Cara Menghilangkan Hama Flora Yang Berwarna Putih Dengan Cepat Dan Efektif

Segala jenis tanaman, baik memang tumbuhan hias ataupun bukan tumbuhan hias, sanggup menjadi tambahan lingkungan yang memperlihatkan pemandangan indah. Terutama jikalau Anda sudah memulai mengikuti tips memulai budidaya tumbuhan hias.


Namun, akan sangat menjengkelkan apabila tumbuhan yang indah terkena hama tumbuhan yang berwarna putih. Selain akan mengganggu pertumbuhan tanaman, hama yang berwarna putih ini merusak keindahan daun tumbuhan dan pemandangan secara keseluruhan. Untuk hama merah pada padi, lakukan cara membasmi hama merah pada padi.


Hama tumbuhan yang berwarna putih ini merupakan kutu putih atau dikenal juga dengan nama white fly, atau kutu kebul. Kutu putih ini akan sangat merugikan bagi tumbuhan alasannya yakni sanggup menghisap sari makanan dari tanaman.


Kutu putih ini juga akan mengganggu penampilan tanaman. Kutu putih yang melekat pada daun juga sanggup memicu pertumbuhan jamur dan berbagi virus-virus ke tanaman. Tentu hal ini sangat menyebalkan dan harus dibasmi.


Jika Anda menemukan hama tumbuhan berwarna putih, segera lakukan pembasmian biar tumbuhan sanggup tumbuh dengan baik. Berikut yakni cara-cara yang sanggup Anda ikuti untuk menghilangkan hama tumbuhan yang berwarna putih:


1. Memelihara pemangsa alami hama kutu putih


Salah satu cara yang paling gampang dan efektif yaitu memelihara pemangsa alami hama kutu putih. Pemangsa alami kutu putih akan memangsa kutu putih yang ada pada tumbuhan tanpa ikut merusak tanaman.


Hewan-hewan yang merupakan pemangsa alami kutu putih diantaranya lacewing, minute pirate bug (hewan semacam kumbang bunga), beberapa jenis kepik dan laba-laba. Hewan-hewan ini sanggup Anda dapatkan dari toko peralatan kebun.


Anda juga sanggup membeli bibit benalu kutu putih dan disebarkan di tanaman. Bibit ini berjulukan Encarsia formosa yang merpuakan tawon benalu yang sanggup menggerogoti badan kutu putih.


2. Menggunakan perangkap khusus hama kutu putih


Cara berikutnya yaitu Anda sanggup membeli alat perangkap untuk hama kutu putih. Biasanya alat ini berupa belahan karton berwarna cerah dengan satu sisi lengket yang dipasang di tanaman.


Anda juga sanggup mencoba menciptakan sendiri alat ini. Perangkap ini akan beda dengan cara menciptakan perangkap lalat buah dari botol bekas. Namun, perangkap ini hanya sanggup dipakai untuk menjebak kutu putih dewasa. Anda sanggup gabungkan metode ini dengan metode lainnya untuk hasil yang lebih efektif.


3. Mencabut daun yang mengandung banyak kutu putih


Untuk mencegah hama kutu putih menyebar ke daun atau ke tumbuhan lainnya, Anda harus mencabut daun yang mengandung banyak kutu putih. Biasanya, di bab bawah daun akan terlihat banyak telur berwarna putih atau kutu muda.


Daun yang sudah sangat rusak biasanya penuh dengan zat lengket atau berubah warna menjadi kuning. Jauhkan juga tumbuhan sehat dari sekitar tumbuhan yang terserang kutu putih.






 


4. Menggunakan alat semprotan atau penyedot debu


Jika kutu cukup umur sanggup ditangkap dengan perangkap, kutu putih yang masih muda sanggup Anda basmi memakai semprotan atau selang taman.


Kutu putih cukup umur sanggup juga Anda basmi memakai penyedot debu kecil biar mereka tertarik dari tanaman. Karena gerakan kutu putih cukup lambat pada pagi hari atau ketika cuaca sejuk, lakukan metode ini. Masukkan kutu ke dalam kantong kedap udara kemudian bekukan selama 24 jam. Setelah terbunuh, buang bangkai kutu putih ini.


5. Menggunakan pelapis tanah reflektif


Untuk mencegah hama kutu putih pada tanaman, Anda sanggup juga memakai pelapis tanah reflektif untuk menutupi tanaman. Anda sanggup juga memakai lembaran kertas alumunium.


Namun, metode ini membutuhkan pertimbangan lain terkait sistem penyiraman tumbuhan dan jangan dipakai ketika cuaca sedang terlalu panas. Perhatikan cara mengolah tanah tandus biar menjadi subur.


Demikian klarifikasi mengenai cara menghilangkan hama tumbuhan yang berwarna putih. Cara ini sesuai dengan cara gampang membasmi hama kutu putih pada tanaman. Semoga bermanfaat.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menghilangkan Hama Flora Yang Berwarna Putih Dengan Cepat Dan Efektif"

Posting Komentar