13 Tips Android Yang Mungkin Belum Banyak Orang Yang Tahu

Android merupakan sistem operasi yang kecil, namun hebat. Ada banyak fitur Android yang sangat bermanfaat untuk produktivitas, dapat disetting dan dimodifikasi untuk keperluan kamu. Ada banyak juga tips Android untuk mendukung produktivitas dan hiburan. Berkat OS yang gratis dan open source ini, ada jutaan pengembang (developers) aplikasi turut berkontribusi melengkapi fitur-fitur tambahaan untuk Android. Alhasil, Sistem operasi yang kecil ini disukai dan digunakan secara umum dikuasai pengguna ponsel di dunia.


Berbicara soal Android, seberapa banyak yang kau tau mengenai ponsel atau tablet Android kamu? Tentu kau dapat melaksanakan panggilan telepon dan mengirim SMS. Tapi kau niscaya yakin bahwa ada beberapa, atau mungkin semua tips Android di bawah ini yang belum kau ketahui ketahui. Mari baca terus artikel ini untuk mencari tau!


1. Aktifkan Mode Developer


Tips Android yang satu ini yaitu salah satu trik yang paling diketahui oleh banyak orang. Namun penting untuk kau ketahui.


Android merupakan sistem operasi yang kecil 13 Tips Android yang Mungkin Belum Banyak Orang yang Tahu


Untuk mengaktifkan mode developer, masuk ke Settings  About device dan ketuk Build number ponsel kau tujuh kali. Kemudian akan muncul hitungan mundur di layar ponsel atau tablet kamu, yang diikuti dengan pesan bertuliskan; “Congratulations, you are now a developer”, yang artinya adalah; “Selamat, kau kini yaitu developer”.


2. Mengganti Jaringan WiFi dengan Cepat


Untuk beralih dari jaringan WiFi yang sedang terkoneksi ke yang lain sebetulnya tidak sulit. Untuk menyetingnya, buka Settings Wi-Fi. Disanalah kau dapat mengubahnya. Tapi bukan mengganti jaringan WiFi ibarat biasanya kau lakukan.


Android merupakan sistem operasi yang kecil 13 Tips Android yang Mungkin Belum Banyak Orang yang Tahu


Ada cara yang lebih cepat tentunya. Geser ke bawah hingga kau temukan Quick Settings. Cara mudah ini lebih cepat dari pada menonaktifkan koneksi WiFi kemudian beraih ke jaringan WiFi yang lain. Tips Android ini memungkinkan kau untuk melihat semua daftar jaringan yang ada i sekitar kamu. Kemudian kau tinggal menekan pada nama jaringan ang ingin kau pakai. Tapi, pastikan versi Android kau mendukung setingan ini.


3. Ubah Skala Animasi


Android merupakan sistem operasi yang kecil 13 Tips Android yang Mungkin Belum Banyak Orang yang Tahu


Sebagian besar ponsel Android terbaru sudah mendukung skala animasi yang tajam. Namun, sesudah Nexus 5X terbaru dipasarkan yang hanya dilengkapi dengan kapasitas RAM 2GB, banyak pengguna merasa sedikit kewalahan oleh produk Google yang sangat terkenal ini.


Selain itu, banyak juga pengguna ponsel Android murah yang dilengkapi dengan kapasitas CPU yang lebih lambat dari standard dan hanya didukung oleh RAM 1GB atau 2GB.


Solusi yang mudah yaitu mengubah “Window animation scale” ponsel kamu, “Transision scale” dan “Animator duration scale” dari 1x menjadi 0,5x. Memang, tips Android yang satu ini tidak menciptakan kinerja bawaan ponsel kau menjadi lebih cepat. Tetapi ini mendukung semoga ponsel kau semoga terasa lebih cepat.


Untuk melakukannya, Buka Settings → Developer options dan turun ke bawah untuk menemukan opsi yang diperlukan. Sebelumnya, pastikan kau terlebih dahulu mengaktifkan Developer Mode.


4. Akses Cepat Menu Quick Settings


Dengan fitur Quick Settings pada Android, kau dapat dengan cepat mengatur hal-hal tertentu pada ponsel kamu. Tapi gimana dapat cepat kalau mengakses ke sajian Quick Settings saja masih perlu beberapa kali gesek dan ketukan pada screen Android kamu. Sebenarnya pada platform Android yang terbaru kau dapat mengakses Quick Settings (Pengaturan Cepat) hanya dengan ketukan dua jari secara bersamaan sekaligus.


