Cara Mempromosikan Produk Atau Bisnis Secara Gratis

Ketika kau mulai mencari informasi perihal cara mrmpromosikan bisnis secara gratis, kau sanggup melihat begitu banyak informasi yang berlebihan perihal cara mengiklankan produk atau bisnis kau tanpa menjalankan iklan pada aktivitas periklanan berbayar. Selain itu, promosi gratis terdengar menyerupai dagelan bagi sebagian orang. Tapi serius, ada beberapa cara yang terbukti ampuh untuk beriklan secara gratis. Yang mana praktiknya membutuhkan kreativitas.


Berikut Beberapa Cara Berpromosi Gratis


1. Menulis atau Berkontribusi di Blog Orang Lain


Jika kau ingin memulai mengiklankan produk atau bisnis kau secara gratis, kau sanggup mulai menulis di aneka macam blog atau situs orang sebanyak mungkin. Cara ini disebut juga dengan “guest writing”. Tetapi, kau juga harus tahu cara menulis khusus untuk blog atau situs-situs tertentu. Perlu digaris bawahi bahwa hampir semua blogger atau webmaster yang mengizinkan guest writing menyukai artikel yang dioptimalkan untuk SEO. Selain itu, mereka juga membutuhkan konten yang unik dan gambar yang menarik sehingga bermanfaat meningkatkan keterlibatan para pembaca menyerupai bertanya, kritik, memuji, atau hanya sekedar berkomentar. Pemilik situs butuh “traffic” dan kau butuh personal branding dan promosi gratis. Jadi, sebaiknya kau mengerti dulu akan kekerabatan timbal balik yang saling menguntungkan antara kau dan si pemilik situs.


Jadi, kau sanggup mulai melaksanakan guest writing di blog atau situs yang relevan dengan bisnis dan keahlian kamu. Sebagian biasanya menyediakan formulir untuk mengajukan artikel bagi para penulis tamu. Tapi ada juga webmaster yang mungkin mendapatkan pengajuan guest writing melalui pengiriman email ingin mengirimkan konten untuk blog atau situs mereka. Cara beriklan gratis ini yaitu metode promosi atau branding jangka panjang tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun. Di mana para pembaca yang tertarik dan mempunyai minat di “niche” tertentu pada blog-blog tempat kau berkontribusitentu akan membaca artikel kamu.


Dalam berkontribusi di blog atau situs orang lain, kau perlu membagikan informasi perihal perusahaan kau dan peluang kemitraan dengan cara yang kreatif. Poles artikel kau dengan kiat-kiat yang berharga bagi mereka dan dihiasi infografis yang menarik. Sehingga pembaca yang melihat akan bahagia dan terlibat dalam konten kamu. Dengan cara ini, merupakan cara yang elok untuk memulai komunikasi dengan mereka. Atau juga berdiskusi, sehingga kau mempunyai kesempatan untuk memprospek mereka. Ingatlah bahwa meskipun blogger atau webmaster membutuhkan “penulis tamu”, mereka juga tidak menyukai artikel yang berbau spam alasannya yaitu sangat mengganggu pembaca atau pengunjung mereka.


Pengguna internet dan jumlah blog atau situs bertambah secara signifikan setiap hari. Jadi, bila mereka menyukai artikel atau konten kamu, mereka akan mengingat kamu, ingin tahu perihal produk atau bisnis kamu, dan berpotensi menjadi pelanggan atau kawan bisnis kamu. Semakin banyak kau berkontribusi di blog atau situs orang lain, semakin banyak pula orang mengenali kamu. Dan ini yaitu cara yang elok untuk personal dan beriklan online gratis.


2. Buat Akun Marketplace untuk Bisnis Kamu


Jika kau menginvestasikan waktu untuk beriklan online secara gratis dengan cara guest writing sebanyak mungkin, bisnis kau tentu sudah banyak yang tahu. Meskipun demikian, kau juga harus menciptakan halaman di situs marketplace terkenal untuk bisnis yang kau jalankan. Apalagi bila kau menjalankan tipe bisnis lokal, tentunya cara ini sangat berkhasiat sekali. Apa itu situs marketplace? Marketplace yaitu salah jenis situs review untuk para pebisnis atau pedagang sanggup bisa berjualan dan menggarap pasar lokal. Contohnya Bukalapak, Tokopedia, Elevania, dan masih banyak lagi.


Bisnis kau akan cepat dikenal orang-orang melalui situs marketplace dalam waktu yang singkat. Karena sirus marketplace yaitu portal tempat dimana orang-orang mencari dan me-review produk atau bisnis menurut lokasi tempat tinggal mereka. Lebih lagi, biasanya orang-orang berduit mencari jasa atau produk melalui situs marketplace. Contohnya, bengkel khusus Mercedes Benz di Jakarta Timur, Tukang Jahit Pengantin di kawasan Kelapa Gading, atau Restoran Manado di Kebon Jeruk.


Selain mengiklankan bisnis secara gratis di situs marketplace, kau juga sanggup menyarankan supaya para pelanggan kau untuk menulis ulasan mereka mengenai produk atau jasa kau di situs tersebut. Semakin banyak bisnis kau mendapatkan review positif, semakin besar kemungkinan bisnis kau untuk semakin dikenal banyak orang. Hal ini tentunya membuka lebih banyak peluang bagi orang-orang yang tertarget untuk menjadi pelanggan kau melalui situs-situs marketplace.


