Pemantulan Cahaya Pada Cermin Cembung

Postingan sebelumnya Mafia Online sudah membahas ihwal pemantulan cahaya pada cermin cekung. Pada postingan kali ini Mafia Online akan membahas ihwal pemantulan cahaya pada cermin cembung. Bagaimana pemantulan cahaya pada cermin cembung?

Cermin cembung mempunyai bagian-bagian yang terlihat ibarat pada Gambar di bawah ini. P yaitu titik sentra kelengkungan cermin. O yaitu titik potong sumbu utama dengan cermin cembung. F yaitu titik fokus cermin yang berada di tengah-tengah antara titik P dan titik O. R yaitu jari-jari kelengkungan cermin, yaitu jarak dari titik P ke titik O dan f yaitu jarak fokus cermin. 
 
Cermin cembung mempunyai sifat yang sanggup berbagi cahaya (divergen). Dengan demikian, kalau terdapat berkas-berkas cahaya sejajar mengenai permukaan cermin cembung, maka berkas-berkas cahaya pantulnya akan disebarkan dari satu titik yang sama. 
 
Jika bentuk cermin cekung merupakan bab dalam dari sebuah bola, maka bentuk cermin cembung yaitu bab luar bola. Perhatikan denah bentuk cermin cembung pada gambar di atas. Terlihat bahwa cermin cembung merupakan kebalikan cermin cekung. Bagaimana pembentukan bayangan oleh cermin cembung? 

Seperti halnya cermin cekung, sebelum menggambarkan pembentukan bayangan, perlu diketahui sinar-sinar istimewa yang dimiliki cermin cembung. Sinar-sinar istimewa itu ditunjukkan pada gambar di bawah ini, yaitu sebagai berikut.
  1. Sinar tiba sejajar sumbu utama akan dipantulkan seperti berasal dari titik fokus.


  2. Sinar tiba seperti menuju titik fokus akan dipantulkan sejajar sumbu utama


  3. Sinar tiba yang menuju sentra kelengkungan cermin, akan dipantulkan seperti berasal dari sentra kelengkungan yang sama.


Dengan pemberian ketiga sinar istimewa untuk cermin cembung di atas, sanggup digambarkan pembentukan bayangan oleh cermin cembung. Untuk membentuk bayangan sebuah benda yang terletak di depan cermin cembung, kita cukup memakai 2 buah berkas sinar istimewa di atas. Bayangan benda pada cermin cembung selalu berada antara titik O dan F. Perhatikan gambar berikut!
Berdasarkan gambar di atas maka sanggup dilihat bahwa sifat bayangan yang dihasilkan oleh cermin cembung yaitu maya, tegak, dan diperkecil. Dari sifat-sifat tersebut cermin cembung dimanfaatkan sebagai spoin pada kendaraan dan sebagai alat keselamatan pengemudi pada tikungan jalan.

Sumber http://mafia.mafiaol.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pemantulan Cahaya Pada Cermin Cembung"

Posting Komentar