Seleksi Berdikari Ptn, Alternatif Snmptn Dan Sbmptn





Seleksi Mandiri PTN, Alternatif SNMPTN dan SBMPTN – Selain jalur nasional (SNMPTN) dan jalur SBMPTN, terdapat juga satu jalur penerimaan yaitu Seleksi Mandiri PTN. Makara buat lo yang merasa masuk di jurusan inceran lo melalui SNMPTN atau SBMPTN terlalu susah, lo sanggup coba bidik Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Negeri ini. Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Negeri merupakan penerimaan mahasiswa gres di suatu Perguruan Tinggi Negeri yang diadakan dan dikelola sendiri oleh perguruan tinggi tinggi tersebut. Makara misal Universitas Negeri Malang (UM) nih ngadain penerimaan khusus UM sendiri (di luar jalur nasional dan SBMPTN) maka itu termasuk Seleksi Mandiri PTN. Gitu.


Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program S1


Dalam Permenristek Dikti Nomor 2 Tahun 2015, Penerimaan mahasiswa gres aktivitas sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri tahun 2015 terdiri dari Seleksi Nasional (SNMPTN), Seleksi Mandiri Bersama (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri PTN. SBMPTN dan Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Negeri tergabung dalam 1 kategori yaitu Seleksi Mandiri, bedanya SBMPTN dikelola secara terpusat untuk semua PTN, sedangkan Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Negeri dikelola oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri yang menyelenggarakan, sesuai dengan peraturan yang berlaku.


 terdapat juga satu jalur penerimaan yaitu  Seleksi Mandiri PTN, Alternatif SNMPTN dan SBMPTN

Jalur penerimaan PTN


 


Jenis-jenis Seleksi Mandiri PTN


Karena dikelola sendiri oleh masing-masing PTN, maka ragam seleksi berdikari Perguruan Tinggi Negeri berbeda-beda. Beberapa prosedur Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Negeri yaitu:



  1. Ujian Mandiri/Tulis: Merupakan prosedur Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Negeri dengan mengadakan ujian / tes. Perguruan Tinggi Negeri yang menggunakan prosedur seleksi ini antara lain: UI (SIMAK UI), UNAIR, UNDIP, UGM (UTUL), UB (SPMK), IPB (UTMI) dll.

  2. Seleksi Raport/PMDK: Merupakan prosedur Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Negeri dengan melaksanakan seleksi raport / prestasi. Perguruan Tinggi Negeri yang menggunakan prosedur seleksi ini antara lain: UGM (PBUTM)

  3. Seleksi Melalui Nilai SBMPTN: Merupakan prosedur Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Negeri dengan melihat nilai SBMPTN siswa. Makara Perguruan Tinggi Negeri tidak mengadakan tes, tetapi cukup melihat hasil SBMPTN calon mahasiswa untuk kemudian dirangking. Makara pendaftar harus ikut SBMPTN sebelumnya. Perguruan Tinggi Negeri yang tahun 2014 menggunakan prosedur ini antara lain: ITS, UNHAS


Maka apabila digambarkan dalam bentuk bagan, maka akan menyerupai ini


 terdapat juga satu jalur penerimaan yaitu  Seleksi Mandiri PTN, Alternatif SNMPTN dan SBMPTN


Dari skema di atas udah tau kan bedanya SNMPTN dan PMDK? Ya meskipun sama-sama seleksi raport / prestasi, namun kalau lo liat di bagan, posisinya udah beda.


Nah, namun ada juga nih beberapa Perguruan Tinggi Negeri yang penerimaan maba-nya tidak melalui Seleksi Mandiri PTN, jadi penerimaannya hanya dari SNMPTN dan SBMPTN. Hal ini boleh alasannya yakni memang sesuai Permenristek Dikti Nomor 2 Tahun 2015, setiap Perguruan Tinggi Negeri boleh melaksanakan Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Negeri dengan kuota maksimal 20% dari total kuota mahasiswa baru, artinya boleh tidak mengadakan alias 0%. Perguruan Tinggi Negeri yang tidak mengadakan Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Negeri antara lain: ITB, UNPAD dan UNAND


 


Apakah Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Negeri selalu mahal?


Banyak anak yang skeptis apabila menerima ajuan untuk mengikuti Seleksi Mandiri PTN. “Ga ah bro! ane ga ada duit”. Biasanya sih gitu. Tapi tunggu dulu deh, apakah semua jalur berdikari selalu mahal? Ternyata enggak kok. Ada banyak Perguruan Tinggi Negeri yang memberlakukan perlakuan biaya kuliah yang sama bagi yang diterima di semua jalur penerimaan, contohnya di SIMAK UI (Reguler), UTMI IPB, atau di UM Malang.


Tapi memang ada juga beberapa Perguruan Tinggi Negeri yang memberlakukan mahasiswa yang diterima melalui Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Negeri itu lebih mahal kalau dibanding dengan jalur SNMPTN atau SBMPTN. Di beberapa Perguruan Tinggi Negeri tersebut, bagi yang diterima melalui Seleksi Mandiri PTN, pribadi di plot di UKT (Uang Kuliah Tunggal) sekian dan sekian. Sehingga pilihan biaya nya menjadi lebih sedikit. Makara rajin-rajin cek dulu di website masing-masing Perguruan Tinggi Negeri sebelum kau memutuskan daftar di Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Negeri yang kau inginkan ya.


 


=======================================


Terlepas dari anggapan biayanya yang mahal, bergotong-royong Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Negeri itu alternatif untuk masuk di jurusan di Perguruan Tinggi Negeri yang lo inginkan bagi yang gagal mendapatkannya di SNMPTN atau SBMPTN. Karena memang persaingan di Seleksi Mandiri itu relatif dibawah SNMPTN dan SBMPTN (meskipun di beberapa Perguruan Tinggi Negeri tertentu, persaingannya juga ketat). Makara buat lo yang memang menginginkan masuk jurusan tertentu dan Perguruan Tinggi Negeri tertentu, pelajari biaya, sistem, dan soal jalur mandirinya mulai dari kini ya.







Sumber https://halokampus.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Seleksi Berdikari Ptn, Alternatif Snmptn Dan Sbmptn"

Posting Komentar