10 Jenis Burung Tercantik Di Dunia

Burung mana yang paling bagus di dunia? Siapa yang bisa menjawab pertanyaan ini? Tentu beda orang beda juga versi burung bagus nya dan beda juga warta nya. Karena intinya sebagian besar semua jenis burung  yang ada di dunia ini terlihat cantik. Demikian juga halnya bila membanding-bandingkan jenis-jenis burung kicau dengan bunyi paling indah.


Meskipun demikian, beberapa jenis burung niscaya mempunyai penampilan yang indah dan mencolok dan termasuk unggul dibandingkan dengan jenis burung lain. Berikut ini yakni daftar 10 burung terindah di dunia.


1. Burung Kaung Emas


 Siapa yang bisa menjawab pertanyaan ini 10 Jenis Burung Tercantik di Dunia
Sumber: Animalfacts.com

Burung Kuang Emas berjulukan latin chrysolophus pictus, atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Golden Pheasant. Di sebut juga dengan ayam Golden Pheasan. Burung indah ini populer dengan warna bulu yang cemerlang dan mengkilat. Kuang Emas mempunyai jambul berwarna kuning keemasan dengan ujung merah. Bagian bawahnya berwarna merah cerah. Lehere pecahan belakang mempunyai bulu dengan bulu berwarna kuning dengan ujung hitam. Sedangkan leher pecahan depan berwarna merah sama dengan tubuh pecahan bawah. Bagian atas burung ini berwarna biru cerah berpadu dengan warna hitam. Sedangkan ekornya panjang  berwarna coklat pucat. Dari bentuk fisik, Burung Kaung Emas tidak ada bedanya denga bentuk fisik ayam. Perbedaannya hanya di warna yang mencolok.


Warna Burung Kaung emas jantan lebih indah ketimbang yang betina. Sedangkan Kaung Emas betina mempunyai bulu berwarna coklat buram yang terlihat kusam. Dan ukuran pejantan cukup umur lebih besar dari betina, sekitar 100 cm. Habitat orisinil burung bagus ini hidup di hutan lebat Cina Barat dan Tengah. Uniknya, panjang ekor burung Kaung Emas sekitar dua pertiga kali dari panjang tubuhnya. Burung indah ini sama mirip ayak, tidak bisa terbang dan berkeliaran di atas tanah. Sedangkan makan utamanya yakni berry, biji-bijian dan serangga.


2. Burung Macau Merah


 Siapa yang bisa menjawab pertanyaan ini 10 Jenis Burung Tercantik di Dunia
Sumber: Thesprucepets.com

Macau Merah yakni salah satu jenis burung yang termasuk anggota keluarga macaw yang paling bagus dan terbesar. Tinggal di hutan hijau yang lembab dan berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Burung Macau Merah populer alasannya bulu indahnya yang berwarna-warni. Warna bulunya merah cerah dengan punggung berwarna biru. Sedangkan sayap pecahan atas berwarna kuning dengan baris warna hijau.


Paruh burung Macau Merah sangat berpengaruh dan melengkung. Bagian atas paruhnya berwarna putih dan ujungnya berwarna hitam. Pangang burung Macau Merah cukup umur bisa mencapai antara 80-90 cm dan dengan berat hingga 1,5 kg. Ukuran yang sangat ideal dan bisa terbang dengan kecepatan hingga 60km/jam. Burung Macau Merah sanggup bertahan hidup dalam jangka waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 40-50 tahun di alam bebas. Sedangkan Macau Merah yang hidup di penangkaran bisa hidup hingga 75 tahun lamanya.


Burung bagus ini berwarna merah bau tanah yang mencolok dan juga termasuk burung paling cerdas di dunia. Di penangkaran, burung ini sanggup dengan gampang mempelajari kata-kata, suara, dan trik. Bahkan, burung Macau Merah yang terlatih juga bisa membedakan warna dan bentuk.


