Cara Menghemat Bbm Pada Motor Dan Kendaraan Beroda Empat Biar Irit

Cara Menghemat BBM – Semua orang niscaya menginginkan kendaraan bermotor yang hemat supaya materi bakar minyak (BBM) tidak cepat habis. Yah, setiap kendaraan mempunyai konsumsi BBM berbeda-beda. Ada yang irit, ada pula yang boros. Namun sebetulnya ada beberapa faktor yang mepengaruhi keiritan motor ataupun mobil.


Yang paling kuat yaitu spesifikasi mesin yang digunakan. Apabila mengendarai motor atau kendaraan beroda empat ber-cc besar, tentu konsumsi materi bakarnya lebih boros dibandingkan kendaraan ber-cc kecil, menyerupai motor dengan kapasitas mesin dibawah 250cc atau kendaraan beroda empat LCGC yang rata-rata mempunyai mesin 1.00cc hingga 1.200cc




Kapasitas mesin memang sangat kuat terhadap konsumsi materi bakar. Pasalnya mesin membutuhkan tenaga ekstra untuk menggerakan semua komponen yang ada di dalamnya. Sebenarnya ada beberapa cara menghemat BBM yang wajib dicoba supaya konsumsi materi bakar tak terlalu boros.


Cara yang paling simple yaitu mengurangi pemakaian kendaraan. Namun padatnya acara sering kali memaksa kita harus menggunakan kendaraan beroda empat ataupun motor untuk berpergian dari satu daerah ke daerah lainnya. Masih banyak cara menghemat BBM lainnya, dan untuk mengetahuinya silahkan simak warta berikut.


Tips dan Cara Menghemat BBM Kendaraan Bermotor Semua orang niscaya menginginkan kendaraan bermotor yang hemat supaya materi bakar minyak  Cara Menghemat BBM Pada Motor dan Mobil Agar Irit


1. Memilih Bahan Bakar Yang Tepat


Cara menghemat BBM yang pertama yaitu menentukan materi bakar yang tepat. Pemakaian jenis materi bakar sangat kuat terhadap keiritan kendaraan bermotor. Masbro harus mengikuti ajuan pabrikan supaya materi bakar yang dipakai sesuai dengan spesifikasi mesin.


Tak hanya menciptakan motor atau kendaraan beroda empat lebih irit, pemakaian materi bakar yang sempurna juga memaksimalkan performa mesin, sehingga kendaraan lebih responsif dan nyaman ketika berakselerasi.


2. Jangan Kebut-Kebutan


Sering kali pengendara motor atau kendaraan beroda empat ingin memacu kendaraannya dengan cepat. Namun hal tersebut bisa berimbas terhadap pemakaian materi bakar yang lebih boros. Ada baiknya mempertahankan kecepatan kendaraan pada putaran mesin yang ideal, yakni sekitar 3.000 rpm.


Selain itu, masbro jangan menginjak gas secara tiba-tiba yang akan menciptakan putaran mesin terlalu tinggi sehinga mengakibatkan konsumsi materi bakar semakin besar. Lebih baik berkendara dengan pelan, namun kondusif dan bisa menghemat BBM


3. Hindari Mengerem Mendadak


Sering kali pengendara motor ataupun kendaraan beroda empat mengerem mendadak dikarenakan jarak dengan kendaraan di depan terlalu dekat. Setelah mengerem mendadak rata-rata pengendara motor atau kendaraan beroda empat pribadi tanjap gas. Inilah salah satu faktor yang menciptakan materi bakar menjadi boros.


Nah supaya konsumsi BBM tetap hemat, maka kami sarankan untuk menjaga jarak dengan kendaraan di depan, sehingga mencegah pengereman mendadak yang otomatis menciptakan BBM lebih boros.


4. Menambah kecepatan Secara Bertahap


Sah-sah saja apabila kita memacu kendaraan pada kecepatan tinggi. Walaupun konsumsi materi bakar lebih boros, namun kita bisa meminimalisirnya dengan cara menambah kecepatan secara bertahap. Cara menghemat BBM ini cukup efisien dan terbukti bisa mengurangi konsumsi materi bakar. secara signifikan.


5. Hindari Jalanan Macet


Sudah menjadi diam-diam umum bahwa berkendara di kemacetan akan menciptakan konsumsi materi bakar lebih boros. Hal ini terjadi sebab mesin akan bekerja terlalu ekstra pada putaran mesin rendah, sehingga membutuhkan energi materi bakar lebih besar. Makara lebih baik masbro mencari jalan alternatif supaya terhindar dari kemacetan.


6. Menggunakan Gigi Yang Tepat


Pemakaian gigi persneling yang tidak sempurna akan memboroskan materi bakar. Kasus yang sering terjadi yaitu menggunakan gigi tinggi ketika melitasi jalan menanjak ataupun mengemudikan kendaraan beroda empat dengan gigi rendah secara terus menerus.


Bagi yang menggunakan kendaraan beroda empat matic ataupun motor matic, maka perpindahan gigi persneling akan diatur secara otomatis. Nah supaya konsumsi BBM lebih irit, maka kita harus mengatur kecepatan kendaraan.


7. Hindari Cuca Buruk


Cuaca jelek yang sering kali diiringi hujan dan angin. Hal tersebut bisa mengakibatkan konsumsi BBM lebih boros sebab dikarenakan hambatang angin yang akan memperlambat laju kendaraan. Apabila mengalami hal tersebut, kami sarankan untuk berhenti sejenak hingga cuaca kembali normal.


