Mengenal Bentuk Berdiri Datar Trapesium

Pagi bangkusekolah.com, biar sehat selalu pastinya. Pada kesempatan kali ini Sobat akan membahas perihal “Mengenal Bentuk Bangun Datar Trapesium“. Sebelum masuk ke bahasan kali ini teman harus tahu dahulu bangkit datar itu apa? Nah, Kalau belum tahu teman cari arti atau definisinya, ciri-ciri bangkit datar, bentuk bangkit datar. Bahasan kita bahas kali ini niscaya ada kaitannnya dengan bahan sebelumnya. Ingat ya teman jangan lupa pada bahan sebelumnya alasannya yaitu bahan bentuk bangkit datar trapesium sangat penting sekali untuk bahasan kita ini.


Mengenal Bentuk Bangun Datar Trapesium


Coba teman amatilah bentuk-bentuk apa saja yang ada didalam kehidupan sehari-hari, di antaranya kita melihat atap rumah budpekerti ada yang berbentuk trapesium. Dalam bahasan kali ini teman harus sudah memahami bahan sebelumnya, Supaya simpel dalam pembahasannya kali ini. Ok supaya tidak terlalu usang dan resah kita pribadi saja ke bahan yang akan kita bahas kali ini.


Dari beberapa pengamatan suatu benda atau karya seni yang terdapat pada atap rumah dan berbentuk bangkit datar trapesium, ibarat gambar yang ada di bawah ini.


 Pada kesempatan kali ini Sobat akan membahas perihal  Mengenal Bentuk Bangun Datar TrapesiumPerhatikan gambar yang ada diatas merupakan gambar sebuah rumah yang ada di Indonesia dan atap rumah tersebut merupakan bentuk bangkit datar trapesium. Nah, apa pengertian trapesium dan bagaimana sifat-sifat trapezium tersebut?


Pengertian trapesium


Perhatikanlah gambar yang ada dibawah. Gambar-gambar tersebut yaitu macam-macam bangkit datar trapesium. Pengertian trapesium merupakan suatu bangkit segi empat yang mempunyai empat sisi dan sempurna sepasang sisinya yang saling berhadapan sejajar.


 Pada kesempatan kali ini Sobat akan membahas perihal  Mengenal Bentuk Bangun Datar TrapesiumJenis-jenis trapesium


Secara umum ada tiga jenis trapesium yang kita ketahui sebagai berikut.


Bangun datar trapesium sebarang


Bangun datar trapesium sebarang yaitu trapesium yang mempunyai sisi yang tidak sama panjang pada ke empat sisinya. Pada gambar dibawah, AB // DC, sedangkan masing-masing sisinya yang lain bentuknya tidak sama panjang yaitu AB, BC, CD, dan AD.


 Pada kesempatan kali ini Sobat akan membahas perihal  Mengenal Bentuk Bangun Datar Trapesium


Bangun datar trapesium sama kaki


Bangun datar trapesium sama kaki yaitu trapesium yang mempunyai sepasang sisi yang sama panjang dan mempunyai sepasang sisi yang sejajar. Pada gambar dibawah, AB // DC dan AD = BC, artinya kedua sisi gambar yang ada dibawah ini sama sejajar dan kedua sisi yang lain sama panjang. Pada kesempatan kali ini Sobat akan membahas perihal  Mengenal Bentuk Bangun Datar Trapesium


Bangun datar trapesium siku-siku


Bangun datar trapesium siku-siku yaitu trapesium yang salah satu sudutnya membentuk sudut siku-siku yaitu 90°. Pada gambar dibawah, garis AB // DC sedangkan pada garis DAB membentuk besar sudut 90° (siku-siku). Pada kesempatan kali ini Sobat akan membahas perihal  Mengenal Bentuk Bangun Datar TrapesiumSifat-sifat trapesium


Perhatikan gambar yang ada di bawah ini. Pada kesempatan kali ini Sobat akan membahas perihal  Mengenal Bentuk Bangun Datar TrapesiumPada gambar diatas tersebut telah menawarkan bangkit trapesium PQRS. Karena PQ sejajar RS (PQ // RS), maka diperoleh:



  • ∠RPQ dalam sepihak dengan ∠PRS, sehingga ∠RPQ + ∠PRS = 180°.

  • ∠PQS dalam sepihak dengan ∠QSR, sehingga ∠PQS + ∠QSR = 180°.


Secara umum sanggup kita katakan bahwa jumlah sudut yang berdekatan di antara dua sisi sejajar pada trapesium yaitu 180°.


Berdasarkan diatas jenis-jenis trapesium dan klarifikasi yang sebelumnya maka sifat-sifat trapesium yaitu sebagai berikut.



  1. Bangun datar trapesium mempunyai empat buah sudut dan jumlah dua sudut yang berdekatan atau yang disebut dengan sudut dalam sepihak adalah 180°.

  2. Bangun datar trapesium mempunyai sepasang sisi yang sejajar.

  3. Bangun datar trapezium mempunyai sepasang sisi yang sama panjang.

  4. Bangun datar trapezium mempunyai sepasang sisi yang tidak sama panjang.


Bagaimana teman bangkusekolah.com simpel bukan memahami bahan bangkit datar trapesium. Ok sekian dulu klarifikasi dari kami biar bermanfaat. Sampai bertemu lagi di bahasan berikutnya.



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Mengenal Bentuk Berdiri Datar Trapesium"

Posting Komentar