Burung ini mempunyai bunyi yang sangat keras. Macau Merah bisa menciptakan banyak sekali jenis bunyi mulai dari bunyi jeritan hingga bunyi kentut. Makanan utama burung indah adalahi kacang, biji-bijian, buah-buahan dan serangga. Dengan paruh yang sangat berpengaruh dan melengkung, Macaw merah bisa mematahkan kacang apa pun dengan mudah, termasuk kulit biji kemiri.


3. Burung Flamingo


 Siapa yang bisa menjawab pertanyaan ini 10 Jenis Burung Tercantik di Dunia
Sumber: Youtube.com

Burung Flamingo termasuk burung rawa yang paling populer di dunia. Warna merah-ungu bulunya yang indah menciptakan burung flamingo begitu istimewa di antara banyak sekali jenis-jenis burung. Ada 6 spesies burung flamingo di dunia. Burung indah ini bisa ditmukan di setiap benua kecuali Antartika.


Flamingo cukup umur berukuran 120-150 cm kaki panjangnya dan beratnya bisa mencapai 3,6 kg. Leher burung flamingo panjang dan kurus dan juga mempunyai paruh bengkok ke bawah yang unik. Kaki flamingo juga panjang, sekitar 75 dan 125 cm. Dengan kaki yang sangat panjang dan paruh yang khas memungkinkan burung indah ini menangkap ikan kecil, larva dan plankton yang ada di lumpur untuk dilahap.


Burung Flamingo hidup berkelompok dengan jumlah yang sangat banyak, mencapai ribuan ekor. Warnanya yang merah-ungu mencolok dikarenakan oleh masakan yang dimakan. Makanan utama burung flamingo yakni udang air asin, plankton, dan ganggang biru-hijau. Burung Flamingo juga menghabiskan waktu berjam-jam untuk meminyaki bulunya dengan kelenjar khusus. Hal ini membantu untuk menjaga bulunya semoga selalu terawat dan awet.


4. Burung Merak


 Siapa yang bisa menjawab pertanyaan ini 10 Jenis Burung Tercantik di Dunia
Sumber: Getty Images

Ada tiga jenis burung merak di dunia, yaitu Merak India, Merak Kongo dan Merak Hijau. Merak India yakni jenis merak yang paling umum ditemukan di seluruh dunia. Burung merak jantan populer dengan tampilannya yang berwarna-warni dan dengan bulu ekor yang mempunyai nilai seni dengan paduan warna yang sangat indah.


Ukuran burung merak cukup umur bisa benapai 152 cm, dam ukuran tersebut menjadi salah satu jenis burung terbang terbesar di dunia. Bahkan, panjang ekor burung merak 60% dari total panjang tubuhnya. Bulu ekor burung merak yang berwarna-warni merupakan terlihat lebih indah pada ketika merayu sang metina.


Pada momen tersebut, burung merak melebarkan bulu ekornya yang sangat besar untuk menampilkan teladan warna-warni yang ibarat bintik-bintik mirip gambar mata. Merak betina juga menentukan burung merak jantan di sekitar yang mempunyai ekor yang paling panjang dan yang mempunyai lebih banyak bintik mata. Sudut pantulan cahaya yag berbeda menciptakan warna bulu ekor burung merak terlihat berbeda juga.


5. Burung Tukan


 Siapa yang bisa menjawab pertanyaan ini 10 Jenis Burung Tercantik di Dunia
Sumber: Dreamstime.com

Burung Tukan yakni salah satu dari jenis burung yang paling bagus di dunia. Burung bagus ini mempunyai paruh berukuran besar dengan panjang bis mencapai 20 cm. Paruhnya berwarna kombinasi hijau, merah dan kuning.


Terlepas dari penampilannya yang terlihat berat, paruh burung tukan bekerjsama berongga dan ringan. Paruhnya terbuat dari jenis protein yang disebut keratin. Burung bagus ini menggunakan paruh besar dan berwarna-warni tersebut untuk memikat betina selama demam isu kawin datang dan juga sebagai senjata untuk bertahan.


Burung bagus ini menghuni di hutan di Amerika Tengah dan Selatan. Ukuran panjang burung tukan mencapai 20 cm dan berat hingga 4 kg. Sebagian besar bulu burung tukan berwarna hitam dengan tenggorokan dan dada berwarna kuning. Burung tukan tidak lihai terbang alasannya sayapnya yang berat. Hanya bisa bergerak di antara ranting pohon dengan melompat.


