Cara Menciptakan Semoga Benda Sanggup Bermuatan Listrik

Seorang anak yang tanpa sengaja mengosok-gosokan sebuah penggaris yang gres dibelinya ke kulitnya. Setelah didekatkan dengan rambut temannya, ternyata ujung rambut temannya bangun dan mendekati penggaris. Anak itu pun terheran-heran dan berpikir kenapa ujung rambut temannya bangun dan mendekati sesudah didekatkan dengan sebuah penggaris. Jika Anda mempelajari konsep listrik statis maka Anda sudah sanggup menjawab permasalahan tersebut, sebab pada penggaris tersebut sudah mempunyai muatan listrik.

Tidak semua benda sanggup dijadikan bermuatan. Berikut benda-benda yang sanggup dijadikan bermuatan dan cara membuatnya sehingga menjadi bermuatan.

Kaca dengan Kain Sutra
Jika kita menggosok-gosokan beling dengan kain sutra maka elektron-elektron yang ada pada beling akan berpindah menuju kain sutra, sehingga beling menjadi kekurangan elektron dan karenanya beling akan bermuataan positif. Sementara itu, kain sutra akan menerima pelengkap elektron sehingga menjadi kelebihan elektron dan karenanya kain sutra akan menjadi bermuatan negatif.

Mistar/Penggaris dengan Rambut
Jika sebuah mistar atau penggaris kita gosok-gosokan pada rambut kering maka elektron-elektron pada rambut akan berpindah ke mistar sehingga mistar akan kelebihan elektron dan karenanya mistar akan akan bermuatan negatif, sedangkan rambut akan kehilangan elektron sebab sudah berpindah ke mistar karenanya rambut akan kekurangan elektron dan menjadi bermuatan positif.

Sisir dengan Rambut
Kasus ini hampir sama ibarat pada penggaris dengan rambut. Jika kita menyisir rambut maka elektron-elektron yang ada pada rambut akan berpindah ke sisir karenanya sisir akan kelebihan elektron dan bermuatan negatif, sedangkan rambut akan kehilangan elektron sebab sudah berpindah ke sisir karenanya rambut akan kekurangan elektron dan menjadi bermuatan positif.

Balon dengan Kain Wol
Sebuah balon jikalau kita gosokan dengan kain wol maka balon tersebut akan bermuatan negatif dan kain wol akan bermuatan positif sebab elektron yang ada pada kain wol akan berpindah ke balon sehingga balon akan kelebihan elektron dan sebaliknya kain wol akan kekurangan elektron.

Ebonit dengan Kain Wol
Ebonit itu sebangsa karet vulkanisir yang teksturnya keras dan dibentuk dari karet yang dicampur dengan welirang atau sulfur, banyak digunakan diperalatan listrik sebagai isolator atau materi penyekat. Jika kayu hitam ini digosokan dengan kain wol maka kayu hitam akan bermuatan negatif dan kain wol akan bermuatan positif sebab elektron yang ada di kain wol akan berpindah ke kayu hitam sehingga kain wol kelebihan elektron dan kayu hitam kekurangan elektron.
 
Seorang anak yang tanpa sengaja mengosok Cara Membuat Agar Benda Dapat Bermuatan Listrik
Ebonit
Sumber gambar: www.kaskus.co.id


Jika bahan-bahan di atas dibuatkan tabel maka akan tampak seprti tabel berikut di bawah ini.

Bahan
Hasil
Kaca – Sutra
Kaca (+), Sutra (–)
Mistar – Rambut
Mistar (–), Rambut (+)
Sisir – Rambut
Sisir (–), Rambut (+)
Balon –Wol
Balon (–), Wol (+)
Ebonit –Wol
Ebonit (–), Wol (+)

Demikian postingan Mafia Online wacana benda yang sanggup bermuatan listrik dan cara menciptakan biar benda bermuatan listrik. Postingan berikutnya silahkan baca "cara mengetahui suatu benda bermuatan atau tidak". Mohon maaf jikalau ada kata yang salah dalam postingan ini. Salam Mafia => Kita niscaya bisa.

Sumber http://mafia.mafiaol.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menciptakan Semoga Benda Sanggup Bermuatan Listrik"

Posting Komentar