Cara Stek Flora Gantung Dan Perawatannya

 kali ini kita akan membahas cara stek tumbuhan gantung Cara Stek tumbuhan Gantung dan PerawatannyaSeperti halnya Cara Stek Tanaman Sirih Gading, kali ini kita akan membahas cara stek tumbuhan gantung. Kenapa harus membahas cara stek tumbuhan gantung? Karena, ada aneka macam jenis tumbuhan gantung yang indah dan gampang untuk dikembangkan.


Jadi, inilah banyak alasan mengapa orang-orang sangat menyukai tanman gantung tersebut. Selain sanggup memperindah ruangan dan menciptakan suasana menjadi lebih asri. Tanaman gantung juga tidak sulit untuk dikembangkan atau dipelihara.


1. Pemilihan waktu Penanaman


Hal paling dasar dalam cara stek tumbuhan gantung ini yakni untuk menentukan waktu penanaman yang pas. Seperti Cara Stek Pohon Melinjo, diharapkan waktu yang sempurna biar nantinya hasil stek sanggup tumbuh dengan baik. Setidaknya, cobalah untuk mulai menanam di awal demam isu panas, bukan ketika demam isu penghujan.


Karena dengan menentukan demam isu yang sempurna maka hasil stek yang didapat akan optimal. Jika memulai penanaman stek ketika demam isu hujan, maka balasannya akan sedikit terganggu. Apalagi bila meletakkan hasil stek di luar, maka akan gampang membusuk dan terjadi kegagalan.


2. Pilih Indukan Terbaik


Peranan indukan sangat penting dalam keberhasilan dan kualias dari hasil cara stek tumbuhan gantung ini. Seperti halnya Cara Stek Pucuk Tanaman Hias, nantinya bibit akan menggandakan sifat dan kualitas indukan sebanyak 70-80%. Kebyangkan bagaimana balasannya bila tidak menentukan indukan yang tepat?


jadi, cobalah untuk menentukan pemilihan indukan yang terbaik dimulai dari sebelum melaksanakan stek. Pilihlah indukan yang sudah berumur, bukan bibit yang gres ditanam kemaren sore. mempunyai batang dan daun yang sehat. Tidak kerdil dan tidak diserang oleh penyakit.


3. Pemotongan Tunas


Ya, hal selanjutnya sehabis menentukan indukan yang baik dan berkualitas yakni memulai cara stek. Seperti pembahasan di dalam Cara Stek Pohon Langsat, anda hanya perlu menentukan penggalan cabang atau pucuk yang sehat. Nantinya, ini lah yang akan menjadi cikal bakal bibit hasil stek tersebut.


Tapi, perlu disadari untuk memakai alat pemotong yang higienis dan tajam. jangan sampai, nantinya malah menciptakan hasil pemotongan tidak optimal damn hasil stek malah gagal total. Jadi, terlebih dahulu bersihkan dan tajamkan alat pemotong yang nantinya akan digunakan.


4. Cara Pemotongan Tunas


Ini juga penting diketahui biar nantinya cara stek tumbuhan hias gantung ini berhasil tanpa adanyanya kegagalan. Berikut cara-caranya:



  • Cari tunas yang sehat dan siap untuk dipotong memakai alat pemotong.

  • Bersihkan alat pemotong ibarat pisau bedah, gunting maupun pisau dapur. Usahakan alat pemotong tajam dan bersih.

  • Potong cabang tumbuhan gantung hias ini sepanjang 7 – 15 cm. Potongan ini setidaknya sempurna pada penggalan ruas batang dan tidak merusak penggalan dalam.


5. Menggunakan Zat Pertumbuhan


Ini juga salah satu hal yang penting untuk dipakai dalam cara stek kali ini. Kenapa? Karena dengan memakai abu hormon pertumbuhan, maka akan lebih gampang memunculkan akar yang nantinya menghasilkan tunas baru.


Alhasil, jenis bibit yang telah simpulan dilakukan dengan cara stek ini akan siap untuk ditanam ulang dan dibudidayakan. Jadi, sebaiknya kau memakai abu hormon yang ditempelkan eksklusif di penggalan pangkal batang yang telah dipotong tadi.







6. Menyiapkan Wadah


Hal berikutnya yang harus dilakukan yakni menyiapkan wadah. Berikut langkah-langkah yang harsu dilakukan, yaitu:



  • Menyiapkan wadah berupa kaleng bekas, polybag maupun pot. Apapun jenis wadah yang akan dipakai terserah anda. tapi, pastikan wadah tersebut higienis dari bermacam-macam hal yang menggangu pertumbuhan bibit.

  • Siapkan media tanam yang akan dimasukkan kedalam wadah tanam. Media tanam yang dianjurkan yakni 1 : 1 antara pupuk kompos dan tanah humus.

  • pastikan anda melaksanakan penggemburan yang benar pada media tanam biar bibit sanggup tumbuh dengan baik.

  • Masukkan bibit ke dalam media tanam, dan lakukan penyiraman dengan siklus teratur.

  • Tapi, pastikan bibit tidak mendapat sinar matahari yang berlebihan di dalam 2 ahad pertama.

  • Pastikan juga media tanam tidak terlalu lembab, atau akar tumbuhan yang mulai tumbuh akan membusuk dan mengakibatkan kegagalan.

  • Letakkan ditempat yang terlindungi dari sinar matahari eksklusif dan hujan.


7. Pemeliharaan dan Penanaman


Hal berikutnya yang ahrus dilakukana dalah memelihara bibit biar sanggup berkembang dengan baik. Setelah akar tumbuh dengan kuat, anda sanggup memindahkan bibit ke daerah yang lebih besar nantinya. hal yang perlu diperhatikan yakni kebutuhan nutrisi, air dan sinar matahari.


Jika tumbuhan sudah bertunas dan umurnya sudah lebih dari 2 minggu, maka anda sanggup memindahkannya pada wadah yang lebih besar. Inilah info terkait cara stek tumbuhan hias gantung yang sanggup kami rangkum kali ini. Semoga bermanfaat.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Stek Flora Gantung Dan Perawatannya"

Posting Komentar