Burung tukan yakni jenis burung yang sangat sosial. Hewan ini membentuk kawanan kecil yang terdiri hingga tiga puluh burung. Sementara habitat aslinya yakni alam liar dan termasuk burung pelatuk yang menciptakan sarang dengan cara melubangi pohon. Makanan utama burung tukan yakni serangga, kadal dan telur.


6. Burung Puffin atau Burung Laut Atlantik


 Siapa yang bisa menjawab pertanyaan ini 10 Jenis Burung Tercantik di Dunia
Sumber: Wikipedia

Burung puffin yakni burung maritim yang kecil dan mempunyai kemampuan mengikuti keadaan yang baik. Burung bagus ini ditemukan di pantai Amerika Serikat pecahan Utara dan Kanada Timur. Burung puffin juga dikenal sebagai ‘parrot laut’ alasannya ukurannya yang besar dan bulunya yang berwarna-warni dan warnanya mirip burung penguin. Burung bagus ini menghabiskan sebagian besar waktunya di laut. Bulunya yang tahan air menjaga tubuh burung ini tetap hangat pada ketika berenang. Burung puffin mengepakkan sayap pada ketika berenang di permukaan dan di dalam air.


Kemampuan menyelam burung puffin sangat baik, bisa menyelam mencapai hingga 60 m di bawah permukaan air. Makanan burung puffin biasanya belut pasir dan ikan. Selain menyelam, burung ini juga mempunyai kemampuan terbang yang sangat baik. Kecepatan terbangnya mencapai kecepatan 90 km per jam dengan mengepakkan sayap hingga 400 kali per menit.


Burung puffin berkembang biak di setiap demam isu panas dan demam isu semi di pulau-pulau di Samudera Atlantik Utara. Sarang terbuat dari bulu dan rumput di liang tebing. Yang betina hanya bertelur satu dan membutuhkan waktu 45 hari untuk menetaskannya. Setelah menetas, induk puffin meninggalkan sarangnya untuk mencari masakan buat anaknya. Anak puffin memakan ikan-ikan kecil, sementara Puffin cukup umur sanggup memuat 10 hingga 30 ekor ikan di paruhnya.


7. Burung Jay Biru


 Siapa yang bisa menjawab pertanyaan ini 10 Jenis Burung Tercantik di Dunia
Sumber: Audubon.org

Jay Biru yakni salah satu nama burung yang paling cerdas dan bagus di dunia. Terdapat di Amerika Utara pecahan Timur dan Tengah. Bulu burung Jay Biru berwarna biru yang berpadu dengan warna putih dan hitam yang sangat memukau. Hal yang paling membedakan burung kicau ini yakni suaranya yang berisik dan unik. Tetapi bisa juga menggandakan kicauan jenis burung lainnya.


Selain penampilan warna bulunya yang mencolok, blue jay juga dikenal dengan kecerdasannya. Burung Jay mau mencuri sarang dan telur burung lain dengan cara menggandakan bunyi burung elang untuk menakut-nakuti atau menipu jenis burung lain. Selain itu, burung jay biru yang hidup di penangkaran juga bisa menggandakan ucapan insan dan bunyi binatang peliharaan lainnya.


Jay Biru  yakni burung bersosial yang hidup dalam kelompok kecil. Tetapi pada ketika demam isu dingin, selama migrasi ke pecahan Selatan, burung bagus membentuk kelompok besar yang berjumlah hingga ratusan burung jay biru. Perilaku migrasi binatang unggas ini masih tetap menjadi misteri bagi para ilmuwan. Tidak semua burung jay biru bermigrasi selama demam isu dingin, ada juga yang menetap di wilayah asalnya.


