√ Analisis Swot Yaitu ? Berikut Pengertian, Fungsi, Dan Contohnya

Analisis SWOT – Pengertian SWOT secara umum ialah metode perencanaan strategis yang dipakai untuk penilaian kekuatan, kelemahan, peluang, dan bahaya dalam proyek atau spekulasi bisnis. Keempat faktor itu yang membentuk SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats). Analisis SWOT merupakan sebuah bentuk analisa situasi juga kondisi yang sifatnya deskriptif.


Analisa ini menempatkan situasi dan kondisi sebagi faktor masukan, kemudian dikelompokan dengan donasi masing – masing. Perlu diketahui para pengguna analisa ini bahwa analisa SWOT hanya sebagai analisa yang dibentuk untuk menggambarkan situasi yang dihadapi, bukan menjadi alat analisa asing yang bisa menawarkan jalan keluar untuk duduk masalah yang dihadapi.


Pengertian Analisis SWOT :


Analisis SWOT adalah bentuk analisis di manajemen perusahaan atau dalam organisasi secara sistematis membantu dalam perjuangan penyusunan suatu planning yang baik untuk pencapaian tujuan, baik tujuan jangka panjang maupun jangka pendek. Ada banyak sekali manfaat yang diperoleh dari analisis SWOT ini, khususnya dalam hal pemetaan planning dalam sebuah pencapaian. Ada 4 komponen yang menjadi pondasi Analisis SWOT, secara lengkapnya akan kami jelaskan dibawah ini.


 Pengertian SWOT secara umum ialah metode perencanaan strategis yang dipakai untuk eval √ Analisis SWOT Adalah ? Berikut Pengertian, Fungsi, dan Contohnya


4 Komponen Analisis SWOT :



  1. S (Strenght / kekuatan)

    Merupakan situasi yang menjadi bab kekuatan dari organisasi atau perusahaan ketika ini. Yang harus dilakukan dalam analisis ini ialah perusahaan yang menilai keuatan dan kelemahan dari pesaingnya. Seperti apabila kekuatan perusahaan mempunyai kelebihandalam bidang teknologi maka kelebihan itu bisa dimanfaatkan untuk menjadi segmen pasar yang butuh tingkat teknologi dan juga kualitas yang maju.

  2. W (weaknesses / kelemahan)

    Merupakan situasi yang menjadi kelemahan dari perusahaan pada ketika ini. Ini merupakan cara menganalisis kelemahan di perusahaan dan menjadi hambatan yang sangat penting dan mempengaruhi perkembangan perusahaan.

  3. O (opportunities / peluang)

    Merupakan situasi yang menjadi peluang dari organisasi atau perusahaan ketika ini dan memberi peluang maju untuk perusahaan dimasa depan. Ini ialah cara untuk mencaripeluang atau cara yang bisa jadi perusahaan berkembang dimasa depan.

  4. T (threats/ ancaman)

    Merupakan situasi yang menganalisis tantangan dan bahaya yang dihadapi perusahaan untuk menghadapi banyak sekali faktor lingkungan yang kurang menguntungkan bagi perusahaan dan menjadikan kemunduran. Apabila tidak segera diselesaikan maka akan menjadi penghalang bagi perkembangan perusahaan ketika ini maupun akan datang.


Kumpulan Contoh Analisis SWOT di Perusahaan :


1. Contoh Analisis SWOT perusahaan jasa


• Kekuatan : perintis taxi online, driver lebih banyak dari taxi online lain, startup lokak besar, merk recognition tinggi dan gampang dipahami.

• Kelemahan : butuh modal besar, pengelolahan keuangan minim, dibeberapa kota belum tersedia.

• Peluang : sistem pengiriman barang dsukai konsumen, kota yang belum tersedia.

• Ancaman : peraturan pemerintah yang merugikan, peaing berkembang dengan penemuan baru.


2. Contoh Analisa SWOT perusahaan perjuangan kerjinan


• Kekuatan : produk dipesan dalam jumlah banyak, tenaga kerja banyak, sempurna pemasok dari banyak sekali daerah.

• Kelemahan : produksi sesuai pesanan, kalau sepi pesanan akan mengalami kerugian.

• Peluang : menyebarkan jenis produk tanpa mediator perusahaan dagang, memasarkan dengan cara online, menampung pekerja lebih banyak.

• Ancaman : materi baku langka, penurunan produksi bila tidak diawasi, kualitas rendah jadi ditolak pelanggan.


3. Contoh Analisa SWOT perusahaan kecil


• Kekuatan : mempunyai khas tersendiri, materi baku gampang di dapan alasannya ialah akrab dengan tempat produksi.

• Kelemahan : kurang berpromosi, sering terjadi kesalahan ketika proses pengolahan, lokasi produksi strategis, kekuran karyawan untuk bekerja.

• Peluang : produk keripik durian masih belum sebanyak keripik lain peluang berkembang, banyak materi baku tersedia, keripik menjadi kegemaran

masyarakat.

• Ancaman : sedikit masyarakat belum tahu keripik durian, keripik durian krang terkenal daripada keripik tempe.


4. Contoh Analisa SWOT perusahaan kuliner


• Kekuatan : sudah dikenal masyarakat, harga terjangkau daripada pesaing, tempat strategis, konsep tempat sesuai dengan anak muda, tersedia wifi, tidak memakai MSG.

• Kelemahan : banyak pesaing, kurang berinovasi dalam makanan, kurang modal untuk pengembangan usaha.

• Peluang : peningkatan penemuan dan kerasi perjuangan bisa menguasai pasar.

• Ancaman : harga materi baku naik, wifi sering mengalami gangguan, pesaing mulai memalsukan konsep.


5. Contoh Analisis SWOT perusahaan pakaian batik


• Kekuatan : menekan harga produksi karaen kedudukan sebagai produsen dan distributor, menjual produk dengan cara grosir dan retail dengan harga manis dan kualitas tinggi, mempunyai tempat produksi sediri sehingga biaya produksi lebih rendah dan kualitas tetap terjaga, mempunyai sarana online untuk mepermudah pemasaran.

• Kelemahan : keterampilan SDM kurang inovatif, SDM kurang dalam manajemen produksi, manajemen dan keuangan, terkenal alasannya ialah toko grosir sehingga sulit untuk menaikan harga, kurangnya promosi, masih memakai mesin tradisional.

• Peluang : banyak wisatwan yang tertarik, sasaran pasar luas, lokasi strategis.

• Ancaman : perekonomian stabil, harga materi baku seketika naik, pesaing bekerja dengan artis untuki pemasaran, banyaknya perjuangan gres yang menambah pesaing.


Baca juga : Pengertian Analisis


Demikianlah rangkaian isu lengkap mengenai pengertian analisis SWOT, fungsi, komponen, beserta rujukan contoh penggunan analisa SWOT di banyak sekali perencanaan perusahaan. Semoga isu diatas bisa menawarkan manfaat untuk sahabat sahabat semua yang sedang membutuhkan referensi pembelajaran seputar analisis SWOT. Sekian,



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Analisis Swot Yaitu ? Berikut Pengertian, Fungsi, Dan Contohnya"

Posting Komentar