7 Fakta Menarik Mengenai Indra Penciuman Anjing

Indra penciuman anjing dipelajari oleh para ilmuwan semenjak puluhan tahun silam. Salah satunya yang ditemui kira-kira menyerupai ini; “Bau insan itu luar biasa indah buat anjing dan anjing peliharaan menyayangi tuannya dengan alasan menyerupai itu”.


Sebelum mulai diteliti secara intensif, orang-orang sejah ribuan tahun silam sudah mengetahui bahwa indera penciuman anjing sangat unik dibandingkan indra penciuman kita. Tetapi ilmu pengetahuan baru-baru ini mempelajari berbatai jenis dan informasi menarik mengenai penciuman anjing. Berikut ini yaitu tujuh temuan yang sangat menakjubkan mengenai indra penciuman anjing.


1. Indera Penciuman Anjing Jauh Lebih Kuat Dibandingkan Indra Penciuman Manusia


Indra penciuman anjing dipelajari oleh para ilmuwan semenjak puluhan tahun silam 7 Fakta Menarik Mengenai Indra Penciuman AnjingJika berbicara mengenai kemampuan penciuman anjing, binatang ini bisa dijadikan perpanjangan mata manusia. Karena, jikalau kita mendeteksi atau mengenal sesuatu memakai mata, anjing malah jauh lebih bisa untuk mengenali atau mendeteksi sesuatu memakai hidungnya. kembali lagi ke perhal indra penciuman, kemampuan hidung anjing jauh lebih jago dibandingkan punya manusia.


Ada begitu banyak jenis anjing yang susah untuk dihitung jumlahnya. Secara keseluruhan, semua anjing mempunyai kemampuan penciuman yang sangat baik. Tapi ada beberapa jenis anjing yang mempunyai kemampuan indra penciuman terbaik dibandingkan jenis lain. Bahkan pada beberapa spesies, kemampuan indra yang satu ini bisa mencapai sampai 1.000.000 kali lebih baik dibandingkan kemampuan penciuman manusia. berdasarkan ilmuwan, anjing sanggup mendeteksi amis penggalan benda yang ukurannya sepersetriliun kali lebih kecil dari ukuran utuhnya. Itu sebabnya kenapa anjing bisa mendeteksi jejak orang yang sudah lewat cukup lama.


Seorang psikolog dan sekaligus penulis buku wacana anjing yang berjulukan Stanley Coren memperlihatkan perumpamaan menyerupai apa sensitivitas indra penciuman anjing pelacak. Katakanlah kau sedang olah raga ringan di ruangan berukuran rumah biasa dan berkeringat. Pada keringat tersebut, terdapat unsur asam butirat dengan bobot hanya satu gram. Rata-rata orang lain masih cukup bisa mencium aroma asam butirat tersebut walaupun masih berada di depan pintu tertutup luar ruangan tersebut. Tetapi bagaimana jikalau analogi ruangan tersebut diganti menjadi sebuah kota seluas 130.000 kilometer persegi, yang kelilingnya dipagari dengan pagar beton setinggi 100 meter. Jika seekor anjing sniffer yang terlatih disuruh mendeteksi asam butirat tersebut dan boleh masuk melewati pagar pembatas tadi, ia masih bisa mendeteksi dimakan kau berada.


2. Buat Anjing Aroma Kamu Itu Bau


Indra penciuman anjing dipelajari oleh para ilmuwan semenjak puluhan tahun silam 7 Fakta Menarik Mengenai Indra Penciuman AnjingSebersih apapun kau mandi memakai sabun sebanyak mungkin dan sesudah itu mengenakan parfum dan deodoran yang paling mahal, buat anjing kau aroma kau masih sangat bau. Setiap insan mempunyai aroma yang unik dan sekaligus menjadi penanda yang diperlukan anjing untuk membedakan dan mengenali orang. Buat anjing peliharaan kamu, aroma kau yaitu kamu. Pernyataan terebut dijelaskan oleh seorang penulis buku berjulukan Alexandra Horowitz yang menuliskan mengenai penciuman, penglihatan, dan segala sesuatu yang diketahui oleh anjing. Kesimpulan yang dikutip dari bukunya kira-kira menyerupai ini;


Manusia itu amis buat anjing. Ketiak insan yaitu salah satu sumber amis yang paling menyengat. Nafas insan yaitu melodi amis yang membingungkan buat anjing. Bahkan, alat kelamin kita juga sangat berbau menyengat buat anjing. Kulit yang menutupi badan kita mengandung keringat dan kelenjar sebaceous yang secara teratur keluar dalam bentuk cairan yang menjadi aroma unik kita. Ketika kita menyentuh suatu benda, kita meninggalkan penggalan diri kita yang berupa serpihan kulit dengan kuman yang terus mengunyah dan mengeluarkan kotoran. Dan anjingpun bisa mendeteksi aroma kita yang tertinggal pada benda tersebut.


