Pengertian Nada, Desah, Gema Dan Gaung

Jika kita mempelajari wacana suara dan perambatannya, maka kita akan mengenal istilah nada, desah, gema, dan gaung. Apa pengertian dari nada, desah, gema dan gaung?

Nada
Nada yaitu suara yang mempunyai frekuensi yang teratur atau jumlah getaran pada setiap detiknya sama. Contoh nada dalam kehidupan sehari-hari yakni suara yang dihasilkan oleh alat-alat musik menyerupai gitar, piano, seruling, dan harmonika. Nada mempunyai tinggi (deret) nada dan interval nada. Tinggi atau deret nada yaitu urutan dari nada-nada yang mempunyai frekuensi terendah sampai frekuensi tertinggi, sedangkan interval nada yaitu perbandingan frekuensi nada-nada. Terkadang kita mendengar suatu suara mempunyai perbedaan walaupun suara tersebut mengasikan nada yang sama, sebab setiap suara mempunyai karakteristik tertentu. Kamu sanggup membedakan mana suara seruling, gitar maupun piano walaupun ketiga alat musik tersebut mempunyai nada yang sama. Dua suara atau lebih yang mempunyai frekuensi yang sama tetapi kedengarannya berbeda disebut dengan warna suara atau timbre.

Desah
Desah merupakan kebalikan dari nada, yakni suara yang mempunyai frekuensi yang tidak teratur. Contoh dalam kehidupan sehari-hari yang merupakan desah yakni suara ombak, suara hujan, suara angin, dan suara keramaian di pasar.

Gema
Gema merupakan terdengarnya suara pantul sehabis suara orisinil final diucapkan. Hal ini akan terjadi kalau anda mengucapkan suatu suara dari jarak jauh yang di depannya ada sebuah tebing atau gedung yang tinggi. Bunyi yang kita ucapkan akan merambat di udara dan akan dipantulkan oleh tebing. Karena jarak tebing dengan sumber suara jaraknya jauh maka hasil suara patul akan merambat ke pendengar memerlukan jarakyang jauh sehingga suara pantul akan terdengar sehabis suara orisinil diucapkan.

Gaung
Kalau gema merupakan terdengarnya suara pantul sehabis suara orisinil final diucapkan. Makara gema itu akan mengasilkan suara kedua yang sama bunyinya dengan suara asli. Bagaimana dengan gaung?

Gaung merupakan terdengarnya kembali sebagian dari suara asli. Contoh dalam kehidupan sehari-hari suara gaung yaitu pada dikala kita berbicara di dalam sebuah gedung. Bunyi yang kita keluarkan akan dipantulkan oleh dinding, lantai dan langit-langit gedung tersebut. Karena jarak dinding, lantai dan langit-langit gedung tidak terlalu jauh dengan sumber suara maka suara yang kita keluarkan akan dipantulkan dengan cepat ke pendengar dan suara yang terdengar sebagian dari suara aslinya.

Jika kita mempelajari wacana suara dan perambatannya Pengertian Nada, Desah, Gema dan Gaung
teladan gambar ruang aula
sumber: sv.wikipedia.org

Nah itu postingan Mafia Online wacana pengertian nada, desah, gema dan gaung serta beberapa contohnya. Mohon maaf kalau ada kata yang salah dalam postingan ini. Salam Mafia => Kita niscaya bisa.

Sumber http://mafia.mafiaol.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Nada, Desah, Gema Dan Gaung"

Posting Komentar