√ Penilaian Yakni ? Pengertian Penilaian Pembelajaran Dan Pendidikan

Pengertian penilaian adalah proses penyediaan gosip untuk mengetahui seberapa jauh kegiatan tersebut telah dicapai. Evaluasi mengukur pekerjaan atau hal yang dilakukan, penilaian sangat berkhasiat dan bermanfaat alasannya ialah sanggup mengetahui seberapa cantik tingkat pekerjaan kita dan sebagai penilalian pekerjaan yang sudah kita lakukan. Selain itu pengertian penilaian ialah proses sistematis dalam penentuan atau menciptakan suatu keputusan atas sejauh mana kegiatan sudah tercapai. Evaluasi diambil dari bahasa inggris yaitu evaluation. Berikut pengertian penilaian berdasarkan pendapat para pakar yaitu.


Pengertian Evaluasi Menurut Para Ahli :



  1. Menurut Wrigstone


Pengertian evaluasi adalah penaksiran pertumbuhan dan kemajuan kearah tujuan atau nilai yang sudah ditetapkan.



  1. Menurut Sudijono


Pengertian penilaian ialah penafsiran atau interpretensi yang bersumber dari data kuantitatif, sedangankan data kuantitatif berasal dari hasil pengukuran.



  1. Mrnurut Nurkacana


Kegiatan dilakukan bersamaan dengan proses penentuan nilai dari hal tertentu.



  1. Menurut Raka Joni


Proses untuk mempertimbangkan barang. Hal denga pertimbangkan bermacam – macam faktor kemudian biasa dibilang value judgment.



  1. Menurut Jhon M. Echols dan Hasan Shadily


Berasal dari bahasa inggris evaluatin yang mempunyai arti penilaian atu penaksiran.



  1. Menurut Stufflebeam dkk


Sebagai “the process of delineating, obtaining, and providing useful information for judging decision alternatives. Ysnh mempunyai arti dalam penilaian terdapat beberapa unsur yaitu proses perolehan, penggambaran, penyediaan gosip yang bermanfaat dan menjasdi alternatf keputusan.



  1. Menurut Kumano


Penilaian kepada data yang sudah dikumpulkan melalui kegiatan asesmen.



  1. Menurut raif Tyler


 proses penyediaan gosip untuk mengetahui seberapa jauh kegiatan tersebut telah dicapa √ Evaluasi Adalah ? Pengertian Evaluasi Pembelajaran dan Pendidikan


Proses pengumpulan perihal pendidikan yang sudah tercapai.


Evaluasi Pembelajaran


Pengertian evaluasi pembelajaran secara umum ialah proses penilaian dilakukan terus menerus. Tidak diakhir pengajaran saja alasannya ialah ketika memulai kegiatan pembelajaran seorang guru harus selalu mengavaluasi pelaksaan pembelajaran yang akan diberikan pada siswa.  Berikut pengertian penilaian pembelajaran berdasarkan para hebat :



  1. Menurut Suchman


Evaluasi pembelajaran ialah proses menentukan hasil kegiatan berguru yang telah dicapai dengan kegiatn – kegiatan yang telah direncanakan sebelummua untuk mendukung tercapainya tujuan proses belajar.



  1. Menurut Bloom


Evaluasi pembelajaran ialah proses pengumpula data real dengan sistematis. Data ini akan digunakan untuk mengetahui sudah sejauh mana kemampuan atau perkembangan penerima didik.



  1. Menurut Oemar Hamalik


Evaluasi pembelajaran ialah proses berkelanjutan berafiliasi dengan kegiatan dan pengumpulan penafsiran gosip digunakan untuk menilai keputusan dan kebijakan yang penting  dengan tujuan dibentuk untuk merancang kopetensi atau sistem pengajaran.


Evaluasi Pendidikan


Pengertian evalulasi pedidikan secara umum, penilaian pendidikan ialah kegiatan yang menentukan atas perkembangan pendidikan, dibanding dengan tujuan yang sudah ditentukan dan perjuangan memperoleh gosip yang umpan balik nuntuk penyempurnaan pendidikan untuk diguanakan dalam memperbaiki hal yang benar – benar perlu diperbaiki pada kinerja pendidikan. Berikut pengertian penilaian pendidika berdasarkan para ahli.



  1. Abdul Basir


Pengertian penilaian pendidikan ialah proses yang mengumpulakan data gosip yang mempunyai sifat deskriptif, prediktif, informative dan dilaksanakan sedikit demi sedikit dan sistematik semoga bisa digunakan dalam penentuan kebijakan dalam upaya perbaikan kualitas pendidikan.



  1. Lehman dan Mehrens


Proses memperoleh, merencanakan, dan menyediakan data gosip sesuai kebutuhan dengan tujuan menghasilkan alternative keputusan.



  1. Norman E. Grounlund


Proses yang dilakukan dengan sistematis dengan tujuan menciptakan dan menentukan keputuasan yang mempunyai kekerabatan sejauh mana dengan para siswa berhasil dalam pencapaian tujuan pengajaran.



  1. Purwanto


Baca juga : Pengertian Analisis


Penilaian yang dilakukan terhadap suatu kualitas dalam dunia pendidikan. Evaluasi sangat memilihi kekerabatan dengan keputusan dan kebijakan yang telah diberikan pemerintah dalam peningkatan kuallitas pendidikan Indonesia.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Penilaian Yakni ? Pengertian Penilaian Pembelajaran Dan Pendidikan"

Posting Komentar