5. Hapus App Defaults


Tentu akan sangat menyebalkan ketika tautan terbuka pada sebuah aplikasi, melainkan bukan di browser. Hal ini sering terjadi ketika sedang browsing memakai browser dan mengklik tautan YouTube, Twitter, atau Facebook. Dimana kau harus menunggu ponsel kau menonaktifkan browser yang sedang kau buka dan memunculkan aplikasi yang lain untuk membuka tautan tersebut.


Ini mudah disetting. Buka Settings  Apps, dan temukan aplikasi yang terbuka tersebut (terbuka ketika ketika mengklik tautan). Setelah ketemu, gulir ke bawah hingga ketemu Open by default. Lalu tekan, dan kemudian pilih Clear Defaults. Jika belum berhasil, coba lakukan hal yang sama terhadap aplikasi browser yang sedang kau pakai tersebut.


6. Transmisikan atau Cerminkan Layar Android


Apakah kau pengguna Chromecast? Jika demikian, kau dapat dengan mudah mencerminkan layar Android atau media ibarat video atau gambar pada aplikasi tertentu dengan memakai fungsi Cast.


Untuk mengaktifkan fungsi Cast, buka Quick Settings dan tekan Cast. Dengan tips Android yang satu ini ponsel atau tablet kau menemukan Chromecast kau dengan sendirinya. Tapi pastikan ponsel dan Chromecast kau terkoneksi pada jaringan lokal yang sama. Alhasil, kau dapat menampilkan layar Anroid kau pada layar monitor yang lebih lebar ibarat TV atau komputer.


Android merupakan sistem operasi yang kecil 13 Tips Android yang Mungkin Belum Banyak Orang yang Tahu


Fitur yang satu ini sangat cocok untuk bermain game di layar yang lebih lebar, melihat gambar atau menonton video bersama keluarga atau teman, atau dapat juga untuk memutar musik melalui speaker yang lebih keras suaranya. Sekarang sudah banyak aplikasi Android yang mempunyai tombol Cast.


8. Temukan Notifikasi yang Mengganggu


Jika Android kau terpasang banyak aplikasi, mungkin kau sering mendapat notifikasi menyebalkan, dan tidak tahu dari aplikasi mana penyebabnya.


Android merupakan sistem operasi yang kecil 13 Tips Android yang Mungkin Belum Banyak Orang yang Tahu


Solusinya sebetulnya sangat gampang. Kamu cukup menekan agak usang pada notifikasi tersebut, dan kemudian Android kau akan memberi tahu aplikasi mana yang menciptakan notifikasi tersebut.


7. Atur Notifikasi dari Aplikasi


Sebenarnya tips Android yang satu ini yaitu lanjutan dari tips yang sebelumnya. Setelah kau menekan usang pada notifikasi tersebut, kau akan melihat ikon informasi. Tekan ikon tersebut, dan kemudian kau akan diberi opsi pengaturan notifikasi untuk aplikasi pembuat notifikasi tersebut.


Android merupakan sistem operasi yang kecil 13 Tips Android yang Mungkin Belum Banyak Orang yang Tahu


Kamu dapat mengatur pemberitahuan dari app tersebut ibarat memblokir semua pemberitahuannya, membolehkan untuk mengesampingkan mode prioritas, atau menghindari aplikasi tersebut untuk membuka informasi langsung kamu.


9. Zoom Peta


Android merupakan sistem operasi yang kecil 13 Tips Android yang Mungkin Belum Banyak Orang yang TahuPernah memakai Google Maps hanya dengan satu jari pada layar Android kamu? Kamu cukup ketuk layar Android kau dua kali dan geser ke atas atau ke bawah dengan satu jari untuk memperbesar dan memperkecil tampilan petanya. Cara mudah ini jauh lebih mudah daripada harus mencubit permukaan layar Android kau dengan dua jari dan tangan uang satu lagi memegang ponsel kamu. Makanya jangan heran kalau lihat tukang gojek mainin Google Maps sambil merokok. 😀


10. Mode Prioritas


Mode prioritas mungkin salah satu fitur yang paling dihiraukan dan kurang dimanfaatkan pada Android. Sementara fitur Android yang satu ini memungkinkan kau untuk mengatur ponsel kau ke mode diam, tetapi masih dapat mengeluarkan beberapa “suara” dari notifikasi atau pemberitahuan yang lebih priorits. Contohnya panggilan masuk, SMS, atau WhatsApp, alarm dan pemberitahuan-pemberitahuan dari setiap aplikasi yang kau prioritaskan.


