Apa Itu Android Tv Box Dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Apa itu Android TV Box dan Bagaimana Cara Kerjanya? – Bila mendengar kata ‘Android’, kebanyakan orang niscaya merujuk pada sebuah operating system yang ada pada perangkat mobile.


Namun, Android sebagai sebuah OS pun kini merambat ke bidang streaming, khususnya streaming di TV.


Dalam artikel kali ini, kita membahas perihal apa itu Android TV Box, cara kerja Android TV Box itu sendiri beserta 3 rekomendasinya yang bisa Anda dapatkan kini juga.




Apa itu Android TV Box?


Android TV Box atau yang dikenal pula dengan istilah Android streaming box ialah sebuah perangkat berbentuk kotak yang ditenagai oleh OS Android dan secara umum dipakai sebagai platform streaming di TV dari platform streaming online menyerupai Netflix, Hulu dan sebagainya.


Selain untuk keperluan streaming, Android TV Box ternyata banyak juga dipakai sebagai home server software yang ditenagai oleh Plex, bermain game-game Android di TV, memakai ROM melalui emulator, dan keperluan streaming lainnya.


Dengan memakai Android TV Box, nantinya TV Anda bisa berfungsi selayaknya Smart TV built-in Android. Hanya saja, memakai Android TV Box berbiaya jauh lebih murah dibandingkan membeli Smart TV built-in Android.




Bagaimana Cara Kerja Android TV Box?


Nah, yang pasti, Anda harus menghubungkan TV Anda dengan Android TV Box, sama menyerupai menghubungkannya dengan DVD player.


Android TV Box hanya perlu dihubungkan ke TV Anda dan kemudian dihubungkan ke internet melalui Ethernet berkabel atau koneksi WiFi. Bila rumah Anda sudah mempunyai WiFi maka proses pengaturan akan lebih cepat dan mudah.


Setelah Android TV Box dan internet terhubung, Anda bisa memasang banyak sekali aplikasi Android. Contohnya aplikasi Youtube yang nantinya bisa Anda gunakan untuk memutar video dari Youtube pribadi di TV Anda.


Karena Android merupakan sebuah OS yang open-source dan gratis, pabrikan pembuat perangkat yang ditenagai OS ini bisa menciptakan perangkat dengan harga yang jauh lebih murah di pasaran.


Untuk itulah Android TV Box bisa didapatkan di harga kurang dari Rp1 juta dan bisa Anda dapatkan sekarang.




Apa Saja yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Android TV Box?


Berikut beberapa pertimbangannya:


1. Kesesuaian Aplikasi


Kesesuaian aplikasi ialah kunci utama dari perangkat Android ini. TV Anda harusnya bisa menjalankan banyak sekali aplikasi yang dipasang memakai Android TV Box tertentu dan sanggup berjalan dengan lancar/minim crash.


Aplikasi streaming punya kompatibilitas yang berbeda-beda, begitu juga dengan game. Maka dari itu, carilah perangkat TV Box yang bisa menjalankan banyak sekali aplikasi atau game dengan baik dan lancar.


2. Pemasangan


Dari segi pemasangan dan pengaturan awal, Android TV Box juga punya tingkatan yang berbeda-beda.


Pertimbangkan seberapa besar upaya dan tenaga yang ingin Anda keluarkan untuk memasangnya ke TV Anda, begitu juga untuk mengurus pengaturan lainnya semoga bisa berjalan semestinya.


Pengaturan lain menyerupai kualitas gambar pada dikala streaming (HD, 4K hingga 8K), kualitas suara, kecepatan pergerakan frame pada grafis, dan sebagainya bisa diatur secara manual.


Nah, siapkah Anda mengaturnya sendiri? Ini terang harus dipertimbangkan baik-baik alasannya ialah masing-masing Android TV Box punya pengaturan bawaan yang berbeda-beda.


3. Prosesor


Prosesor merupakan elemen penting bagi sebuah perangkat, apapun jenisnya, begitu pula dengan TV Box.


Ada prosesor yang besar lengan berkuasa tetapi boros energi dan sebaliknya, ada juga yang lebih irit energi tapi performanya cenderung lemah.


Pelajari lebih lanjut mengenai prosesor ARM big.LITTLE, DynamIQ dan Tegra X1. Ketiganya punya spesifikasi yang berbeda-beda. Tegra X1 umum dipakai oleh Nvidia Shield TV dan Nintendo Switch.


Sementara, DynamIQ memungkinkan konfigurasi big.LITTLE memakai sebanyak delapan core CPU pada satu cluster komputasi.


Tapi, yang terang ialah semakin besar lengan berkuasa sebuah prosesor, semakin bisa ia untuk menjalankan video streaming dengan kualitas gambar yang lebih besar dan bisa menjalankan banyak sekali jenis game Android.




Apa Saja Rekomendasi Android TV Box Terbaik?


Nah, kalau Anda sudah mulai memahami banyak sekali seluk-beluk mengenai Android TV Box, dan kalau Anda sudah tertarik membelinya, berikut 3 rekomendasi Android TV Box terbaik dari saya:


1. X96 Mini Full Load Kodi


Android TV Box yang satu ini ditenagai oleh OS Android versi 7.1 Nougat dan sudah termasuk dengan Kodi.


Perangkat ini mempunyai kapasitas RAM sebesar 2GB dan di dalamnya sudah terpasang banyak sekali aplikasi, khususnya streaming untuk menonton jalan masuk TV internasional maupun lokal. Harganya berada di bawah Rp500.000.


2. Xiaomi Mi BOX 3 Smart 4K Ultra HD


Perangkat yang satu ini diusung oleh merk populer asal Tiongkok, Xiaomi, dengan OS versi 6.0 Marshmallow.


TV Box versi internasional ini sudah mendukung resolusi 4K dengan prosesor yang sangat kuat. Harganya berada di kisaran Rp1 juta ke bawah, jadi jangan ragu untuk membelinya.


3. TANIX TX3 MINI TV Box


Ukurannya yang lebih kecil dan ringan menjadi salah satu kelebihannya. Berkapasitas RAM 2GB, TANIX TX3 dibanderol seharga Rp479.000 dan ditenagai oleh Amlogic S905W quad-core CPU. Kompatibel untuk banyak sekali keperluan layaknya sebuah perangkat Android pada umumnya.




Penutup


Nah, itulah definisi Android TV Box, cara kerjanya beserta pertimbangan sebelum membeli dan 3 rekomendasi yang bisa dijadikan teladan sebelum membelinya.


Bagaimana berdasarkan Anda? Apakah hingga tahap ini Anda sudah sangat tertarik untuk membelinya?


Berbagai pilihan Android TV Box lainnya bisa Anda lihat dan beli di Shopee dengan harga yang sangat terjangkau dan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi.


Semoga bermanfaat!



Sumber https://www.seniberpikir.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Apa Itu Android Tv Box Dan Bagaimana Cara Kerjanya?"

Posting Komentar