8. Bohemian Waxwing


 Siapa yang bisa menjawab pertanyaan ini 10 Jenis Burung Tercantik di Dunia
Sumber: Dnaindia.com

Burung Bohemian Waxwing yakni burung kicau yang berukuran sedang dengan jambul yang unik dan dengan kepala mirip menggunakan topeng hitam. Bulu badannya berwarna abu-abu kecoklatan dan tepi sayapnya berwarna hitam yang mempunyai garis berwarna kuning dan bercak putih. Dengan demikian, Bohemian Waxwing yakni salah satu burung yang paling bagus di dunia.


Lilin Bohemian menghuni di hutan di Amerika Utara pecahan utara dan Eurasia, sebagian besar jgua ada di Kanada dan Alaska. Pada ketika demam isu dingin, burung ini bermigrasi dalam kelompok yang besar ke pecahan Barat Laut Amerika Serikat. Bohemian Waxwing bersarang di ranting pohon. Jantan dan betina burung bohemian waxwing dikenal dengan kicauan yang bernada tinggi. Memang sepintas dilihat burung ini mirip dengan burung jay biru, tapi bunyi kicauannya sangat berbeda, melengking tinggi. Makanan utama burung ini yakni serangga dan buah beri.


9. Burung Cendrawasih


 Siapa yang bisa menjawab pertanyaan ini 10 Jenis Burung Tercantik di Dunia
Sumber: Undp.org

Asli asal burung Cendrawasih terdapat di Indonesia pecahan Timur, khususnya di kepulauan Torres. Juga bisa ditemukan di Australia Timur dan Papua Nugini. Sementara, spesies burung Cendrawasih terbanyak ada di Indonesia, yaitu sekitar 30 spesies, dan 28 diantaranya berasal dari Papua. Saat ini, sakin maraknya buruan burung Cendrawasih yang mengancam populasi burun bagus ini, burung Cendrawasih termasuk binatang yang dilindungi pemerintah.


Pejantan burung Cendrawasih cenderung lebih bagus ketimbang betinanya. Bulunya berwarna perpaduan hitam ,merah, coklat, oranye, putih, biru, dan kuning. Burung cendrawasih jantan menari dan bernyanyi di dahan untuk memikan sang betina semoga mau diajak kawin. Ukuran cendrawasih cukup umur bisa mencapai 110 cm denganberat bisa mencapai 43 kg. Setiap spesis Cendrawasih mempunyai tarian yang berbeda-beda gerakan. Ada juga yang mau menari hingga bertengger terbalik di atas dahan pohon.


10. Burung Hyacinth Macaw


 Siapa yang bisa menjawab pertanyaan ini 10 Jenis Burung Tercantik di Dunia
Sumber: Wikipedia

Dengan panjang cukup besar, yaitu 100 cm, hyacinth macau yakni burug yang terbesar dari semua spesies burung parrots terbang di dunia. Burung hyacinth macau tinggal di kawasan semi terbuka dan padang rumput savana di Brasil Utara. Populasinya telah menurun dalam beberapa tahun terakhir. Sangat disayangkan, populasi burung hyacinth macau kurang dari 5.000 ekor yang tersisa di dunia. Penebangan hutan dan perburuan merupakan bahaya utama bagi burung bagus dan cerdas ini.


Burung hyacinth macau populer alasannya warna bulunya yang biru kobalt yang mencolok dengan bulat kuning cerah di sekitar mata. Burung bagus ini juga disebut dengan nama Macaw Biru. Ekornya panjang dan indah denga paruh hitam yang sangat berpengaruh dan melengkung.


Dengan training yang tepat, burung hyacinth macau bisa menjadi binatang peliharaan yang luar biasa. Untuk membuatnya nyaman, kau harus memberinya banyak ruang. Burung cerdas ini sangat suka bermain dan tidak begitu berakal menggandakan kata-kata mirip jenis burung keluarga Macaw lainnya.


Perlu diketahui bahwa paruh burung ini sangat kuat, dan tidak bisa dijamin juga kalau burung ini tidak akan mematok kau bahkan dengan perhatian dan training yang tepat. Burung Hyacinth Macau juga bisa bersuara sangat keras ketika berada kelompoknya.


 



Sumber https://www.wongunik.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "10 Jenis Burung Tercantik Di Dunia"

Posting Komentar