Alasan Ibu Kota Jakarta Akan Dipindah Ke Palangkaraya?

Tahun 2017, kembali muncul perihal Ibu Kota Jakarta yang akan pindah. Kali ini, perihal pemindahan Ibu Kota Jakarta akan dipindah ke kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Wacana pemindahan Ibu Kota Jakarta bukan hanya diperbincangkan sekali ini saja. Sebelumnya, beberapa kali Ibu Kota Jakarta berencana untuk dipindahkan.

Sekitar tahun 2014, Ibu Kota Jakarta berencana dipindahkan ke Yogyakarta. Namun, sayangnya hal tersebut hanyalah sekedar perihal belaka. Nah, ketika ini 

Oke, kemudian mengapa Palangkaraya merupakan tempat yang dipilih sebagai pengganti Ibu Kota Indonesia yang kini ini? Ada beberapa alasan.. 

1. Palangkaraya kondusif dari banjir dan peristiwa alam

Secara lokasi, Palangkaraya merupakan tempat yang kondusif dari banjir, tanah longsor, gempa bumi dan petaka lainnya. Hal ini dikarenakan Palangkaraya terletak dibelah garis khatulistiwa dan merupakan titik tengah wilayah NKRI. Palangkaraya jauh dari sentra gempa dan banjir. 

Berbeda dengan Jakarta yang sudah berkali-kali mengalami banjir yang sulit sekali untuk ditangani secara langsung. Banjir dan petaka di Jakarta sudah terjadi selama bertahun-tahun, namun hingga ketika ini 

2. Secara letak, lebih luas daripada Jakarta

Palangkaraya juga mempunyai letak yang lebih besar dan luas ketimbang Jakarta. Hal ini dapat menumbuhkan lebih banyak bisnis dan perekonomian serta dengan adanya wilayah yang luas, banyak sekali acara administrasi, dan ekonomi dan dilakukan dengan lebih leluasa. 

3. Palangkaraya bebas dari kemacetan

Satu hal yang pasti, Palangkaraya bebas dari kemacetan dan segala permasalahan kompleksitas lainnya. Jakarta sudah semenjak usang terkendala masalah2 kompleksitas yang tinggi, yang mengakibatkan desain Jakarta menjadi sangat rawan macet. 

Ide perihal presiden Joko Widodo yang akan memindahkan ibu kota Jakarta sebetulnya merupakan inspirasi Presiden RI yang pertama, yakni Ir Soekarno. Beliau menyatakan bahwa Jakarta sejatinya bukanlah tempat yang didesain untuk menjadi ibu kota Indonesia, alasannya banyak sekali kompleksitas duduk masalah yang sudah ada semenjak dahulu.  

Lalu, apakah memungkinkan kalau Ibu Kota Jakarta dipindahkan ke Palangkaraya? Tentu saja sangat memungkinkan. Jika kita berkaca dari Malaysia, negara Malaysia juga pernah memindahkan ibu kotanya, yang awalnya Kuala Lumpur dipindahkan ke Putrajaya semenjak tahun 1999. 

Malaysia memindahkan Ibu Kotanya dari Kuala Lumpur ke Putrajaya dikarenakan banyak sekali duduk masalah klasik, menyerupai petaka dan banjir menyerupai yang dialami Jakarta hingga ketika ini. Nah, kalau Indonesia memindahkan Ibu Kotanya ke Palangkaraya tentu hal ini bukanlah sesuatu yang tidak mungkin, asalkan Indonesia mempunyai persiapan yang baik, Ibu Kota Indonesia dapat tertata lebih rapi.

Sumber http://bahasekonomi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Alasan Ibu Kota Jakarta Akan Dipindah Ke Palangkaraya?"

Posting Komentar