Cara Menghitung Volume Bola

Pengertian Bola
Bola yaitu bidang lengkung tanpa batas yang terbentuk dari titik-titik yang mempunyai jarak yang sama terhadap suatu titik yang disebut titik sentra bola.

 Bola yaitu bidang lengkung tanpa batas yang terbentuk dari titik Cara Menghitung Volume Bola
Jari-Jari dan Diameter Suatu Bola
Jari-jari atau radius bola yaitu jarak antara permukaan bola terhadap titik sentra bola. Diameter bola yaitu jarak garis lurus antara suatu permukaan bola dengan permukaan di sebelahnya yang melalui titik sentra bola. Pada dasarnya sebuah bola yaitu lingkaran yang diputar terhadap titik sentra lingkaran tesebut, sehingga konsep jari-jari dan diameter pada sebuah bola sama persis dengan konsep jari-jari dan diameter sebuah lingkaran (diameter sama dengan dua kali jari-jari).

Pengertian Volume Bola (Isi Bola)
Volume bola atau isi bola yaitu ruang tiga dimensi yang terdapat di dalam bola. Jika suatu balon berbentuk bundar tepat berisi 2 liter (2000 centimeter kubik) udara maka dikatakan volume balon tersebut yaitu 2 liter.

Cara Menghitung Volume Bola  (Isi Bola)
Untuk menghitung volume sebuah bola maka harus diketahui dimensi radius atau diameter bola tersebut.  Volume sebuah bola dengan jari-jari r sanggup dihitung dengan memakai rumus berikut.

 Bola yaitu bidang lengkung tanpa batas yang terbentuk dari titik Cara Menghitung Volume Bola

Contoh Cara Menghitung Volume Bola
Contoh 1
Soal: Sebutir kelereng mempunyai diameter 10 mm. Berapa volume kelereng tersebut? (Petunjuk: volume bola = (4/3)pi.r.r.r).
Jawab:
jari-jari kelereng r = 10/2 = 5 mm.
volume bola = (4/3) (pi) (5 x 5 x 5) = (4/3)(22/7)(125) = 523,81 mm3.

Contoh 2
Soal: Sebuah bola karet dipompa hingga mempunyai diameter 28 cm. Hitung volume udara yang terdapat di dalam bola tersebut. (Petunjuk: volume bola = (4/3)pi.r.r.r).
Jawab:
jari-jari bola karet r = 28/2 =14 cm.
volume udara dalam bola karet = (4/3) (pi) (14 x 14 x 14) = (4/3)(22/7)(2744) = 11.948,67 cm3.

Contoh 3
Soal: Berapa meter kubik volume beton yang diharapkan untuk mencetak sebuah bola beton dengan jari-jari 1 meter? (Petunjuk: volume bola = (4/3)pi.r.r.r).
Jawab:
jari-jari bola beton r = 1 m.
volume bola beton = (4/3) (pi) (1 x 1 x 1) = (4/3)(22/7)(1) = 4,19 m3.


Sumber https://www.finansialku.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menghitung Volume Bola"

Posting Komentar