Pengertian Kebutuhan Insan Dan Faktor Yang Mempengaruhinya

Pengertian Kebutuhan - Pada dasarnya setiap insan mempunyai kebutuhan. Kebutuhan ini tidak terbatas dan bermacam-macam jumlahnya, sehingga mustahil insan sanggup memenuhi semua kebutuhannya. Begitu kebutuhan satu dipenuhi, akan muncul kebutuhan yang lain. Nah, pada kesempatan kali ini akan mencoba membahas perihal Kebutuhan Manusia pengertian dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Semoga bermanfaat.

 Pada dasarnya setiap insan mempunyai kebutuhan Pengertian Kebutuhan Manusia dan Faktor yang Mempengaruhinya
Pengertian Kebutuhan Manusia dan Faktor yang Mempengaruhinya | www.zonasiswa.com

A. Pengertian Kebutuhan

Seperti dibahas sebelumnya, kehidupan insan mempunyai banyak kebutuhan yang pada kesudahannya sanggup menyebabkan duduk perkara ekonomi. Kebutuhan timbul alasannya ialah tuntutan fisik dan atau psikologis biar sanggup hidup layak. Itulah yang menyebabkan kebutuhan insan sangat bermacam-macam dan seringkali tidak sanggup dipenuhi. Ini menyebabkan kebutuhan menjadi tidak terbatas.

Keinginan dan kebutuhan kadang disamakan antara satu sama lain, padahal bahwasanya ada perbedaan fundamental yang membedakan kedua hal tersebut. Keinginan adalah hasrat dalam diri insan yang jikalau tidak dipenuhi tidak memengaruhi kelangsungan hidupnya, sedangkan kebutuhan adalah hasrat yang muncul dalam diri insan yang jikalau tidak dipenuhi sanggup memengaruhi kelangsungan hidupnya.

BACA JUGA:
1. Macam-macam dan Alat Pemuas Kebutuhan

B. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

Kebutuhan setiap orang berbeda. Cobalah membandingkan kebutuhan teman Anda dan kebutuhan orang lain. Pasti ada beberapa yang berbeda. Nah apa yang menyebabkan kebutuhan berbeda untuk setiap orang. Berikut ini ialah faktor-faktor yang menghipnotis kebutuhan manusia, yaitu:

1. Sifat manusia
Wajar bagi insan untuk tidak cepat puas dengan segala yang mereka miliki. Ketika Anda mendapat sesuatu, kebutuhan lain akan muncul bersamaan dengan situasi dan kondisi.

2. Tingkat pendapatan
Semakin tinggi tingkat pendapatan seseorang, semakin banyak kebutuhan hidupnya. Misalnya, kebutuhan pengusaha kaya berbeda dengan kebutuhan karyawannya.

3. Lingkungan Alam
Untuk sanggup bertahan hidup, insan selalu berusaha beradaptasi dan kebutuhan hidup mereka dengan keadaan lingkungan sekitar. Kebutuhan hidup di kawasan cuek akan berbeda dibandingkan dengan kebutuhan hidup di kawasan tropis, baik dari segi makanan, pakaian dan perumahan.

4. Lingkungan sosial
Secara naluriah insan mempunyai kebiasaan menjiplak sikap orang lain sehingga jumlah dan jenis kebutuhan hidup juga akan sangat dipengaruhi oleh lingkungan sosialnya. Seseorang yang hidup di lingkungan ekonomi yang tinggi akan didorong untuk sanggup beradaptasi dengan lingkungan sosialnya.

5. Kemajuan dalam teknologi informasi
Perkembangan teknologi info memudahkan seseorang untuk mendapat info ketika membeli suatu barang. Ini sanggup mendorong peningkatan kebutuhan seseorang.

6. Agama dan kepercayaan
Perbedaan agama dan keyakinan yang dianut seseorang menghasilkan munculnya banyak sekali kebutuhan berbeda sesuai dengan norma agama yang dianutnya.

7. Akulturasi budaya
Budaya sangat kuat pada kebutuhan hidup seseorang, baik budaya mereka sendiri maupun budaya yang berasal dari luar. Ini menyebabkan terbentuknya banyak sekali rujukan sikap dan kebiasaan yang akan mengarah pada banyak sekali kebutuhan.

8. Perdagangan internasional
Keberadaan perdagangan internasional meningkatkan arus barang dari luar negeri yang sanggup mendorong peningkatan kebutuhan hidup.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai Pengertian Kebutuhan Manusia serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Semoga apa yang dijelaskan di atas sanggup bermanfaat. Terima kasih.
Sumber http://www.zonasiswa.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Kebutuhan Insan Dan Faktor Yang Mempengaruhinya"

Posting Komentar