✔ Pengujian Audit Atas Kas Kecil

       Dalam pengujian kas kecil, auditor pertama kali memilih mekanisme klien dalam menangani dana. Hal ini dilakukan dengan mendiskusikan pengendalian internal bersama pemegang kas kecil dan menyelidiki dokumen atas beberapa transaksi. Saat hasil evaluasi resiko pengendalian yaitu rendah dan hanya sedikit pengeluaran dilakukan selama tahun berjalan, biasanya auditor tidak akan melaksanakan pengajuan lebih lanjut alasannya yaitu tidak material.

      Ketika auditor menguji kas kecil, dua mekanisme utamanya yaitu menghitung saldo kas kecil dan melanjutkan dengan pengujian jelas atas satu atau dua transaksi pengeluaran.
Prosedur utama harus mencakup :
a.       Menjumlahkan voucher pendukung kas kecil yang menandakan jumlah pengeluaran.
b.      Memperhatikan urutan voucher kas kecil
c.       Memeriksa otorisasi dan abolisi voucher kas kecil
d.      Memeriksa kewajaran dokumen pendukung, biasanya terdiri atas gulungan register kas, faktur dan bukti penerimaan.


      Pengujian kas kecil sanggup dilakukan sewaktu – waktu selama tahun berjalan, tetapi supaya memudahkan,biasanya dilakukan pada tanggal interim. Jika saldo dana kas kecil diperkirakan material, hal ini jarang terjadi, maka saldo tersebut harus diperhitungkan pada selesai tahun. Pengeluaran yang belum diganti harus diperiksa sebagai bab dari penentuan apaka biaya yang belum tercatat jumlahnya material. 

Sumber http://candraekonom.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "✔ Pengujian Audit Atas Kas Kecil"

Posting Komentar