukti hasil panennya yang melimpah atau tergolong baik dan unggulan.




3. Memilih Cabang


Ini juga upaya yang dilakukan sehabis menentukan mana pohon indukan yang baik untuk diperbanyak. Pastikan menentukan cabang yang sudah berumur, tidak mengecewakan besar dan juga mempunyai potongan daun yang bewarna hujau kecoklatan. Pastikan juga potongan dari cabang yang akan dipakai tersebut berada di potongan pangkal tanaman.


Memilih cabang yang sudah besar dan berumur dengan potongan daun yang hijau kecolatan akan membuktikan keberhasilan dari stek pohon langsat ini lebih gampang berhasil. Seperti halnya Cara Stek Pohon Durian Berkaki Tiga, potongan cabang yang ini membuktikan penyimpanan cadangan makanan yang baik.


4. Memulai Proses Stek


Setelah semua hal yang mendukung proses stek ini dikumpulkan, maka hal berikutnya yakni memulai proses stek tersebut. Namun, pastikan untuk melaksanakan stek yang paling baik yakni saat pagi hari. Pastikan juga cabaang tersebut mempunyai panjang minimal 10 cm dari pangkal.


Lukai potongan pangkal dengan pisau yang higienis sampai terlihat potongan batang tanaman. Sebaiknya potonglah potongan cabang yang sudah dipilih dalam posisi yang miring. Dan pastikan juga memakai pisau yang memang higienis dan tajam supaya tidak mengakibatkan memar pada batang dan menciptakan kegagalan.


Karena, tidak sedikit jenis stek seperti Cara Stek Bunga Kertas 3 Warna, adanya luka atau memar yang tidak diharapkan bahkan dapat memicu perkembangan basil dan penyakit. Ini bahkan akan menciptakan proses stek akan gagal dan akar tidak tumbuh. Parahnya lagi cabang akan membusuk.


5. Persiapan Lanjutan


Sebelum mempersiapkan media tanam, maka potongan pada cabaang pohon langsat ini terlebih dahulu diolesi dengan zat perangsang tumbuhnya akar. Pertumbuhan akar akan sangat dinantikan dan ini merupakan hal yang potensial. Karena pertumbuhan akan dinantikan sebelum memotong secara keseluruhan dan pisahkan dari pohon induk. 


6. Penanaman DI Polybag


Hal selanjutnya yang perlu dilakukan dalam cara stek pohon langsat ini yakni penanaman di dalam media polybag. Ini dilakukan sehabis potongan akar keluar dan tumbuh dari media tanam tersebut. Pastikan anda mengisi polybag tersebut dengan media tanam yang pas. Seperti perpaduan kompos dan tanah humus 1 : 1.


6. Pemeliharaan Bibit


Setelah melaksanakan pemindahan ke media polybag, maka hal yang diharapkan yakni untuk meletakkan polybag tersebut pada daerah yang sejuk. Pastikan untuk tidak mendapat eksklusif sinar matahari. Karena ini rentan layu. Jika sudah tumbuh tunas, maka ini menjadi tanda bahawasanya bibit sudah dapat ditanam di lahan yang sudah ditentukan.


Nah, demikianlah cara stek pohon langsat yang harus diketahui. Bagaimana? tidak terlalu sulit bukan? Anda hanya perlu menentukan daerah dan media tanam serta cara pemotongan cabang yang benar.






Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Stek Pohon Langsat – Gampang Dan Dijamin Berhasil"

Posting Komentar