Memahami Pengertian Garis Singgung Pada Lingkaran

Memahami Pengertian Garis Singgung Pada Lingkaran


Hallo teman bangkusekolah.com ketemu lagi dengan kami, jangan bosen dengan kami ya…nah teman pada pertemuan kali ini kita akan membahas pengertian garis singgung pada lingkaran yang mana bahan garis singgung ini bahan awal kita untuk bahan selanjutnya. Nah kita eksklusif saja ke bahan kita.


Memahami Pengertian Garis Singgung Pada Lingkaran


Untuk sanggup memahami pengertian garis singgung lingkaran, perhatikanlah gambar yang ada di bawah ini.


Memahami Pengertian Garis Singgung Pada Lingkaran Memahami Pengertian Garis Singgung Pada Lingkaran


Lingkaran sentra ada titik di O dengan diameter AB tegak lurus dengan diameter CD (garis k). Kalau garis k kita geser ke kanan bertahap sejajar k maka



  • Pada garis posisi k1 memotong bulat tersebut di dua titik (titik E dan F) dengan k1 ⊥

  • Pada garis posisi k2 memotong bulat tersebut di dua titik (titik G dan H) dengan k2 ⊥

  • Pada garis posisi k3 memotong bulat tersebut di satu titik, yaitu titik B (menyinggung bulat di B). Nah garis k3 itu yang disebut dengan garis singgung pada lingkaran.


 


Coba perhatikanlah gambar yang ada di bawah ini!


Memahami Pengertian Garis Singgung Pada Lingkaran Memahami Pengertian Garis Singgung Pada Lingkaran


Kalau garis k kita putar dengan sentra perputaran dititik A ke arah busur AB’ yang lebih kecil dari busur AB maka kita sanggup perolehan ΔOAB’ sama kaki. Nah niscaya galau mengapa begitu?


Ini penjelasannnya. OAB = OB’A = ½ x (180 – AOB’)

Kalau teman terus memutar garis k tersebut ke arah busur yang lebih kecil dan lebih kecil lagi maka ∠OAB’ = ∠OB’A akan semakin besar dan ∠AOB’ semakin kecil. Pada suatu ketika garis k niscaya akan menyinggung bulat di titik A dengan titik B’ yang akan berimpit dengan titik A dan ketika itu berlaku yang ada dibawah ini.


∠OAB’ =∠OB’A = ½ (180° – ∠AOB’)


∠OAB’ =∠OB’A = ½ (180° – 0°)


∠OAB’ =∠OB’A = 90°


Hal yang ada di atas mengatakan bahwa jari-jari OA tegak lurus dengan garis singgung k di titik A.


Maka, garis singgung bulat itu sendiri merupakan garis yang memotong pada suatu bulat di satu titik dan berpotongan tegak lurus dengan jari-jari di titik singgung tersebut.


Coba perhatikan lagi gambar yang ada di bawah ini.


Memahami Pengertian Garis Singgung Pada Lingkaran Memahami Pengertian Garis Singgung Pada LingkaranPada gambar 3 yang ada di atas tampak bahwa garis k tegak lurus dengan jari-jari OA. Garis k yaitu garis singgung bulat di titik A, sedangkan A disebut titik singgung pada lingkaran.

Karena garis k ⊥  OA, hal tersebut berarti sudut kedua garis tersebut besarnya 90°. Dengan menyerupai itu maka secara umum sanggup kita katakan bahwa setiap sudut yang dibuat oleh garis yang melalui titik sentra dan garis singgung pada bulat besarnya 90°.


Memahami Pengertian Garis Singgung Pada Lingkaran Memahami Pengertian Garis Singgung Pada Lingkaran


Gambar 4 di atas merupakan bulat yang berpusat dititik O. Maka bulat yang ada di atas bersinggungan dengan garis g dan h. Garis g memotong bulat di satu titik, yaitu dititik A. Sedangkan pada garis h memotong bulat di satu titik, yaitu di titik B. Garis g dan h ini yang disebut garis singgung. Sedangkan titik B dan titik A yang disebut titik singgung juga. Maka yang dimaksud dengan garis singgung pada bulat iyalah suatu garis yang berpotongan pada bulat sempurna di satu titik tersebut.


Bagaimana sudah paham tidak teman bangkusekolah.com bila belum paham akan bahan yang ada diatas tersebut sanggup teman tanyakan lagi pada kami, insyaallah kami akan membimbing teman hingga paham betul.


Ok, kita sudah berguru memahami bahan diatas. Usai dulu sobat, semoga tidak pusing belajarnya sedikit-sedikit saja dan makasih ya…sudah berkunjung ke bangkusekolah.com



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Memahami Pengertian Garis Singgung Pada Lingkaran"

Posting Komentar