Berapa Ukuran Gawang Sepakbola?

 

Sepakbola yakni olahraga permainan yang paling populer di seluruh dunia Berapa Ukuran Gawang Sepakbola?

Sepakbola yakni olahraga permainan yang paling populer di seluruh dunia. Sepakbola dimainkan oleh dua tim yang saling berhadapan. Masing-masing tim terdiri dari 11 orang pemain. Tujuan masing-masing tim yakni menendang bola masuk ke gawang lawan. Tim yang menciptakan gol lebih banyak akan menjadi pemenang pertandingan. Jika kedua tim menciptakan skor yang sama, maka pertandingan disebut imbang atau seri atau draw.

Sebenarnya ukuran gawang sepak bola cukup besar untuk memberi peluang para pemain suatu tim untuk menendang bola masuk ke gawang lawan. Tetapi sebuah gawang dijaga oleh seorang penjaga gawang atau kiper (goal keeper) yang berhak menangkap atau menepis bola dengan tangan di area gawangnya. Demikian pula dengan 10 pemain lainnya berusaha keras untuk mencegah lawan menendang bola ke arah gawang mereka. Oleh alasannya itu tidak gampang bagi suatu tim untuk menciptakan gol ke gawang lawan. Hal ini menciptakan pertandingan sepakbola menjadi menarik dan banyak yang suka menonton pertandingan sepakbola baik secara pribadi di lapangan maupun di layar televisi.

Gawang Sepakbola
Gawang pada lapangan spakbola terdapat pada bab tengah dari garis gawang. Gawang terdiri dari dua tiang, yang dihubungkan dengan mistar horizontal pada ujung-ujung atas kedua tiang tersebut. Gawang dilengkapi dengan jaring (net) mulai dari tiang dan mistar gawang ke arah belakang garis gawang. Jaring ini dibentangkan seolah-olah kelambu dengan menyisakan hanya bab depan gawang yang terbuka.

Tiang gawang dan mistar gawang harus berwarna putih dan terbuat dari kayu, logam, atau materi lain yang memenuhi syarat. Pada dasarnya bentuk tiang gawang dan mistar gawang tidak terlalu mengikat, yang penting tidak membahayakan atau menjadikan dampak tidak nyaman bagi para pemain. Pada awal berkembangnya permainan sepakbola, hanya ada dua tiang gawang dengan bentangan tali di bab atasnya. Mistar gawang gres dipakai pada tahun 1875.

Sebuah gol dinilai sah kalau bola yang ditendang atau ditanduk seorang pemain memasuki gawang melewati garis gawang lawan, meskipun yang terakhir menendang atau menanduk yakni pemain lawan sendiri (gol bunuh diri/own goal). Dalam permainan sepakbola, setiap gol harus mendapat pengukuhan wasit. Seorang wasit bahkan sanggup membatalkaan sebuah gol contohnya alasannya adanya pelanggaran, off-side, kecurangan, atau alasan lainnya.

Ukuran Lebar dan Tinggi Gawang Sepakbola

Sepakbola yakni olahraga permainan yang paling populer di seluruh dunia Berapa Ukuran Gawang Sepakbola?

Jarak antara kedua tiang gawang yakni 7,32 meter (8 yard). Tinggi mistar gawang dari tanah yakni 2,44 meter (8 feet). Jarak antara tiang gawang diukur antara sisi-sisi dalam dari tiang gawang. Tinggi mistar gawang diukur dari bab terendah dari mstar gawang.


Sumber https://www.finansialku.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Berapa Ukuran Gawang Sepakbola?"

Posting Komentar