5 Cara Mempercepat Koneksi Internet Broadband

Untuk mempercepat koneksi internet broadband, terlebih dahulu perlu mengetahui penyebab melambatnya koneksi. Banyak faktor yang sanggup menjadi penyebabnya. Praduga penyebab yang pertama kali terpikir dikala koneksi internet sedang lambat yaitu buruknaya kualitas sinyal penyedia broadband yang kita pakai. Sementara penyebab melambatnya koneksi internet tidak selalu bersumber dari penyedia layanan broadband. Bisa jadi disebabkan oleh pengaturan perangkat menyerupai komputer atau ponsel kita yang mengalami bermasalah. Atau mungkin disebabkan oleh hardware nirkabel atau perangkat PC atau ponsel yang sudah bau tanah sudah tidak sepenuhnya berfungsi menangkap sinyat internet sebagaimana mestinya.


Pada artikel ini, kita akan mengulas lima cara mempercepat koneksi internet broadband. Tapi sebelumnya perlu mengetahui pengertian internet broadband, khususnya bagi yang belum tau arti broadband. Jika kau sudah tau apa itu internet broadband, kau boleh melewati subjudul pengertian internet broadband di bawah.


Pengertian Internet Broadband


Broadband yaitu bentuk kanal Internet yang paling banyak dipakai lantaran kecepatan aksesnya yang tinggi. Layanan internet broadband ditawarkan dalam empat jenis koneksi, antara lain; DSL (igital Subscriber Line), fiber optic, internet kabel dan juga satelit (VSAT). Koneksi internet jenis dial-up yang usang yaitu layanan internet non-broadband dan satu-satunya. Layanan internet broadband zaman kini jauh lebih murah dibandingkan zaman internet non-broadband walaupun koneksi internet broadband jauh lebih cepat.


Mempercepat Koneksi Internet


Pada dikala koneksi internet broadband kita lambat, kita sering salah mengira penyebabnya. Memang koneksi internet lambat sanggup bikin jengkel dan menghalangi kelancaran aktivitas. Ada banyak kemungkinan yang sanggup memperlambat kecepatan koneksi internet, mulai dari perangkat keras yang sudah bau tanah sampai duduk kasus kabel yang berkualitas jelek dan masih banyak lagi. Jika kau memakai koneksi WiFi dan terasa lambat dari biasanya, kau sanggup memakai alat penguat sinyal WiFi untuk mempercepat koneksi WiFi. Ada beberapa cara yang mungkin cocok untuk duduk kasus koneksi internet kamu;


1. Amankan Wi-Fi


Untuk mempercepat koneksi internet broadband 5 Cara Mempercepat Koneksi Internet Broadband


Jika kau mengakses internet memakai koneksi Wi-Fi sendiri, pastikan jaringannya memakai kata sandi. Jika tidak, siapa pun sanggup memakai jaringan WiFi kamu. Orang-orang akan dengan gampang masuk ke jaringan WiFi kau tanpa kau sadari. Alhasil mengakibatkan kecepatan internet menjadi lambat.


Sebagian besar penyedia layanan internet kini menyediakan router yang dilindungi dengan kata sandi secara otomatis. Tetapi jikalau belum terlindungi dengan kata sandi atau password, segeralah mengamankan jaringan internet kau dengan fitur pengaturan password WiFi.


Untuk Mengamankan jaringan WiFi dengan kata sandi, ikuti tips di bawah ini:



  • Buka pengaturan router kau dengan memasukkan alamat IP-nya ke browser. Alamat IP biasanya dari router icontohnya: 192.168.0.1.

  • Mungkin perlu log in terlebih dahulu memakai kata sandi admin dan nama pengguna pada router yang digunakan. Jika tidak sanggup log in, cobalah tanyakan ke operator layanan internet kau untuk mendapat arahan lebih lanjut. Pada pengaturan tersebut, kau sanggup mengatur kata sandi untuk mengamankan jaringan Wi-Fi kamu.


