Cara Export Data Tekstual Dari Excel Ke Tengah Bidang Pada Peta Autocad Map

Artikel dan video ini menawarkan Cara Export Data Tekstual Dari Excel Ke Tengah Bidang Pada Peta AutoCAD Map secara otomatis.


Sebelum ke caranya, silahkan lihat dulu gambar di bawah ini. Sebelah kiri ialah gambar bidang di AutoCAD Map dan yang sebelah kanan ialah data tekstual di Excel.


Artikel dan video ini menawarkan Cara Export Data Tekstual Dari Excel Ke Tengah Bidang Pa Cara Export Data Tekstual Dari Excel Ke Tengah Bidang Pada Peta AutoCAD Map


Yang akan saya lakukan ialah setiap baris data di Excel akan dimasukkan ke masing-masing persil di Peta AutoCAD Map. Dan caranya bukan dengan diketik satu-satu. Kita akan melakukannya dengan otomatis. Nanti karenanya akan terlihat menyerupai di gambar paling bawah artikel ini.


Pada tutorial sebelumnya di Cara Export Data Peta AutoCAD Map Ke Excel, saya menawarkan cari export data nomor hak, nama pemilik, NIB, luas, dan SU dari peta AutoCAD Map ke Excel. Nah untuk yang ini sebaliknya. Dari Excel ke AutoCAD Map. Makara nanti darimanapun keperluannya dapat dilakukan.


Untuk caranya, silahkan eksklusif ikuti tahapan-tahapan sebagai berikut.


Cara Export Dari Excel Ke Tengah Bidang Peta AutoCAD Map



  1. Buka data tekstual yang akan diexport memakai MS.Excel. Kemudian blok semua data yang akan diexport > klik kanan, pilih Name a Range.



  1. Pada kotak obrolan New Name, Name isi dengan nama (bebas). Kemudian klik OK.



  1. Save As file excel ke type Excel 97-2003 Workbook (*.xls)



  1. Buka AutoCAD Map. Kemudian buka peta yang masing-masing tengah bidangnya akan diisi data dari Excel.



  1. Lakukan topology type poligon. Caranya klik sajian Map > Topology > Create.



  1. Pada kotak obrolan Create Topology. Topology type pilih Polygon. Topology name dapat diisi bebas. Kemudian klik Next. Pada bab layers pilih layer bidang atau persil yang akan ditopology. Kemudian klik Finish.



  1. Klik sajian Map > Database > Data Sources > Attach.



  1. Pada kotak obrolan Attach Data Source, cari file excel yang sudah disimpan pada langkah sebelumnya. Kalau sudah ketemu, diklik file-nya kemudian klik tombol Attach.



  1. Kalau muncul kotak obrolan Select Database Version, pilih atau klik Excel 97. Kemudian klik OK.



  1. Klik tab Map Explorer pada Task Pane. Kemudian klik kanan Link Templates > Define Link Template.



  1. Pada kotak obrolan Define Link Template, pastikan Data Source yang terpilih ialah file excel yang sudah di Attach pada langkah sebelumnya dan Table Name ialah Name a Range yang sudah dibentuk pada tahap sebelumnya. Pada bab Link Template dapat diisi dengan nama apa saja. Untuk bab Key Selection diceklis nomor bidang atau data yang akan menjadi penghubung antara data tekstual dengan data spasial-nya. Kalau sudah klik OK.



  1. Kalau berhasil, di bawah Link Template akan ada nama Link nya. Langkah selanjutnya klik kanan nama link ini kemudian pilih Generate Links.



  1. Pada kotak obrolan Generate Data Links, Linkage Type pilih opsi Text. Data Links pilih opsi Create Database Links. Link Template pilih nama link yang sudah dibentuk pada tahap sebelumnya. Untuk bab Database Validation pilih opsi Create if New. Kemudian klik OK.



  1. Pada command bila muncul permintaan, pilih atau ketikkan All kemudian enter.



  1. Masih pada tab Map Explorer Task Pane. Cari nama topology di bawah Topologies. Kemudian klik kanan nama topology > Analysis > Topology Query.



  1. Pada kotak obrolan Toplogy Query, klik Define Query > klik Location > pilih All kemudian OK > Query Mode pilih Opsi Draw > klik tombol Alter Properties > klik tombol Text.



  1. Pada kotak obrolan Define Text, klik Expression > Link Templates > Nama link yang sudah dibentuk pada tahap sebelumnya > klik nama kolom yang akan ditampilkan di tengah bidang. Kemudian klik OK. Untuk tinggi text dan yang lainnya silahkan diatur sesuai keperluan. Kalau sudah klik OK.



  1. Ulangi langkah ke-17 untuk menampilkan kolom-kolom yang lainnya yang ingin ditampilkan di tengah bidang.



  1. Kalau pada kotak obrolan Set Property Alterations sudah dimasukkan semua teks yang akan ditampilkan, maka dapat diklik OK. Kemudian pada kotak obrolan Define Query klik Execute Query. Sebagai citra karenanya akan terlihat menyerupai gambar di bawah ini.


Artikel dan video ini menawarkan Cara Export Data Tekstual Dari Excel Ke Tengah Bidang Pa Cara Export Data Tekstual Dari Excel Ke Tengah Bidang Pada Peta AutoCAD Map


Untuk menambah rujukan yang masih berkaitan dengan tutorial ini, silahkan pelajari Cara Menghitung Luas Banyak Bidang dan Cara Menampilkan Teks NOP PBB Di Peta Secara Otomatis (Video + Artikel).


Demikian tutorial mengenai Cara Export Dari Excel ke AutoCAD Map yang dapat saya bagikan kali ini. Kalau ada yang ingin ditanyakan atau didiskusikan, eksklusif saja melalui bab komentar di bawah. Silahkan dicoba dan agar bermanfaat.




Sumber https://www.asifah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Export Data Tekstual Dari Excel Ke Tengah Bidang Pada Peta Autocad Map"

Posting Komentar