Autolabel Kontur Di Autocad Map

Inilah sebuah tutorial sederhana perihal cara menciptakan autolabel kontur di Autocad Map. Adapun garis kontur yaitu garis pada peta yang menghubungkan titik-titik di lapangan yang mempunyai ketinggian sama. Misalnya sebuah lembah akan digambarkan sebagai garis-garis lengkung tertutup yang konsentris.


Label pada kontur bahwasanya merupakan isu tambahan, khususnya kalau peta sudah dicetak. Karena dikala sudah dicetak pembaca peta tidak dapat mengetahui elevasinya kalau tidak dicantumkan. Namun apabila peta tersebut masih berbentuk digital, isu mengenai elevasi tersebut dapat diketahui meskipun tidak dicantumkan. Adapun caranya yaitu dengan melihat property dari garis kontur tersebut.


Banyak hal yang harus diketahui apabila kita menciptakan garis kontur, baik itu secara digital maupun manual. Akan tetapi tutorial ini tidak dimaksudkan untuk mengurainya lebih dalam alasannya yaitu keterbatasan ruang. Untuk itu, bagi yang ingin memperdalam pengetahuan perihal garis kontur silahkan baca buku-buku acuan yang berkaitan dengan pemetaan.


Saya akan eksklusif fokus untuk memperlihatkan tahapan secara teknis pembuatan Autolabel garis kontur pada Autocad Map.


Berikut ini yaitu tahapannya:


1. Buka berkas acad.lin adapun alamatnya secara umum di komputer kita yaitu C:\Program Files\AutoCAD. Jika kesulitan mencari, gunakan fitur search di window explorer


Berkas acad.lin akan terbuka di kegiatan notepad. Pada bab paling bawah tambahkan isyarat berikut ini


*Kontur_100,Garis kontur 100 —————-100 —————

A,.5,-3,[“100”,STANDARD,S=2,R=0.0,X=-2,Y=-1],-3,100


(penjelasan isyarat : mendefinisikan tipe garis yang disertai label angka 100). Setelahkan ditambahkan lalu klik File > Save


2. Buka kegiatan Autocad Map > Format > Layer > Klik New > beri nama, contohnya Kontur 100 > klik pada bab Linetype > Klik Load > Klik File > Pilih File acad > Kemudian klik Open.


3. Apabila berhasil, maka garis yang telah di definisikan akan masuk ke daftar garis. Untuk lebih terang lihat gambar dibawah ini:


Inilah sebuah tutorial sederhana perihal cara menciptakan autolabel kontur di Autocad Map Autolabel Kontur Di Autocad Map


4. Kemudian Pilih Kontur_100 > Klik OK > akan muncul lagi pilihan, pilih lagi Kontur_100 > Kemudian Klik OK > Klik lagi OK.


5. Sekarang aktifkan layer Kontur 100, lalu cobalah menciptakan garis kontur dengan panjang 200 unit. Untuk ilustrasi lihat gambar dibawah


Inilah sebuah tutorial sederhana perihal cara menciptakan autolabel kontur di Autocad Map Autolabel Kontur Di Autocad Map


Itulah trik untuk menciptakan autolabel kontur di Autocad Map. Apabila jeli kita akan lihat bahwa trik ini mempunyai kelemahan yaitu kita harus mendifenisikan setip garis untuk setiap ketinggian.


Yang tadi kita buat khusus untuk yang elevasinya 100, nah untuk mendefinisikan garis-garis yang lainnya silahkan ulangi langkah-langkah diatas Atau apabila ingin lebih sederhana, silahkan definisikan dulu ketinggian garis kontur yang sering digunakan.


Setelah itu tinggal copy paste aja isyarat dibawah ini sesuai keperluan (apabila kurang tinggal copy aja dua baris lalu paste di bab paling bawah, lalu diganti angkanya):


*Kontur_100,Garis kontur 100 ————— 100 —————

A,.5,-3,[“100”,STANDARD,S=2,R=0.0,X=-2,Y=-1],-3,100

*Kontur_200,Garis kontur 200 ————— 200 —————

A,.5,-3,[“200”,STANDARD,S=2,R=0.0,X=-2,Y=-1],-3,100

*Kontur_300,Garis kontur 300 ————— 300 —————

A,.5,-3,[“300”,STANDARD,S=2,R=0.0,X=-2,Y=-1],-3,100

*Kontur_400,Garis kontur 400 ————— 400 —————

A,.5,-3,[“400”,STANDARD,S=2,R=0.0,X=-2,Y=-1],-3,100

*Kontur_500,Garis kontur 500 ————— 500 —————

A,.5,-3,[“500”,STANDARD,S=2,R=0.0,X=-2,Y=-1],-3,100


Demikian tutorial ini dibentuk sebagai balasan dari pertanyaan sahabat kita. Saya mengucapkan terima kasih alasannya yaitu berkat pertanyaan dia aku jadi terdorong untuk mengingat ilmu yang sudah usang tidak dipergunakan. Bagi teman-teman yang ingin mengajukan pertanyaan seputar Tutorial Autocad Map, silahkan mengisi Form Kontak. Jawaban akan aku muat di blog ini.


Semoga tutorialnya gampang dipahami dan agar bermanfaat.




Sumber https://www.asifah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Autolabel Kontur Di Autocad Map"

Posting Komentar