Cara Menanam Pokok Ulam Raja Dan Perawatannya

Tanaman pokok ulam raja disebut juga dengan nama kenikir. Kenikir merupakan anggota dari Asteraceae atau kenikir-kenikiran. Tanaman ini merupakan flora tropis yang berasal dari tempat Amerika Latin dan Amerika Tengah.


Selain itu, flora ini juga sanggup tumbuh dan gampang didapati di tempat Asia Tenggara dan Asia Selatan, termasuk di Indonesia. Pada sekitar era ke-16, flora ini dibawa oleh penjelajah Spanyol ke tempat Asia Tenggara.


Di Indonesia, flora yang mempunyai bunga berwarna ungu ini cukup terkenal untuk dijadikan sayuran lalap. Manfaat alami kenikir kuning juga sangat banyak. Sayuran ini sanggup dengan gampang ditemukan di pasar tradisional. Bahkan, di Malaysia, daun muda dari flora ini sanggup dimakan secara mentah bersama nasi dan adonan bumbu. Di Malaysia, flora ini disebut dengan nama ulam raja yang mempunyai arti salad raja.


Tanaman pokok ulam raja ini mempunyai bunga kenikir yang banyak tumbuh di ujung batang dan ketiak daun teratas. Bunganya berwarna merah keunguan dengan bintik-bintik kuning di tengah bunga.


Mengkonsumsi daun ulam raja kabarnya sanggup menjadi penyedap makanan dan meningkatkan nafsu makan. Selain itu, menanam ulam raja juga sanggup mengusir serangga sehingga sanggup melindungi flora lain di sekitarnya.


Dengan banyak sekali manfaat yang ada, banyak orang yang tertarik untuk menanam pokok ulam raja. Berikut yaitu cara menanam pokok ulam raja yang sanggup Anda ikuti:


Cara Menanam Pokok Ulam Raja


Berikut yaitu cara menanam pokok ulam raja atau kenikir dengan mudah. Cara menanam kenikir dengan stek juga sanggup diterapkan:



  • Siapkan media tanam yang diperlukan, yaitu adonan tanah dan pupuk kompos. Campuran ini sanggup dibentuk dengan perbandingan tanah dan kompos sebanyak 1:1.

    Wadah yang dipakai sanggup berupa wadah kecil ibarat pot kecil atau polybag. Sesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaannya. Jika tidak ada pupuk, simak cara menciptakan pupuk kompos dari sampah, cara menciptakan pupuk kompos dari sampah rumah tangga, atau pun cara menciptakan pupuk kompos dari serbuk gergaji.

  • Siapkan bibit pokok ulam raja yang akan digunakan. Bibit ini sanggup pribadi didapatkan dengan cara membeli dari toko. Atau Anda juga sanggup mengambil sendiri bibitnya dari flora pokok ulam raja yang sudah tua.

    Ambil bunga dari flora yang sudah cukup tua, kemudian digosok memakai tangan biar bijinya lepas dari kulitnya. Taruh biji ini dalam wadah, kemudian dijemur selama kurang lebih dua hari biar menjadi kering.

  • Campurkan media tanam dengan merata kemudian masukkan ke dalam wadah pot atau polybag. Siram tanah dengan air sampai basahnya merata.

  • Rendam bibit kenikir yang telah dikeringkan selama 2 sampai 3 jam. Lalu, sebar bibit di media tanam atau di atas tanah tanpa perlu ditutup bab atasnya oleh tanah.





     

  • Penyiraman pertama sebaiknya dilakukan sekitar 3 hari sehabis bibit ditanam biar bijinya tidak terbawa oleh pemikiran air yang terlalu deras. Setelah itu, penyiraman sanggup dilakukan setiap 3 atau 4 hari sekali.

  • Rawatlah flora pokok ulam raja setiap hari dengan penyiraman, sinar matahari, dan pemupukan yang cukup. Jika flora telah tumbuh, flora sanggup dipindahkan ke media tanam lain yang lebih besar.


Tips Menanam Pokok Ulam Raja


Berikut yaitu tips yang sanggup diterapkan ketika menanam pokok ulam raja:



  • Penyiraman flora tidak perlu dilakukan terlalu sering, sanggup tiga hari sekali.

  • Tanaman yang sudah tumbuh cukup besar atau terlalu rapat sanggup dipindahkan ke tempat lain

  • Pemupukan memakai pupuk organik atau pupuk kompos sanggup dilakukan sebulan dua atau tiga kali

  • Bersihkan media tanam dari flora lain atau hama yang sanggup mengganggu

  • Panen daun pokok ulam raja sanggup dilakukan sehabis flora cukup rimbun atau telah berusia lebih dari satu bulan



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menanam Pokok Ulam Raja Dan Perawatannya"

Posting Komentar