Belajar Memilih Apa Yang Dimaksud Gerak, Jarak Dan Perpindahan Dalam Fisika

Pagi sahabat bangkusekolah.com bertemu lagi dengan kami, pada pertemuan pagi ini kita akan membahas 3 sub bahasan pokok yaitu Gerak, Jarak dan Perpindahan. Wah banyak ya sahabat tapi kita “tidak perlu kawatir ini kentut bukan petir” hehe… sedikit kita gurau semoga tidak terlalu tegang dengan materi yang akan kita pelajari. Ok kita pribadi saja kebahasan yang akan kita bahas bersama semoga tidak menciptakan kita penasaran.


Belajar Menentukan Apa Yang Dimaksud Gerak, Jarak dan Perpindahan Dalam Fisika


Sobat niscaya memerhatikan benda-benda yang di sekitarnya! Ada yang membisu dan ada yang bergerak, batu-batu yang ada di pinggir jalan itu membisu terhadap jalan kecuali bila kita tendang dengan kaki maka benda tersebut akan bergerak, rumah-rumah di sekitar kita itu membisu terhadap pohon-pohon di sekelilingnya, seseorang yang berlari pada pagi hari di taman dikatakan orang tersebut bergerak terhadap jalan, batu-batu, rumah-rumah, meskipun pohon-pohon yang dilewati dan masih banyak lagi yang ada di sekeliling kita . Kaprikornus apakah yang dimaksud gerak itu? pada pertemuan pagi ini kita akan membahas  Belajar Menentukan Apa Yang Dimaksud Gerak, Jarak dan Perpindahan Dalam FisikaSuatu benda sanggup dikatakan bergerak bila benda tersebut mengalami perubahan kedudukan terhadap suatu titik tertentu sebagai sebuah acuan. Jadi, gerak merupakan perubahan posisi atau kedudukan terhadap titik contoh tertentu. Gerak juga sanggup dikatakan sebagai suatu perubahan kedudukan benda dalam selang waktu tertentu. Berbeda halnya dengan insiden sebagai berikut: orang berlari di mesin lari fitnes (mesin kebugaran), anak yang bermain komputer dan lain sebagainya. Apakah mereka mengalami suatu perubahan posisi atau kedudukan pada selang waktu tertentu?


Dari Kegiatan tersebut tidak mengalami suatu perubahan posisi atau kedudukan alasannya yakni yang acuannya diam. Penempatan contoh dalam peninjauan suatu gerak yakni hal yang sangat penting, mengingat gerak dan membisu itu mempunyai pengertian yang relatif. Sebagai contoh, seorang duduk di dalam kereta api yang sedang bergerak, juga sanggup kita katakan bahwa orang tersebut membisu terhadap kursi yang diduduki dan juga terhadap kereta api tersebut, namun orang tersebut bergerak relatif terhadap stasiun maupun terhadap pohon-pohon yang dilewatinya.


Nah bagaimana sahabat paham mengenai pengertian gerak? Kita pribadi ke sub bahasan selanjutnya jarak dan perpindahan. Coba perhatikan yang ada di bawah ini.


Burung berasal benua Australia bermigrasi mencari makan dari tempat Asia Utara  menuju tempat Asia Tenggara. Tetapi burung itu tidak lagi singgah di tempat tersebut dikarenakan kerusakan lingkungan. Mereka yang merupakan burung penyukai pantai yang lembap ini hanya singgah di tempat yang terjaga kelestariannya. Coba sahabat bayangkan berapa jaraknya burung tersebut berpindah dari Asia Utara Asia Tenggara?


Burung ini dari benua Australia dan Asia Daratan bermigrasi mencari makan dari tempat Asia Utara  menuju tempat Asia Tenggara. pada pertemuan pagi ini kita akan membahas  Belajar Menentukan Apa Yang Dimaksud Gerak, Jarak dan Perpindahan Dalam Fisika


Jarak dan perpindahan mempunyai pengertian yang berbeda. Misalkan Amin berjalan ke ketimur sejauh 4 km dari tokonya, kemudian 2 km ke utara. Berarti Amin sudah berjalan menempuh jarak 6 km dari tokonya, sedangkan perpindahannya sejauh 2 km


  pada pertemuan pagi ini kita akan membahas  Belajar Menentukan Apa Yang Dimaksud Gerak, Jarak dan Perpindahan Dalam Fisika


Berbeda halnya dengan contoh berikut. Seorang siswa berjalan mengelilingi sekolah satu kali putaran. Berarti ia menempuh jarak sama dengan keliling sekolah, tetapi tidak menempuh perpindahan dikarena ia kembali ke titik semula sebelumnya berada. pada pertemuan pagi ini kita akan membahas  Belajar Menentukan Apa Yang Dimaksud Gerak, Jarak dan Perpindahan Dalam Fisika


Contoh lain, ada seorang berlari bergerak ke utara sejauh 3 km, kemudian berbelok ke timur sejauh 4 km, kemudian berhenti. Berapa jarak yang ditempuh seseorang yang berlari tersebut dan berapa perpindahannya? pada pertemuan pagi ini kita akan membahas  Belajar Menentukan Apa Yang Dimaksud Gerak, Jarak dan Perpindahan Dalam Fisika


Jarak yang ditempuh seseorang yang berlari tersebut berarti seluruh lintasan yang ditempuh yaitu 3 km + 4 km = 7 km, sedangkan perpindahannya sepanjang garis yang putus-putus pada Gambar yang ada di atas, yaitu dengan memakai hukum Pytagoras maka diperoleh sebesar 5 km.


Demikianlah jadi, jarak kita sanggup definisikan sebagai panjang seluruh lintasan yang ditempuh. Sedangkan, perpindahan yakni jarak dan arah dari kedudukan awal ke kedudukan tamat atau selisih kedudukan tamat dengan kedudukan awal. Terus perbedaannya Jarak merupakan besaran skalar, sedangkan perpindahan merupakan besaran vektor.


Bagaimana sahabat paham tidak materinya? Gampang kan? Bagi yang belum paham sanggup pelajari materi ini. Dan jangan gampang mengalah dalam menuntut ilmu.


Cukup hingga disini dulu ya sahabat bangkusekolah.com kita sudah cukup banyak bahasan yang dibahas. Terima kasih sudah mampir lewat atau mampir mencari ilmu disini. Ok sukses buat sobat.




Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Belajar Memilih Apa Yang Dimaksud Gerak, Jarak Dan Perpindahan Dalam Fisika"

Posting Komentar