Cara Mendapat Uang Dari Youtube Memakai 3 Taktik Jitu

Lebih dari lima miliar video YouTube ditonton di seluruh dunia setiap harinya. Dan video-video tersebut tidak hanya sekedar ditonton, tapi info yang terkandung pada video-video tersebut juga dilahap oleh YouTubers. Fenomena yang konstan tersebut menjadi peluang yang sangat menjanjikan bagi para pelaku vlog untuk mendapatkan uang dari YouTube. Rata-rata satu sesi video YouTube ditonton sekitar 40 menit oleh satu orang penonton. Nilai tersebut naik 50% dari tahun sebelumnya, berdasarkan Omnicore.


Walaupun ada cara untuk menghasilkan uang dari blog, butuh waktu yang usang biar bisa menerima untung. Tapi lain ceritanya dengan vlog semenjak zaman kepopuperan YouTube mirip ketika ini. Video yang menarik dan bermanfaat niscaya dicari orang yang membutuhkannya. Siapa saja bisa menciptakan video yang layak ditonton, asalkan tau caranya. YouTube bukan hanya untuk pembuat film amatiran atau orang-orang tertentu saja. Musisi, TV swasta, perjuangan kecil, perusahaan dan individu menemukan nilai uang terkandung dalam setiap konten video keren yang mereka buat yang di publikasikan channel YouTube mereka.


Mulai Dengan Membuat Channel Youtube Kamu


Channel YouTube yang “aktif dan atraktif” ialah media branding yang berpengaruh bagi pengguna dan sanggup memperluas jangkauan ke pemirsa baru. Channel YouTube juga sanggup membangun basis pelanggan bersponsor atau dibayar oleh perusahaan lain yang ingin mengiklankan produk atau jasa mereka melalui YouTube. Jika kau ingin menciptakan Channel YouTube, kau bisa memulainya secara gampang dengan membuat akun Google terlebih dahulu.


Sebelum meluncurkan channel YouTube untuk tujuan menghasilkan uang, terlebih dahulu kau perlu tetapkan laba apa yang ingin kau dapatkan. Apakah kau ingin memakai YouTube sebagai media mempromosikan produk atau jasa kau sendiri, mempromosikan usaha kecil kamu, atau, apakah kau ingin video-video kau menghasilkan uang dari pendapatan iklan langsung (AdSense) dari YouTube? Setelah menentukan, buatlah sebuah nama channel yang keren, gampang dilafalkan dan gampang diingat. Tidak ada salahnya juga menciptakan sebuah channel memakai nama kau sendiri bila kau ingin memperkuat personal branding kamu.


3 Cara Menghasilkan Uang dari YouTube


Ada tiga cara menghasilkan uang dari YouTube, antara lain; menjadi pengiklan, menjadi platform periklanan atau menggandeng sponsor. Sebagai pengiklan, kau membayar YouTube untuk Preroll, Bumper, atau TrueView yang menciptakan video kau ditampilkan di hadapan calon pelanggan yang tertarget berdasarkan kriteria tertentu. Sedangkan bila channel kau khusus jadikan sebagai platform periklanan, kau menerbitkan video yang cukup hanya ditonton pemirsa demi menampilkan iklan video singkat milik orang atau perusahaan lain. Cara ini disebut juga dengan YouTube Partner (Mitra YouTube). Dan yang terakhir dan tak kalah jitunya ialah dengan cara menggandeng sponsor pihak luar. Yaitu mempromosikan produk atau layanan perusahaan milik orang lain melalui konten video atau “deskripsi video”.


Di bawah ini kau akan melihat rincian dari ketiga cara mendapatkan uang dari YouTube yang disebutkan tadi. Ketiga cara tersebut disebut juga dengan taktik monetisasi vlog. Untuk lebih terang lagi, kita akan membahas 3 channel populer yang pernah hingga artikel ini dibentuk menghasilkan uang banyak dari Youtube. Ketiga channel tersebut ialah Clash Royale (TruView Ads), T-Series (program YouTube Partner) dan Marques Brownlee (link sponsor (Affiliasi)).