Android merupakan sistem operasi yang kecil 13 Tips Android yang Mungkin Belum Banyak Orang yang Tahu


Untuk mengatur mode prioritas, buka Settings  Sound & Notification Do not disturb, kemudian disitulah opsi-opsi yang kau prioritaskan. Pengaturan mode prioritas ini dapat dengan cepat kau aktifkan dan non-aktifkan dari sajian Quick Settings.


11. Membuat Pin Layar


Jika di rumah atau sekitar kau ada bawah umur yang sering meminjam ponsel kamu, tips Android yang satu ini yaitu cara yang cantik untuk memastikan mereka tidak kecolongan untuk menghabiskan paket atau pulsa kau dengan mend0wnl0ad atau menonton konten yang aneh-aneh.


Sekarang ini, banyak aplikasi yang seakan-akan dibentuk khusus utuk anak-anak, namun pada ketika sedang dimainkan ternyata mengandung opsi yang dapat menguras pulsa kau melalui “Google Pay”, atau iklan yang tidak sesuai untuk anak kecil.


Fitur pin layar ini secara default dimatikan pada Android. Oleh alasannya itu, kau harus mengaktifkan fitur ini untuk keamanan. Untuk mengaktifkan fitur pin layar, buka Settings Security dan gulir ke bawah hingga kau temukan Screen pinning. Untuk menyematkan layar, buka aplikasinya, kemudian tekan tombol Overview (tobol persegi empat) dan kemudian tekan ikon pin. Di situlah kau dapat menciptakan PIN untuk melindungi layar Android kmau.


12. Smart Lock


Smart lock sangat berkhasiat sekali. Dengan fitur keamanan yang satu ini, hape kau akan terkunci di lokasi lain, sedangkan di rumah atau di tempat tepercaya lainnya secara otomatis keamanannya akan terbuka.


Android merupakan sistem operasi yang kecil 13 Tips Android yang Mungkin Belum Banyak Orang yang Tahu


Agar hape Android kau tidak mengunci dirinya sendiri, fitur ini memakai GPS, jaringan tertentu, wajah pemilik, atau bahkan bunyi kamu. Tentunya menciptakan penggunaan ponsel ibarat biasa jauh lebih cepat tanpa harus memasukkan pin atau memecahkan kode-kode rahasia. Untuk mengaktifkan Smart Lock, kau dapat ke Settings Security → Smart lock.


13. Game Rahasia


Permainan Android Easter egg mungkin sudah cukup dikenal bagi kalangan orang yang lebih tua. Dimana permainan diam-diam ini mungkin tidak begitu dikenal bagi pengguna gres Android.


Selain itu, ada juga game Lollipop dan Marshmallow yang ibarat Flappy Bird. Dasar gameplay-nya sama, tapi grafis cenderung bertema Android.


Untuk menikmati permainan diam-diam Android, buka Settings About device dan kemudian ketuk nomor versi Android kau beberapa kali. Setelah itu kau akan disajikan dengan game Lollipop atau Marshmallow di layar kamu, tergantung dari jenis OS Android kamu. Lalu dengan cepat ketuk potongan tengahnya dan kemudian game akan diluncurkan.


Android merupakan sistem operasi yang kecil 13 Tips Android yang Mungkin Belum Banyak Orang yang Tahu


Demikianlah beberapa tips Android di atas, semoga bermanfaat buat kamu. Mungkin kau juga mempunyai tips Android yang mungkin orang lain belum ketahui. Jika kau berniat, kau boleh bagikan tips Android kau pada kolom komentar di bawah ini.



Sumber https://www.wongunik.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "13 Tips Android Yang Mungkin Belum Banyak Orang Yang Tahu"

Posting Komentar