Bidang-Bidang Dalam Akuntansi

Akuntansi ialah salah satu profesi yang selalu dibutuhkan oleh perusahaan. Tanpa adanya akuntan, sistem pencatatan dan pelaporan perusahaan tidak bisa berjalan dengan baik. Profesi akuntansi sendiri terdiri dari banyak bidang. Berikut ialah macam-macam pengklasifikasian bidang akuntansi:

1. Akuntansi Keuangan

Akuntansi keuangan berfokus pada akuntansi proses pencatatan, sampai penyajian dalam bentuk laporan keuangan. Akuntansi keuangan bermanfaat bagi pihak eksternal perusahaan, menyerupai perbankan, pemerintah, pemegang saham, dan pihak berkepentingan lainnya. Dalam pencatatan transaksi keuangan perusahaan, seorang akuntan harus mengacu pada standar akuntansi keuangan yang berlaku.

2. Auditing

Auditing merupakan bidang akuntansi yang fokus pada investigasi catatan2 akuntansi secara independen. Seorang auditor akan mengusut apakah pencatatan transaksi telah sesuai dengan prinsip2 atau standar akuntansi keuangan yang berlaku. Auditor juga mengusut apakah setiap transaksi didukung oleh bukti2 yang ada.

3. Akuntansi Biaya

Akuntansi biaya atau disebut juga dengan costing berafiliasi dengan perencanaan, penetapan, dan pengendalian biaya produksi. Sasaran utama akuntansi biaya ialah biaya produksi. Oleh alasannya ialah itu, akuntansi biaya lazim dipakai perusahaan yang acara utamanya memproduksi materi mentah menjadi barang jadi (manufaktur). 

4. Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen merupakan bidang akuntansi yang mengkhususkan pengembangan dan penafsiran isu akuntansi untuk membantu manajemen menjalankan perusahaan. Singkatnya, akuntansi manajemen berafiliasi dengan banyak sekali duduk perkara khusus yang dihadapi manajemen, dan termasuk terlibat dalam penyusunan planning belanja (anggaran) pada masa mendatang.  

5. Akuntansi Penganggaran

Penganggaran berafiliasi dengan penyusunan planning pengeluaran perusahaan dan membandingkannya dengan pengeluaran aktual. Akuntansi penganggaran sebetulnya juga merupakan bab dari akuntansi manajemen.

6. Akuntansi Perpajakan

Aluntansi perpajakan berkaitan dengan pekerjaan penyiapan yang diharapkan untuk penghitungan pajak. Tujuan akuntansi perpajakan biar pajak yang dibayarkan perusahaan sesuai dengan peraturan pemerintah. 

7. Sistem Akuntansi

Sistem akuntansi merupakan bidang yang mengkhususkan perencanaan dan pelaksanaan mekanisme pengumpulan  serta pelaporan data keuangan. Akuntansi di bidang ini harus bisa membuat sistem yang sanggup mempermudah pengendalian internal dan membuat arus laporan yang sempurna untuk kepentingan manajemen. 

8. Akuntansi Pemerintahan

Akuntansi pemerintahan mengkhususkan pada penyajian laporan transaksi yang dilakukan pemerintah. Akuntansi ini melaporakan dan menjelaskan melalui data akuntansi, banyak sekali aspek pengelolaan manajemen keuangan negara dan melaksanakan pengendalian atas pengeluaran uang negara. 

9. Akuntansi Pendidikan

Akuntansi pendidikan berafiliasi dengan acara pengajaran dan pengembangan pendidikan akuntansi, baik di tingkat sekolah menengah, kejuruan sampai universitas. 

Sumber http://bahasekonomi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Bidang-Bidang Dalam Akuntansi"

Posting Komentar