Pelajari cara mendapatkan uang dari YouTube bila kau ingin menjadi vlogger populer dan sukses seiring dengan menguatnya branding channel YouTube kamu.


1. Menjadi Pengiklan


Sebagai pengiklan di YouTube, kau mengisi channel YouTube kau dengan iklan video yang kau buat sendiri. Perbedaan antara iklan YouTube dan iklan TV ialah bahwa kau berpeluang besar menampilkan iklan video kau ke segmen audiens yang lebih spesifik (tertarget) dan engagement audiens nya lebih tinggi (lebih sering terlibat). Kamu perlu membayar ke YouTube biar bisa menghosting iklan video kau di channel YouTube punya orang lain, yang mempunyai audiens persis mirip yang kau targetkan.


Channel yang akan meng-host iklan video kau bisa dari pihak yang nama channel-nya sudah populer hingga ke pengguna perorangan yang punya konten video sudah ditonton oleh audiens yang mempunyai kriteria yang sesuai dengan sasaran kamu. Itulah alasan kenapa setiap channel YouTube yang ingin menjadi YouTube Partner (akan dibahas di taktik berikutnya), konten video miliknya harus sudah ditonton minimal 4000 jam tonton secara total. Barulah layak mendaftar menjadi YouTube Partner.


Kemungkinan besar alasan dibuatnya persyaratan tersebut adalah; machine learning YouTube harus terlebih dahulu mengevaluasi mirip apa kriteria audiens yang sering masuk suatu channel gres yang punya konten video. Kemudian algoritma tersebut melaksanakan data mining terhadap channel tersebut. Hal ini akan sangat menguntungkan bagi para calon pengiklan dan channel yang terlibat dalam hal meningkatkan ke-efektifan iklan video dan penghasilan yang akan diperoleh Mitra YouTube.


Saat beriklan di YouTube, perlu diketahui bahwa kau memainkan permainan panjang. Mungkin terasa berat untuk membayar orang lain demi slot klip video pembuka yang tidak menjamin akan dilihat oleh calon pembeli tertarget, apalagi mendapatkan klik ke situs atau toko online kau yang berpeluang dikonversi menjadi pelanggan jangka panjang.


Akan tetapi, penelitian memperlihatkan bahwa iklan video di YouTube membayar berdasarkan total lamanya waktu audiens melihat iklan TrueView (akan dijelaskan di bawah) peluangnya 10 kali lebih mungkin biar audies mengambil tindakan yang diminta oleh iklan ketimbang inisiatif sendiri. Artinya, iklan video jenis TrueView memberi YouTuber keleluasaan untuk menentukan iklan video mana yang ingin mereka tonton dan kapan. Dengan demikian, pengiklan tidak akan membayar penayangan yang tidak diinginkan YouTuber.


Berikut ialah ikhtisar dari tiga opsi periklanan di YouTube yang bisa kau pilih:


Iklan TrueView



  • Contoh channel yang melakukannya: Clash Royale

  • Penghasilan: $2.600 – $41.600 per bulan


Apakah kau punya kisah jago untuk diceritakan dan juga ada kaitannya dengan produk atau jasa kamu? Jika iya, maka TrueView sangat cocok untuk kamu. Iklan TrueView bisa menjadi peluang buat kau untuk menciptakan banyak sekali klip video kreatif berkualitas tinggi yang lebih lama, yang akan muncul berdekatan dengan video YouTube yang sudah ditonton audiens yang sesuai dengan kriteria sasaran kamu. Iklan jenis ini ada dua bentuk, yakni In-Stream dan Discovery.


Iklan Video In-Strem diputar tepat sebelum video yang ingin ditonton pengguna YouTube, “dalam aliran” video tersebut. Pengguna sanggup menentukan untuk melewati iklan video ini sehabis lima detik diputar, mirip yang ditunjukkan pada gambar bawah ini, dan melompat ke konten video. Iklan In-Strem bisa berdurasi 12 detik hingga 6 menit.


