Convert Dwg To Shp (Cara Export Dwg Ke Shp)

Ikuti tahapan Convert Dwg to Shp atau Cara Export Dwg ke Shp berikut ini bila anda ingin merubah gambar AutoCAD menjadi gambar ArcView. Dalam tutorial dibawah ini, anda juga dapat mempelajari cara menentukan data tekstual apa saja yang akan dihubungkan dengan gambar AutoCAD yang akan diexport.


Sebagaimana kita tahu, Shp (Shapefile) ialah jenis file yang dipakai oleh ArcView. File shp ini memuat data spasial dan data tekstual yang dapat dipakai untuk aneka macam keperluan analisa dalam Sistem Informasi Geografis (SIG).


AutoCAD Map 3D menyediakan fitur bagi pengguna untuk export drawing (dwg) ke shp. Namun sebelum melaksanakan export sebaiknya perhatikan dulu hal-hal berikut.


1. File dwg dapat memuat aneka macam tipe geometry (point, line, text, dan polygon), sementara setiap file shp hanya memuat satu tipe geometry.


2. File shp tidak mendukung warna. Ketika anda export layer dwg berwarna merah, maka data warna ini tidak akan tersimpan dalam file shp.


3. File shp tidak mendukung arcs, splines, dan ellipses. Ketika anda export gambar dwg yang berbentuk arcs, splines, atau ellipses ke shp, maka akan dikonversi menjadi polylines.


Pada tutorial AutoCAD Map sebelumnya kita pernah membahas cara Convert Shp to Dwg, nah dibawah ini ialah sebaliknya, kita akan mempelajari tahapan convert dwg to shp.


Tahapan Convert Dwg to Shp (Cara Export Dwg ke Shp)


1. Jalankan Program AutoCAD Map dan buka file dwg yang akan diconvert ke shp.


2. Jika yang akan diconvert ialah objek yang mempunyai area menyerupai bidang tanah, wilayah kecamatan, atau wilayah kabupaten, maka pastikan setiap area dibuat oleh polygon atau polyline tertutup. Fungsinya semoga hasil convert menjadi objek geometry tipe polygon dan mempunyai data tekstual area untuk setiap bidang.


Kalau bidangnya banyak akan sangat tidak efektif merubah setiap bidang menjadi polygon atau polyline tertutup, maka untuk memudahkan lakukan topology dengan tipe polygon pada bidang tersebut.


Dibawah ini ialah teladan gambar wilayah kecamatan yang sudah ditopology dengan tipe polygon dan akan kita convert menjadi file shp.


Ikuti tahapan Convert Dwg to Shp atau Cara Export Dwg ke Shp berikut ini bila anda ingin m Convert Dwg to Shp (Cara Export Dwg ke Shp)


3. Klik sajian Map > Tools > Export atau melalui command prompt ketikkan mapexport


4. Pada kotak obrolan Export Location, Files of type pilih ESRI Shapefile (*.shp). Pilih lokasi folder untuk menyimpan file shp, ketikkan nama file, kemudian klik OK.


5. Pada kotak obrolan Export yang sudah muncul, lakukan langkah-langkah dibawah ini.


Klik tab Selection. Pada bab Object type, pilih Polygon. Pada bab Select objects to export, pilih Select all. Pada bab Filter selection, pilih layer yang akan diexport (sebagai teladan saya menentukan layer kecamatan). Pada bab Select polygon topology to export, pilih nama topology yang sudah kita buat (sebagai teladan saya menentukan topology Untitled1). Supaya lebih terperinci lihat gambar dibawah ini.


Ikuti tahapan Convert Dwg to Shp atau Cara Export Dwg ke Shp berikut ini bila anda ingin m Convert Dwg to Shp (Cara Export Dwg ke Shp)


Klik tab Data. Pada bab ini kita menentukan data tekstual apa saja yang akan dilink-kan dengan data spasialnya. Semua data tekstual yang menempel dengan gambar AutoCAD akan ditampilkan pada kotak obrolan select attributes. Dalam proses convert to shp ini, saya hanya akan mengambil data tekstual ID, Area, dan Perimeter saja. Caranya, klik Select Attributes, pada kotak obrolan Select Attributes klik tanda + Topologies > + Polygon > + Polygon Centroid, kemudian centang ID, Area, Perimeter. Klik OK. Supaya lebih terperinci lihat gambar dibawah ini.


Ikuti tahapan Convert Dwg to Shp atau Cara Export Dwg ke Shp berikut ini bila anda ingin m Convert Dwg to Shp (Cara Export Dwg ke Shp)


Klik tab Options. Pada bab Other, centang kotak Tread closed polylines as polygons.


6. Kalau semua bab pada tab sudah tersetting, klik OK.


7. Proses convert ke shp sudah selesai, silahkan anda coba buka kesannya memakai ArcView, ArcGIS, atau AutoCAD Map itu sendiri (pada tutorial berikutnya Insha Allah akan kita pelajari Cara Membuka File Shp di AutoCAD Map).


Setelah berhasil export satu layer dwg ke shp, kita dapat mengulangi langkah diatas untuk export layer dwg yang lainnya. Anda juga dapat mencoba mengikutkan data tekstual lain yang ada dalam select attributes dalam proses export.


Data shp hasil export dari AutoCAD Map dapat kita gunakan sebagaimana data shp yang lainnya. Kita dapat menggabungkan (join) dengan data lain, dapat dipakai untuk analisa spasial, analisa tekstual, dan aneka macam keperluan lainnya.


Demikian tutorial convert dwg to php  atau cara export dwg ke shp, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.




Sumber https://www.asifah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Convert Dwg To Shp (Cara Export Dwg Ke Shp)"

Posting Komentar