Produk Produk Bank

Produk bank. Hai sobat, pada kesempatan kali ini, produk bank yaitu penyimpanan dan layanan peminjaman akan kita bahas. Yuk, pribadi aja!


Produk Bank


A. Produk Penyimpanan


1. Tabungan


Tabungan merupakan produk simpanan di bank yang penyetoran dan penarikannya sanggup dilakukan kapan saja.


Banyak orang merasa wajib menabung. Ada banyak sekali alasan mengapa orang perlu menabung. Diantara alasan-alasan tersebut yaitu:

a. Untuk mengumpulkan dana yang sanggup dipakai untuk kepentingan masa depan.

b. Menggunakan tabungan sebagai kawasan menyimpan uang untuk biaya hidup sehari-hari.


Jika kita menabung di bank, kita akan mendapatkan bunga tabungan. Bunga ini berikan bank kepada nasabah biar uang yang disimpannya berkembang. Dengan begitu, nasabah akan rajin menabung.


Biasanya, bunga tabungan akan diberikan pada simpulan bulan menurut rata-rata harian bulan tersebut. Bunga sanggup diberikan secara single rate sanggup juga secara bertingkat. Single rate artinya berapapun jumlah uang di tabungan, tingkat bunganya sama. sedangkan bunga bertingkat yaitu semakin banyak uang tabungan, maka semakin tinggi bunga yang akan diberikan.


2. Deposito


Deposito yaitu produk simpanan bank yang penyetorannya maupun penarikannya hanya sanggup dilakukan pada waktu tertentu saja.


Sebagai contohnya, kalau kau menaruh uang Rp 1.000.000 pada deposito berjangka waktu 3 bulan, maka uang tersebut hanya sanggup diambil sehabis waktu 3 bulan berlalu. Kamu juga akan mendapatkan bunga pada ketika waktu jatuh tempo.


Biasanya, bunga deposito lebih tinggi dibandingkan dengan bunga tabungan. Hal ini alasannya yakni uangmu ditanam selama jangka waktu tertentu sehingga bank menjanjikan suku bunga lebih tinggi daripada tabungan yang sanggup diambil setiap saat. Biasanya, inilah daya tarik utama deposito dibandingkan dengan tabungan.


Keuntungan lain dari deposito yaitu tidak adanya biaya manajemen bulanan meski tetap ada pajak deposito dan bungan deposito.


3. Giro


Giro merupakan rekening yang cocok untuk probadi yang sangat sering menggunakan jasa perbankan. Rekening giro yakni rekening yang uangnya sanggup diambil setiap hari. Rekening ini dilengkapi dengan akomodasi pembayaran dengan cek dan giro bilyet.


Jika kau bertransaksi dengan orang lain, kau sanggup membayarnya menggunakan cek atau giro bilyet. Cek yakni surat berharga di mana orang yang menerimanya sanggup pribadi menguangkannya di bank. Sedangkan giro bilyet yaitu surat berharga di mana orang yang menerimanya tidak sanggup menguangkan giro itu di bank, melainkan disetorkan dalam rekening tabungan. Setelah itu, uang sanggup diambil dari rekening.


Rekening giro biasanya tidak menunjukkan bunga. Kalaupun ada, bunganya kecil, dan disebut sebagai jasa giro. Sebagai timbale balik atas pelayanan dan akomodasi yang diberikan, hampir semua bank mengenakan biaya manajemen kepada nasabah yang pribadi dipotong dari rekening giro.


B. Layanan Peminjaman


Bank biasanya membedakan antara kredit yang diberikan kepada perusahaan dan kredit kepada individu. Meskipun demikian, yang dibicarakan di sini hanyalah layanan peminjaman yang diberikan secara perseorangan saja.


Pinjaman per individu biasanya dilakukan dengan kartu kredit, pertolongan bank atau kredit cicilan.


a. Kartu Kredit


Kartu kredit yakni kartu yang terbuat dari plastic yang sanggup dipakai untuk membeli barang dengan cara kredit pada ketika transaksi dilakukan.

Dengan demikian, seseorang tidak perlu membawa uang tunai pada ketika bertransaksi di suatu tempata. Hal ini alasannya yakni kartu kredit sanggup dipakai sebagai pengganti uang cash.

Ada biaya transaksi yang dibebankan kepada konsumen pada ketika setiap kali bertransaksi. Besarnya beragam, tergantung bank yang mengeluarkannya. Selain itu, ada juga bunga bulanan atau bunga tahunan. Iuran ini tetap harus dibayarkan meskipun pemiliknya tidak pernah menggunakan kartu kredit.


b. Pinjaman Bank


Pinjaman bank merupakan bentuk pertolongan uang dari bank kepada individu atau perusahaan dengan jangka waktu pengembalian yang ditentukan dengan tingkat bunga yang telah ditentukan. Biasanya, besar bunga akan tergantung pada besar nominal dan jangka waktu pengembalian uang tersebut.


Ada tida alasan utama mengapa sistem bunga diterapkan:

a) Peminjaman uang merupakan bisnis dengan resiko yang cukup tinggi. selalu saja ada kemungkinan debitur tidak akan mengembalikan uang yang telah dipinjamnya.

b) Nilai uang turun sejalan dengan waktu.


c. Kredit cicilan (Investment credit)


Kredit cicilan biasanya dipakai oleh konsumen untuk membeli barang menyerupai elektronik, komputer, rumah, atau kendaraan bermotor. Dengan adanya kredit cicilan, konsumen bbisa membawa barang tersebut pulang ke rumah sehabis membayar uang muka. Pada bulan berikutnya, konsumen harus membayar cicilan ditembah dengan bungan sampai cicilan lunas. Lamanya kredit cicilan sanggup beragam.


Bagaimana teman bangkusekolah.com? Sudah terperinci bukan mengenai bahan produk penyimpanan dan layanan kredit? Ternyata masing-masing mempunyai jenis yang bermacam-macam sesuai dengan kebutuhan. Dengan adanya hal tersebut, insan sanggup merasa lebih gampang dalam memenuhi kebutuhan maupun menjalankan bisnis usahanya.


Kamupun sanggup menabung di bank mulai dari sekarang. Uang tabungan sanggup kau gunakan untuk kebutuhan di masa yang akan datang.



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Produk Produk Bank"

Posting Komentar