Lebih dari lima miliar video YouTube ditonton di seluruh dunia setiap harinya Cara Mendapatkan Uang dari YouTube Menggunakan 3 Strategi Jitu


Iklan Video Discovery muncul pada sidebar kanan konten video yang ingin ditonton pengguna, tepat di bawah video “Up Next” yang disarankan. Tampilannya mirip yang terlihat di bawah ini.


Lebih dari lima miliar video YouTube ditonton di seluruh dunia setiap harinya Cara Mendapatkan Uang dari YouTube Menggunakan 3 Strategi Jitu


Karena alasan waktu yang kau alokasikan untuk format iklan video mirip ini, disarankan biar memanfaatkan jenis iklan ini untuk tujuan merk development (pengembangan merek) ketimbang demi mendapatkan klik ke channel, blog, atau toko online kamu. Iklan jenis ini sangat cocok untuk menghasilkan pendapatan lewat merk awareness jangka panjang melalui kisah yang tidak ingin dilewati orang. Alhasil audiens mengingat merek kau ketika berikutnya mereka menelusuri produk atau layanan kamu.


Baik iklan video jenis In-Stream atau Discovery ialah jenis iklan pay-per-view (bayar-per-tayang). Artinya, kau membayar YouTube dengan tarif tetap untuk setiap tampilan iklan video kamu. Dan Return on Investment (ROI) nya sanggup diukur di Google AdWords. YouTube menghitung satu “tampilan” sehabis iklan tersebut 30 detik ditonton, atau terjadinya klik pada ketika iklan video diputar. Jika video kurang dari 30 detik, penayangan yang termasuk dihitung berbayar ialah dari orang-orang yang menonton iklan hingga habis.


Clash Royale, sebuah aplikasi game mobile populer telah yang memproduksi iklan TrueView. Iklan-iklan nya secara konsisten masuk dalam daftar 10 besar iklan YouTube paling banyak ditonton pada tahun 2017. Iklan yang dipublikasikan pada final Desember 2016 yang berjudul “The Last Second” memperoleh tampilan lebih dari 110 juta di final tahun 2017. Kampanye tersebut berkontribusi pada taktik pemasaran YouTube yang menciptakan penghasilan sekitar $2,6 ribu per bulan, mirip yang beritakan oleh SocialBlade.


Iklan Video Preroll


Seperti iklan In-Stream, iklan Preroll diputar dalam pedoman sebelum konten video pilihan ditonton pengguna. Perbedaannya jenis iklan ini tidak sanggup dilewati sehabis lima detik. jenis iklan video ini juga berjalan sekitar 15 hingga dengan 20 detik.


Karena tampilan iklan diharapkan dalam format iklan mirip ini, pengiklan membayar per klik. Jadi, perlu menciptakan nilai klik sepadan dengan harga yang dibayar. Iklan preroll dengan call-in-action yang menarik sanggup mengarahkan pemirsa ke halaman tertentu di website atau toko online kau yang berpotensi menjadi penghasilan utama lewat penjualan.


Kamu juga sanggup memanfaatkan opsi remarketing (pemasaran ulang) YouTube yang memungkinkan kau mengirim kembali video gres ke pengguna yang sudah terlibat dengan channel YouTube kamu. Strategi remarketing sangat efektif diterapkan dengan metode inbound marketing campaign.


Opsi remarketing tersebut sanggup membantu kau untuk mempelajari latar belakang dan minat orang lebih lanjut pada ketika mereka mendapatkan video gres yang mengarahkan ke halaman baru.


Iklan Video Bumper


Bumper ialah iklan video terpendek yang sanggup kau terapkan. Iklan berdurasi enam detik ditampilkan tepat sebelum konten yang dipilih pemirsa (sama mirip dua opsi di atas). Tetapi jenis iklan video ini lebih cocok untuk membangun merk awareness dalam waktu singkat di sela-sela video panjang, atau diantara playlist YouTube yang sedang didengarkan pengguna.