2. Pindahkan Router


Banyak faktor-faktor yang sanggup memperngaruhi kekuatan sinyal internet broadband nirkabel. Sinyal internet lambat yang dipancarkan melalui router sanggup disebabkan oleh penghambat menyerupai dinding, pintu, atau penghambat-penghambat lain. Jadi, jikalau sinyal internet kau lambat dan tidak sanggup diandalkan, coba pindahkan router kau ke posisi yang lebih sedikit hambatan. Posisi router lebih anggun ditempatkan pada tempat yang lebih tinggi menyerupai di atas rak buku atau ditempelkan di dinding penggalan atas.


Jika kau ingin memaksimalkan cakupan sinyal router ke seluruh ruangan rumah bertingkat, cobalah tempel router kau di antar lantai menyerupai di atas tangga. Dimana pun posisi yang lebih cocok berdasarkan kamu, usahakanlah biar tidak menempatkan router di atas lemari.


3. Bersihkan Komputer atau Ponsel


Ada banyak jenis software atau aplikasi yang sanggup mengakses internet secara otomatis. Beberapa diantaranya mungkin tanpa sepengetahuan kamu. Contohnya fitur update Windows atau Android, antivirus, update keamanan, pop-up media player, aplikasi chatting, Skype, situs web yang sedang terbuka, dan masih banyak lagi. Semua hal pada perangkat yang sanggup kanal internet secara otomatis sanggup memperlambat kecepatan internet kamu. Baca juga artikel Wongunik lainya; cara mempercepat Windows 10.


Untuk meningkatkan kecepatan internet kamu, cari dan matikan beberapa software atau aplikasi yang tidak diperlukan. Untuk menonaktifkan software atau apps biar tidak mengakses internet, ikuti langkah di bawah ini:



  • Jika memakai PC atau laptop, tekan ALT + CTRL + DEL untuk memunculkan jendela task manager biar sanggup melihat semua acara yang sedang berjalan. Disitu kau sanggup menentukan software mana saja yang perlu ditutup. Kemudian buka juga Activity Log untuk melihat daftar software yang berjalan. Tutup yang tidak penting.

  • Jika memakai Android, buka pengaturan (settings), ke Application Manager, kemudian klik aplikasi yang tidak diharapkan koneksinya. Setelah jendela App info terbuka, tekan Force stop.


Kamu mungkin perlu juga menghapus file-file yang sudah usang dan menghapus history browser. Cara ini sanggup dilakukan melalui opsi sajian browser kamu.


4. Gunakan Adaptor Powerline


Untuk mempercepat koneksi internet broadband 5 Cara Mempercepat Koneksi Internet Broadband


Adaptor Powerline memakai saluran listrik rumah untuk meningkatkan sinyal internet dari ruangan ke ruangan. Alat yang memakai teknologi sinyal terbaru ini sangat mempunyai kegunaan untuk mempercepat koneksi internet kau jikalau ada beberapa ruangan di rumah yang kurang mendapat sinyal nirkabel.


5. Mengganti Broadband


Jika koneksi internet kau masih lambat sehabis melaksanakan banyak sekali cara mempercepat koneksi internet, pertimbangkanlah untuk beralih layanan penyedia broadband lain yang lebih cepat. Sebelum mengganti, carilah gosip pengalaman pengguna melalui media-media yang mempublikasikan ulasan pelanggan. Pastikan juga penyedia internet broadband yang kau lirik menyediakan layanan di tempat kamu.


Perusahaan penyedia layanan broadband yang anggun harus sanggup melaksanakan tes sinyal di tempat kau dan memberi gosip pernyataan resmi mengenai kecepatan internet yang akan kau nikmati sehabis berlangganan. Tapi jikalau sehabis berlangganan ternyata kecepatan internet broadbandnya tidak sesuai dengan pernyataan resmi tersebut, kau “berhak” membatalkan kontrak. Broadband fiber optic menyerupai IndiHome atau RackH sanggup jadi opsi yang bagus.



Sumber https://www.wongunik.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "5 Cara Mempercepat Koneksi Internet Broadband"

Posting Komentar