Cara Menghitung Panjang Sisi Segitiga Siku-Siku Dengan Teorema Phytagoras

Siapa Phytagoras?

Theorema Phitagoras diambil dari nama hebat matematika Yunani yang berjulukan Phytagoras. Pytagoras hidup sekitar tahun 570 SM hingga 495 SM. Ia menemukan bahwa kuadrat panjang sisi-sisi pada sebuah segitiga siku-siku mempunyai korelasi matematis sederhana.

Teorema Phytagoras

Teorema Phytagoras sering disebut juga dengan Hukum Phytagoras atau Dalil Phytagoras. Teorema Phytagoras berbunyi: “ jumlah kuadrat sisi-sisi siku pada sebuah segitiga siku-siku sama dengan kuadrat sisi miringnya”. Sisi siku-siku pada sebuah segitiga siku-siku ialah sisi-sisi yang membentuk sudut siku-siku (sudut 90 derajat). Sedangkan sisi miring pada sebuah segitiga siku-siku ialah sisi yang tidak membentuk sudut siku-siku tetapi membentuk sudut lancip dengan kedua sisi lainnya.

Dalam persamaan matematika theorema Phytagoras sanggup dijelaskan sebagai berikut.

Theorema Phitagoras diambil dari nama hebat matematika Yunani yang berjulukan Phytagoras Cara Menghitung Panjang Sisi Segitiga Siku-Siku dengan Teorema Phytagoras

Menghitung Panjang Sisi Segitiga Siku-Siku dengan Teorema Phytagoras

Berdasarkan persamaan Phytagoras atau rumus Phytagoras di atas maka sanggup turunkan rumus menghitung sisi-sisi sebuah segitiga siku-siku sebagai berikut.

Theorema Phitagoras diambil dari nama hebat matematika Yunani yang berjulukan Phytagoras Cara Menghitung Panjang Sisi Segitiga Siku-Siku dengan Teorema Phytagoras

Dari rumus-rumus di atas maka untuk menghitung panjang suatu sisi sebuah segitiga siku-siku syaratnya ialah harus diketahui panjang kedua sisi lainnya. Rumus rumus di atas sanggup dibaca sebagai berikut:

  • Panjang sisi siku1 = akar kuadrat dari (kuadrat sisi miring – kuadrat sisi siku2)
  • Panjang sisi miring = akar kuadrat dari (kuadrat sisi siku1 + kuadrat sisi siku2)

 

Contoh Cara Menghitung Panjang Sisi Segitiga dengan Teorema Phytagoras

Contoh Soal 1
Soal: Diketahui sekeping ubin berbentuk segitiga siku-siku dengan panjang sisi siku-siku 20 cm dan 30 cm. Berapa panjang sisi miring pada ubin tersebut? (Petunjuk: Panjang sisi miring = akar kuadrat dari (kuadrat sisi siku1 + kuadrat sisi siku2).
Jawab:
Panjang sisi miring ubin = akar kuadrat dari (20×20 + 30×30) = akar kuadarat dari (1300) = 36,05 cm.

Contoh Soal 2
Soal: Sebuah kertas karton berbentuk segitiga siku-siku mempunyai panjang kedua sisi siku-siku yang sama yaitu 8 inch. Berapa panjang sisi miring dari segitiga tersebut. (Petunjuk: Panjang sisi miring = akar kuadrat dari (kuadrat sisi siku1 + kuadrat sisi siku2).
Jawab:
Panjang sisi miring kertas karton = akar kuadrat dari (8×8 + 8×8) = akar kuadrat dari (128) = 11,31 inch.

Contoh Soal 3
Soal: Selembar papan dipotong membentuk sebuah segitiga siku-siku dengan panjang sisi siku 30 cm dan panjang sisi miring 50 cm. Berapa panjang sisi ketiga? (Petunjuk: Panjang sisi siku1 = akar kuadrat dari (kuadrat sisi miring – kuadrat sisi siku2)).
Jawab:
Panjang sisi ketiga = akar kuadrat dari (50×50 – 30×30) = akar kuadrat dari (1600) = 40 cm.


Sumber https://www.finansialku.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menghitung Panjang Sisi Segitiga Siku-Siku Dengan Teorema Phytagoras"

Posting Komentar