Meskipun jenis iklan video ini singkat, YouTube menandakan bahwa 90% iklan bumper diingat oleh pemirsa. Iklan Bumper dijual melalui sistem bayaran cost-per-minute (CPM). Berarti pengiklan membayar untuk setiap 1.000 pemutaran iklannya di YouTube.


Jadi, bagaimana kita bisa melacak kinerja ketiga jenis iklan video yang disebutkan di atas? Setelah menciptakan channel YouTube dan mengunggah konten video kamu, kau bisa masuk ke akun Google AdWords dan menghubungkannya ke kampanye video kamu. Di AdWords, pilih jenis campaign, format iklan, anggaran, dan ditujukan kepada pemirsa mirip apa video kau akan diputar di YouTube.


Kamu sanggup menargetkan pemirsa yang sangat spesifik, dan menganailas tingkat konversi setiap video tersebut secara terpisah untuk mengetahui seberapa banyak perjuangan dan penghasilan yang kau buat.


2. Menjadi Platform Periklanan


Jika periklanan diibaratkan dengan sebuah lari maraton, dua taktik berikutnya ialah sprint dan sebagainya. Ketika kau berpikir wacana cara mendapatkan uang dari YouTube, kau mungkin memikirkan opsi-opsi yang akan disebutkan di bawah. Dalam opsi nomor 2 ini, kau yang dibayar untuk meng-host iklan orang lain, atau posisi kau kebalikan dari opsi nomor 1 di atas.


Kelebihan opsi ini dibandingkan dengan opsi pertama tadi ialah bahwa kau bisa menyebabkan konten video kau menjadi ruang iklan yang sanggup menghasilkan uang lebih cepat dan langsung masuk ke rekening Adsense kamu. Cara yang satu ini membutuhkan banyak perjuangan pembuatan konten berkualitas dan menarik demi pendapatan yang terbilang layak untuk dijadikan penghasilan utama.


Berikut ini ialah opsi platform periklanan yang bisa kau pilih:


Program YouTube Partner (YPP)



  • Contoh channel yang melakukannya: T-Series

  • Penghasilan: $ 723.500 – $11,6 juta per bulan


YouTube Partner Program (YPP) memungkinkan channel untuk memonetisasi konten video mereka dengan menayangkan iklan yang dibentuk oleh pengguna YouTube lainnya secara otomatis.


Seperti yang disebutkan diatas tadi, salah satu persyaratannya (yang paling rumit) ialah dengan mengharuskan channel telah mempunyai pencapaianjam tonton minimal 4.000 jam tonton dan sudah punya 1.000 subscribers dalam 12 bulan terakhir. persyaratan tersebut terasa lebih ringan dibandingkan sebelum tahun 2018 yang mengharuskan channel mencapai total tampilan video sebanyak 10.000 kali. Setelah kau lolos dua persyaratan tersebut, kau bisa mendaftar untuk menjadi Youtube Partner melalui langkah-langkah berikut:



  • Di sisi kanan atas beranda YouTube kamu, klik ikon akun dan pilih “Creator Studio”.

  • Kemudian di sisi kiri, klik “Channel” dan pilih “Status and features”.

  • Di bawah kotak “Monetization,” klik “Enable.”

  • Kamu akan diminta untuk menyetujui Ketentuan YPP (YPP Terms). Kemudian kau mendaftar akun AdSense sehingga kau sanggup mendapatkan pendapatan melalui akun YouTube yang dimonetisasi.

  • Tetapkan preferensi hosting iklan kau dan ikuti petunjuk cara mengirimkan channel kau untuk ditinjau oleh pihak official AdSense.


Biasanya, YouTube mengirim email mengenai keputusan apakah kau diterima menjadi YPP atau tidak dalam kurun waktu sekitar satu ahad sehabis mendaftar, jadi bersabarlah menunggu. Jika kau masih dalam tahap ingin menjadi YPP dan sedang berusaha mencapai 4000 jam tonton dan mendapatkan 1000 subscribers, postinglah video secara produktif. Jika kau hanya mempunyai satu atau dua video saja di channel YouTube, tentunya masih butuh perjuangan produksi video lebih banyak lagi. Tidak ada ketentuan baku seberapa banyak video yagn dibutuhkan biar bisa diterima YPP. Yang terpenting dan yang perlu diterapkan ialah menciptakan video berkualitas dan menarik yang tidak melanggar Ketentuan YPP.


