Khasiat Daun Ketumbar Untuk Kesehatan

Berbentuk biji-bijian kecil yang hanya sebesar 1-2 mm saja namun bisa melezatkan makanan, merupakan ciri-ciri salah satu tumbuhan rempah ini. Sekilas mirip lada, namun bila dibandingkan dari segi tekstur, kulit rempah ini tidak terlalu keras dan aromanya tidak terlalu tajam. Apakah jenis rempah ini?


 namun bila dibandingkan dari segi tekstur Khasiat Daun Ketumbar untuk Kesehatan
Biji ketumbar dipakai sebagai rempah andalan dalam proses masak-memasak sebagai penyedap rasa.

Ketumbar. Siapa yang tidak mengenal rempah satu ini? Biji-bijian kecil ini selalu ada di list resep kuliner baik tradisional maupun modern lantaran sanggup memperlihatkan rasa dan aroma yang khas.Tidak ketinggalan, daunnya yang beragam dengan warna hijau segar begerigi juga selalu menempati list resep masakan. Namun tahukah anda bila daun ketumbar yang biasanya anda gunakan sebagai penyedap juga garnish kuliner mempunyai khasiat luar biasa? Berikut pemaparannya.


 namun bila dibandingkan dari segi tekstur Khasiat Daun Ketumbar untuk Kesehatan
Daun ketumbar sepintas ibarat daun seledri, namun daun ketumbar berstruktur lebih lebar daripada seledri.

Daun ketumbar atau Cilantro ternyata mempunyai banyak kandungan senyawa yang dimiliki tanaman-tanaman herbal lainnya. Menurut riset yang dilakukan kementrian kesehatan RI, daun ketumbar mengandung protein, lemak, energi, karbohidrat, fosfor, zat besi, kalsium, vitamin A, vitamin B1, vitamin C dan beberapa senyawa aktif lainnya.

Semua kandungannya yakni senyawa yang diharapkan oleh badan lantaran sanggup memperlihatkan dampak positif juga menyembuhkan banyak penyakit, diantaranya:



  • Membantu sistem pencernaan

    Daun ketumbar sanggup menghasilkan banyak enzim pencernaan yang lebih. Hal ini diungkap oleh Situs kesehatan medicalhealthguide.com pada tahun 2011. Oleh alasannya yakni itu, masalah-masalah mirip sembelit, sakit perut atau diare sanggup dihindari. Hal ini didukung dengan adanya sebuah riset yang menyatakan bahwa 1 sendok teh bumbu yang mengandung ekstrak daun ketumbar sanggup secara aktif menenangkan sistem pencernaan.

  • Menurunkan kadar gula darah

    Natrium dan kalium yang terdapat dalam daun ketumbar sanggup menurunkan kadar gula darah dalam badan secara alami. The Journal of Ethnopharmacology mengungkap bahwa ekstrak daun ketumbar sanggup menurunkan kadar gula sehingga berpotensi menjadi antidiabetes. Pernyataan ini dibenarkan oleh penelitian yang sama yang dipublikasikan di Journal of Food Science.

  • Membantu mengecilkan perut

    Di Kanada, ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh para jago di University of Western Ontari yang menyatakan bahwa daun ketumbar bisa menghambat peresapan lemak jenuh pada perut jadi bisa mengecilkan perut yang berlemak. Hal ini dikarenakan kandungan flavonoid yang terdapat pada daun ketumbar.

  • Menurunkan resiko kanker kulit

    Menurut penelitian yang dilakukan Vanderbilt University di Nashville, daun hijau segar ketumbar mempunyai chlorogonic acid dan antioksidan caffeic acid yang bisa membunuh proses terbentuknya radikal bebas penyebab kanker. Hal ini mengurangi resiko kanker kulit sampai 30 %. Selain itu, kulit akan terhindar dari kerusakan yang diakibatkan paparan sinar UV.

  • Mengurangi rasa cemas dan membuat rasa bahagia

    Rasa cemas sanggup ditimbulkan oleh dampak sedatif. Menurut sebuah studi yang dikutip di Livestrong tahun 2014, Efek sedatif ini sanggup diredakan dengan ekstrak daun ketumbar sehingga meredakan rasa cemas, panik atau gelisah. Disamping itu, sebuah riset di jepang menyatakan bahwa kaempferol dalam daun ketumbar juga sanggup membantu pembakaran glukosa, membunuh monoamine oxidase (hormon yang mencegah rasa bahagia).

  • Menjaga kesehatan mata

    Vitamin A yang terdapat pada daun ketumbar mempunyai potensi yang besar untuk menjaga kesehatan mata dari gangguan problem penglihatan.  Sama mirip kandungan daun sirih yang juga mempunyai manfaat bagi kesehatan mata. Silahkan baca artikel perihal khasiat daun sirih untuk mata yang ada di blog Kami.



  • Mengobati penyakit hati dan menghilangkan racun di dalam tubuh


Penyakit hati berasal dari racun-racun yang tidak sanggup dinetralisir oleh organ hati.Dengan kandungan daun ketumbar, maka peradangan sanggup berhenti perlahan-lahan, fungsi hati berjalan sebagaimana mestinya dan otomatis racun yang akan masuk ketubuh akan di netralisir terlebih dahulu oleh hati. Pernyataan ini telah dibenarkan dengan penelitian yang dipublikasikan pada Journal of Toxicology and Industrial Health tahun 2012.



  • Menghentikan peradangan

    Seperti yang telah umum diketahui, antiinflamasi sanggup mengehentikan peradangan di banyak sekali sendi-sendi tubuh, Jika ingin menghentikannya maka mengkonsumsi daun ketumbar saja lantaran daun ini juga mengandung sifat antiinflamasi atau anti radang.


 namun bila dibandingkan dari segi tekstur Khasiat Daun Ketumbar untuk Kesehatan
Daun ketumbar biasanya dipakai sebagai garnish untuk memperindah tampilan masakan.

Itulah beberapa khasiat daun ketumbar yang belum banyak diketahui oleh orang-orang. Siapa sangka bila daunnya ternyata mempunyai khasiat bagi kesehatan tubuh. Buruan.. tunggu apalagi segera tanam benih daun ketumbar. Benihnya bisa Anda dapatkan disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Khasiat Daun Ketumbar Untuk Kesehatan"

Posting Komentar