Sebagai contoh, saya pernah kerja di perantauan jauh dari rumah. Dan tanpa saya ketahui, adik saya memelihara anjing di rumah tersebut. Seperti yang dijelaskan tadi, niscaya banyak jejak-jejak serpihan kulit saya yang melekat di tembok, kasur, jendela dan pintu rumah tersebut. Anjing tersebut semakin bertumbuh besar dan menjadi dewasa, dan saya dengar kabarnya galak dengan orang tak dikenalnya. Pada ketika itu saya belum pernah pulang ke rumah sementara anjing tersebut sudah usang tinggal di rumah kami.


Yang anehnya, ketika saya gres pulang sesudah lebih dari lima tahun merantau, sebelum saya menginjak tanah turun dari mobil, anjing tersebut berlari sangat cepat menghampiri saya dengan raut wajah yang riang gembira. Tiba-tiba saya kaget, takut, pasrah dan tak tahu mau lari kemana. Ternyata anjing tersebut menyambut saya dengan sikap yang gembira. Setelah itu, kami semua terheran-heran, kok bisa anjing bisa menyambut orang orang yang tidak dikenalnya dengan riang gembira.


3. Indera Penciuman Anjing Bisa Mencium Hal-hal yang Tidak Terlihat


Ini maksudnya bukan mahluk halus, lho! Memang banyak yang pernah bilang kalau anjing katanya bisa melihat (atau mencium) amis mahluk halus. Untuk pernyataan menyerupai itu belum ada pembuktiannya.


Setiap langkah yang kita buat menumpahkan banyak serpihan sel-sel kulit dan bertebaran. Setiap orang juga mengalami hal yang menyerupai itu. Kita menumpahkan 50 juta sel kulit setiap menit. Wow! Jika dilihat memakai alat menyerupai mikroskop maka bisa jadi menyerupai kepingan salju. Saya duduk di sini berjam-jam dengan hanya menggerakkan jari-jari di atas keyboard. Tentu sudah sangat banyak sel-sel kulit saya yang bertebaran di sekitar sini. Untungnya, kita tidak bisa melihat serpihan sel-sel kulit kita sendiri. Tapi, dengan kekayaan biologis yang dimiliki anjing, sel-sel kulit kita sangat “terlihat” oleh hidung anjing.


4. Kita Tidak Bisa Menipu Indra Penciuman Anjing


Penelitian memperlihatkan bahwa kemungkinan besar indra penciuman anjing sanggup mendeteksi ketakutan, kecemasan dan kesedihan. Hormon adrenalin yang bertebaran tidak terdeteksi oleh hidung kita. Tetapi anjing bisa menciumnya. Selain itu, rasa takut atau kecemasan sering dibarengi dengan peningkatan denyut jantung dan pedoman darah, yang mengirimkan unsur kimia badan lebih cepat ke permukaan kulit. Jadi, menutupi perasaan murung dengan tersenyum bisa menipu teman-teman kamu. Tetapi itu tidak bisa menipu sahabat terbaik kamu, yaitu anjing kamu.


5. Anjing Menggunakan Aroma Kencingnya Untuk Mengirim Pesan


Menurut peneliti anjing berjulukan Coren, anjing membaca dunia memakai hidungnya dan juga menulis pesan kepada anjing lain memakai air kencingnya kencing. Jika kau melihat anjing kau mengendus pada ketika jalan-jalan, berarti ia sedang membaca situasi lingkungan. Barangkali ia mencium amis kencing anjing lain. Biasanya ia juga akan meninggalkan air seninya disitu.


6. Inilah Maksud Anjing Ketika Mencium Bagian Kemaluan Anjing Lain


Ketika anjing kau mengendus penggalan bawah anijng lain, kemungkinan anjing kau berguru satu sama lain. Apa yang dipelajari oleh anjing dan apa informasi yang didapat anjing dari sikap menyerupai itu? Sebenarnya belum diketahui dengan terang oleh para peneliti. Mungkin berkomunikasi untuk menyampaikan “Suasana kita hari ini sangat bagus!”, “Oh, kau anjing yang baik, dan kau makan daging ayam tadi dan umur kau sekitar 3 tahun”.


7. Para Ilmuwan Masih Terus Mempelajari Hidung Anjing yang Masih Menyimpan Banyak Rahasia


Indra penciuman anjing dipelajari oleh para ilmuwan semenjak puluhan tahun silam 7 Fakta Menarik Mengenai Indra Penciuman AnjingHal ini mungkin lantaran tugas anjing di militer sebagai pendeteksi alat peledak rakitan yang tak tertandingi. Atau mungkin hidung anjing begitu menakjubkan dan semakin kita tahu, rasa ingin tau kita semakin tinggi. Indera penciuman anjing sedang dipelajari lebih lagi di universitas-universitas seluruh dunia.


Nantikan update terbaru artikel mengenai fakta unik dan menarik mengenai indra penciuman anjing.



Sumber https://www.wongunik.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "7 Fakta Menarik Mengenai Indra Penciuman Anjing"

Posting Komentar