Kisah T-Series Menghasilkan Uang Melalui Program YPP


T-Series ialah teladan channel yang baik dalam hal kuantitas dan konsistensi yang sanggup menyebabkan channel kau dicari oleh para pengiklan di YouTube. Perusahaan rekaman dari India ini memposting banyak video musik untuk lagu-lagu yang ditulis dan dikumandangkan di Bollywood. Walaupun perusahaan ini didirikan pada tahun 1984 dan gabung ke YouTube sekitar 10 tahun lalu, dengan taktik video musik yang dibuatnya bisa menempatkan posisinya melengserkan PewDiePie (channel YouTube yang berfokus pada video game) dan menjadi channel YouTube yang paling populer di dunia dengan subscribers lebih dari 95 juta.


T-Series menghasilkan uang tidak kurang dari $724.000 per bulan hanya dari channel YouTube-nya, berdasarkan informasi yang didapat dari SocialBlade. Yang mana penghasilannya lebih banyak didapatkan dari kegiatan YouTube Partner.


Dengan menerbitkan beberapa video dalam seminggu, kau sanggup membangun jumlah penonton biar memenuhi syarat untuk YPP dan menghasilkan uang. Lebih banyak video yang kau buat dalam seminggu juga lebih bagus. YouTube membagi pendapatan iklan 55-45 dengan mitranya. Artinya, 45% untuk Google dan 55% untuk kamu. Berarti pengiklan yang berinvestasi $1.000 dalam menayangkan iklan di channel kau berpotensi penghasilan $550 untuk kamu.


Presiden T-Series sempat beropini bahwa channel YouTube mereka tidak akan menghasilkan uang yang layak. Melainkan sebelumnya mereka hanya berspekulasi bahwa channel YouTube  mereka paling tidak sanggup meningkatkan peluang penambahan jumlah penonton. Malah faktanya jauh melebihi harapan, selain meningkatkan followers, juga menghasilkan pendapatan yang melebihi penghasilan yang mereka buat melalui cara convensional.


3. Menggandeng Sponsor Pihak Luar (Affiliate)



  • Contoh channel yang melakukannya: Marques Brownlee

  • Penghasilan: $6.900 – $109.800 per bulan


Untuk sanggup menggandeng sponsor biasanya tidak harus memenuhi persyaratan yang terlalu rumit mirip yang disebutkan di strategi-strategi sebelumnya. Banyak perusahaan atau pelaku startup yang menyampaikan kerjasama afiliasi via affiliate network untuk memasarkan produk gres mereka. Akan tetapi, bila channel YouTube kau terlihat meyakinkan, profesional dan terdiri dari video-video berkualitas yang sudah ditonton jutaan orang, tentu prusahaan-perusahaan besar sekelas Indosat, Telkomsel dll, akan dengan sendirinya berinisiatif menghubungi kau untuk tujuan mensponsori channel atau video kau di YouTube. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas satu per satu.


Link Afiliasi


Sebagai afiliasi, tidak perlu harus persyaratan YPP yang sudah disebutkan di atas. Cara termudah menggandeng sponsor ialah dengan bergabung ke kegiatan affiliate network bergengsi mirip CJ (global), Maxbounty (global), Indoleads (Indonesia), dsb. Disitu banyak perusahaan dari banyak sekali level menyampaikan kolaborasi afiliasi. Dan untuk pasar Indonesia, kau bisa lebih mendapatkan uang dari YouTube dengan memakai affiliate langsung dari Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dsb. Atau bila audiens YouTube kau banyak orang Amerika atau Inggris, kau bisa gabung ke kegiatan Amazon Affiliate. Jika kau ialah seorang travel vlogger, kau bisa memasang link affilite situs-situs travel mirip Traveloka, Hotels, Airbnb, dsb.