Selain menciptakan BBM boros, berkendara di cuaca jelek juga sangat berbahaya. Bisa-bisa kendaraan beroda empat hilang kendali sebab jala telalu licin. Bahkan sering kali ada pohon tumbang yang bisa berakibat fatal.


8. Parkir Di Tempat Teduh


Mungkin masbro bisa tahu bahwa cara menghemat BBM yaitu dengan parkir di daerah yang teduh. Hal ini perlu dilakukan supaya penguapan materi bakar lebih sedikit.


Cara mengemat BBM ini juga menjaga supaya cat kendaraan beroda empat atau motor tidak cepat kusam. Masbro juga harus mencari daerah parkir yang aman. Lebih baik menghindari parkir di bawah pohon besar, sebab rawan tumbang apabila cuaca buruk


9. Kurangi Pemakaian Kendaraan


Mengurangi pemakaian kendaraan memang cukup sulit. Terlebih bagi masbro yang mempunyai acara tinggi, maka mau tak mau harus menggunakan kendaraan beroda empat untuk berpergian.


Namun apabila jarak yang ditempuh cukup dekat, maka cara menghemat BBM yang sarankan untuk beralih menggunakan sepeda motor yang konsumsi BBM-nya lebih irit. Masbro juga bisa menggunakan transportasi masal, menyerupai kereta atau bus demi mengemat BBM.


10. Matikan Mesin Kendaraan Saat Berhenti Dalam Waktu Lama


Sering kali pemilik kendaraan beroda empat tetap menghidupkan mesin ketika berhenti dalam waktu lama. Padahal hal tersebut menciptakan materi bakar terbuang sia-sia.


Biasanya pemilik kendaraan beroda empat beralasan supaya AC kendaraan beroda empat tetap cuek sehingga mesin tetap dihidupkan. Nah cara menghemat BBM yang kami sarankan yaitu lebih baik mematikan mesin jikalau berhenti lebih dari 5 menit.


11. Mengatur Tekanan Angin Ban


Tekanan angin ban juga kuat terhadap konsumsi BBM. Apabila ban terlalu keras atau terlalu lembek, maka jumlah materi bakar yang diharapkan semakin besar. Lebih baik masbro mengikuti saran dari pabrikan yang sudah memutuskan besaran tekanan angin pada ban.


12. Hindari Membawa Beban Terlalu Berat


Mesin yang bekerja terlalu ekstra akan menciptakan konsumsi BBM lebih boros. Masalah tersebut sering kali terjadi sebab beban muatan terlalu berat dan melebihi standar yang ditentukan pabrikan. Kami yakin semua pabrikan telah melaksanakan uji coba untuk mengukur sejauh mana kemampuan produknya.


13. Ganti Oli Secara Rutin


Mengganti oli secara rutin wajib dilakukan para pemilik motor ataupun mobil. Oli sendiri bertugas untuk melumasi komponen mesin supaya bisa berkerja secara optimal.  Makara apabila kondisi oli kurang bagus, maka akan terjadi ukiran pada komponen mesin yang menjadikan beban mesin terlalu berat dan berakibat terhadap konsumsi BBM yang semakin besar. Oleh sebab itulah kami menyarankan untuk mengganti oli secara terpola sesuai jarak tempuh yang sudah ditetapkan.


14. Jangan Asal Memilih Oli


Oli motor maupun kendaraan beroda empat mempunyai tingkat kekentalan berbeda-beda. Masbor harus menentukan oli yang sesuai dengan spesifikasi mesin, sehingga menciptakan performa mesin selalu optimal dan menjadikannya lebih hemat BBM. Makara jangan hingga salah menentukan oli, dan pastikan oli yang dipakai sesuai dengan spesifikasi mesin serta jenis kendaraan yang masbro miliki.


15. Tune-Up Mesin


Tak hanya cukup mengganti oli secara berkala, cara menghemat BBM juga bisa dilakukan dengan tune-up mesin supaya performa mesin semakin optimal dan materi bakar semakin irit. Mobil yang jarang di tune-up biasanya mempunyai tarikan mesin yang lebih berat. Hal tersebut akan berakibat pada konsumsi BBM yang lebih boros.


Nah itulah beberapa cara menghemat BBM yang wajib masbro ketahui supaya kendaraan beroda empat atau motor tetap irit. Selain cara menghemat BBM di atas sebetulnya masih ada beberapa cara lainnya. Salah satunya yaitu gaya berkendara masing-masing driver. Bagi yang sering berkendara ugal-ugalan tanpa menghiraukan kecepatan ataupun perpindahan gigi, maka kami jamin konsumsi materi bakarnya lebih boros.
















Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Harga Master Rem BremboSyarat Kredit Motor
Harga Motor KLXHarga Motor Trail Mini 

Dengan mengikuti tips dan cara mengemat BBM yang kami sampaikan di atas, harapannya masbro bisa mengurangi pemakaian BBM secara signfikan. Apabila kendaraan semaki irit, tentu uang yang kita keluarkan untuk membeli materi bakar semakin kecil. Nah demikianlah tips otomotif kali ini, semoga cara menghemat BBM di atas bermanfaat dan bisa menjadi tumpuan bagi pemilik motor ataupun kendaraan beroda empat yang menginginkan kendaraan miliknya tetap irit.



Sumber https://www.otomotifo.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menghemat Bbm Pada Motor Dan Kendaraan Beroda Empat Biar Irit"

Posting Komentar