Pengunjung bulanan situs marketpalce sanggup mencapai lebih dari 15 juta orang dari seluruh Indonesia. Sementara situs-situs marketplace di Indonesia dikala ini semakin di minati oleh orang-orang dari aneka macam penjuru Indonesia untuk berbelanja online dan tentunya juga aman. Karena dijamini pihak situs, yang mana yaitu sebagai perusahaan yang konsisten. Dengan demikian, berarti kau dihentikan mengabaikan situs marketplace bagi untuk mengiklankan bisnis secara gratis. Situs-situs marketplace telah terbukti membantu aneka macam bisnis kecil dan tumbuh dari waktu ke waktu. Jadi, bila kau benar-benar serius dalam menjalankan bisnis kamu.


3. Kontes dan Kuis Berhadiah di Media Sosial


Kontes dan kuis berhadiah yaitu cara paling ampuh untuk mengiklankan bisnis kau secara gratis mempromosikan sesuatu di sosial. Selain cara yang cukup menarik untuk teman-teman atau follower kau di media sosial, merek kau juga akan lebih sering tertayang di wall sasaran pasar kamu. Situs media umum terbaik buat kau untuk mengiklankan bisnis secara gratis yaitu Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, dan Path.


Namun, bila kau sudah mempunyai pelanggan tetap, tentu akan lebih efektif lagi dalam mempromosikan bisnis kau secara online melalui media sosial. Akan lebih praktis buat kau dalam menciptakan kontes dan kuis yang berafiliasi dengan produk kepada lebih banyak orang. Dan biarkan pelanggan kau yang melaksanakan endors melalui verbal ke mulut. Tentu hal tersebut juga sanggup meningkatkan jumlah pengikut Twitter atau like di Fanpage FB bisnis kamu.


Untuk cara yang lebih kreatif, buatlah kontes atau kuis tertentu khusus untuk pelanggan tetap kamu. Ini yaitu cara yang elok untuk menghargai pelanggan kau dan juga salah satu praktik terbaik untuk membina kekerabatan dengan pelanggan kamu.


4. Berbagi Pengetahuan di Blog Sendiri


Selain guest posting, marketplace, dan kontes, cara kreatif lain untuk mempromosikan bisnis secara gratis yaitu dengan mengembangkan pengetahuan yang berafiliasi dengan bisnis atau produk kamu. Ketika kau mencari di Google perihal tutorial, tips, dll, kau niscaya menemukan bahwa sebetulnya banyak hasil pencarian tersebut bersumber dari aneka macam bisnis atau perusahaan. Kalau kau memang benar-benar sanggup mengembangkan pengetahuan dalam bentuk artikel, kau sanggup mulai menciptakan blog. Atau bila kau sudah mempunyai situs untuk bisnis atau toko online, kau sanggup menambahkan versi blog-nya di mana kau boleh membagikan pengetahuan kau dalam bentuk postingan.


Sebenarnya, kau sanggup mengembangkan pengetahuan di akun Twitter dan fanpage FB. Tetapi tentunya akan lebih kreatif dan profesional bila kau juga menyertakan URL portingan blog kau ketika sharing media sosial. Jadi, buatlah artikel kau sekreatif mungkin dan undang pembaca untuk berkomentar.


Kemudian, bila kau terbiasa berbicara di depan orang banyak, kau juga sanggup mempromosikan bisnis kau melalui vlogging. Seperti yang kita ketahui, semakin banyak orang mencari hiburan, berita, dan mencar ilmu sesuatu lebih menentukan di Youtube. Youtube yaitu situs web video sharing terpopuler kedua sesudah Google. Jadi, buatlah video-video semenarik mungkin untuk menciptakan orang ingin berlangganan ke kanal YouTube kamu. Semakin banyak orang berlangganan di kalan Youtub kamu, semakin efektif juga promosi gratis online kamu.


Selain itu, bila kau benar-benar mahir dalam produksi video, kau bahkan sanggup menjual video kau di Vimeo. Tidak ada cara lain yang lebih praktis untuk menjual video secara online daripada Vimeo. Dengan memulai akun gratis kau di Vimeo dan pelajari fitur-fitur Vimeo. Ada banyak bisnis dan perusahaan yang mencari video-video kreatif di Vimeo untuk dipakai sebagai properti iklan video mereka di Youtube atau di aneka macam situs video lainnya.


5. Menjangkau Komunitas Online


Nah, kalau cara yang satu ini sangat disarankan bila kau tahu apa yang harus dilakukan dalam berpromosi gratis di aneka macam situs komunitas online. Kamu sanggup menemukan banyak orang melaksanakan cara yang salah menyerupai mengirim postingan spam dan menciptakan akhir yang tidak relevan dan bertentangan dengan persyaratan penggunaan situs komunitas tersebut. Bahkan banyak dari mereka juga memakai alat auto-spam.


Jadi, cara yang baik untuk menjangkau komunitas online yaitu mencari dan bergabung dengan komunitas online yang relevan dengan bisnis kamu. Kemudian, di sana kau boleh mendiskusikan dan membagikan sesuatu yang ada hubungannya dengan produk atau layanan kamu. Juga mengembangkan pengetahuan. Beberapa situs komunitas online yang elok yaitu situs lembaga niche spesifik, Quora, Yahoo Answers!,  grup Facebook, Google Plusone Community, dan situs media umum niche spesifik lainnya.


Setelah semuanya praktek beriklan online gratis diatas kau pahami dan kembangkan, bersabarlah, terus lakukan, terus bergerak, dan lakukan semua hal yang benar dalam mempromosikan bisnis atau produk kau secara online dan gratis kau sanggup menikmati keuntungan-keuntungan yang mengalir di kemudian hari.



Sumber https://www.wongunik.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Mempromosikan Produk Atau Bisnis Secara Gratis"

Posting Komentar