Mungkin bila kau ialah seorang blogger, istilah affiliate sudah tidak absurd lagi bagi kamu. Akan tetapi, belum tentu yakin bahwa cara mendapatkan uang dari YouTube memakai kegiatan affiliate sangat ampuh untuk mendulang dolar. Menggunakan cara ini berarti kau sendirilah yang berinisiatif membawa tautan affiliasi ke deskripsi video kau sendiri. Cara ini ialah opsi cantik untuk channel YouTube yang menyampaikan video review dan tips atau trik. Jenis konten video mirip itu lebih cocok dipakai untuk merekomendasikan “produk baru” ke pemirsa.


Ubah deskripsi video YouTube kau menjadi penempatan tautan link affiliasi produk berbayar dengan sedikit klarifikasi mengenai video yang kau tayangkan. Contohnya kurang lebih mirip yang dibentuk oleh channel Marques Brownlee. Lihat gambar di bawah ini:


Lebih dari lima miliar video YouTube ditonton di seluruh dunia setiap harinya Cara Mendapatkan Uang dari YouTube Menggunakan 3 Strategi Jitu


Jika tipraktekkan dengan baik dan bersiklus rapi, mengadopsi affiliate marketing ke channel YouTube kau bisa menghasilkan lebih banyak uang ketimbang kedua cara sebelumnya. Kamu bisa menerima komisi dari hasil penjualan  banyak sekali jenis produk dan jasa dari banyak sekali merek.


Video Bersponsor


Kepribadian vlogger YouTube Marques Brownlee mempromosikan tautan afiliasi mirip yang ditampilkan pada gambar di atas. Videonya mengulas produk ponsel Samsung Galaxy di YouTube. Dengan dilakukan secara konsisten dan tekun, menyebabkan periklanan afiliasi sebagai pedoman pendapatan yang sempurna. Karena selain menghasilkan uang melalui tautan afiliasi, tidak menutup kemungkinan juga dari banyaknya video yang beliau unggah ada beberapa video yang disponsori langsung oleh pemegang merek tertentu dan secara efektif diulas oleh Marques kepada audiens. Selain itu, Marques juga menyampaikan bahwa beliau juga mendapatkan uang dari YouTube via  kegiatan YouTube Partner, berdasarkan informasi yang didapat dari Recode.


Jadi, disamping menghasilkan uang di YouTube melalui kegiatan YPP, beliau juga mendapatkan penghasilan perhiasan melalui kegiatan affiliate marketing sekitar $6.900 per bulan, berdasarkan SocialBlade.


Menghasilkan Uang dari YouTube dengan Strategi Gabungan


Menjadi seorang vlogger ialah salah satu jenis bisnis online yang kini ini sudah tidak absurd lagi bagi para online marketer. Nah, sehabis sekian panjang membaca beberapa taktik menghasilkan uang lewat YouTube di atas, kau niscaya mendapatkan gagasan yang baru. Yaitu menghasilkan uang dari YouTube dengan menggabungkan ketiga cara tersebut sekaligus. Jika kau merasa bisa memproduksi video-video menarik untuk ditayangkan di YouTube, tunggu apa lagi!


Siapapun, kapanpun dan dimanapun kau bisa memulai produksi video. Milikilah PC yang cocok untuk render video sekaligus software edit video yang paling kau sukai. Akan tetapi perlu dicatat bahwa segala sesuatu tidak akan berbuah manis bila tidak dilakukan dengan kerja keras dan sesuai passion. Oleh sebab itu, temukanlah dimana passion kau dan mulailah menciptakan video yang sesuai dengan yang kau minati. Jika kau lebih tertarik akan dunia gaming, tidak ada salahnya menciptakan video-video menarik mengenai ulasan video game, klarifikasi gameplay atau gamestory, dan lain sebagainya.


Itulah tadi ketiga cara mendapatkan uang dari YouTube. Kami bisa menentukan cara yang mana yang paling sesuai untuk kamu. Selamat mencoba dan sukses selalu!



Sumber https://www.wongunik.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Mendapat Uang Dari Youtube Memakai 3 Taktik Jitu"

Posting Komentar