15 Khasiat Daun Binahong Untuk Pengobatan Dan Menjaga Kesehatan

Sebelum membahas khasiat daun binahong, ada baiknya mengenal tumbuhan ini terlebih dahulu. Begitu mendengar istilah Daun Binahong, yang terlintas dipikiran banyak orang niscaya “Daun macam apa itu?” Memang nama tumbuhan tersebut tidak begitu familiar. Tapi, mungkin tidak sedikit juga orang yang pribadi mengenalinya bila melihatnya secara langsung.


Binahong yakni jenis tumbuhan menjalar yang biasanya dijadikan tumbuhan hias yang sengaja dibiarkan merambat di dinding atau pagar. Dari petunjuk tersebut mungkin kamu, khususnya para perempuan pecinta tumbuhan hias sudah mulai tahu mirip apa tumbuhan binahong itu.


Secara internasional, daun binahong disebut sebagai “Heartleaf Maderavine Madevine” lantaran bentuknya terlihat mirip ikon jantung. Nama latin Binahong disebut dengan Anredera Cordifolia. Kita sanggup menemukan tumbuhan menjalar ini di beberapa negara mirip Indonesia, Korea Selatan, Madagaskar dan Cina.


Selain daun binahong, negara-negara di Asia juga sering menambil khasiat daun kelor dan manfaat bawang dayak dalam bentuk pengobatan tradisional dan pelengkap kuliner herbal.


Kandungan Zat yang Terdapat dalam Daun Binahong


Sejak dahulu kala, daun binahong sudah digunakan sebagai ramuan herbal di banyak sekali belahan dunia. Setiap pecahan dari tumbuhan binahong sanggup digunakan sebagai obat. Akan tetapi, yang biasa digunakan orang yakni daun binahong. Orang-orang yang tertarik dengan ramuan herbal biasanya percaya bahwa khasiat daun binahong sangat manjur bagi pengobatan dan menjaga kesehatan. Di bawah ini yakni beberapa unsur-unsur baik yang terkandung dalam daun binahong:



  • protein,

  • saponin,

  • alkaloid,

  • asam oleanolic,

  • mono poliksarida,

  • polifenol,

  • antioksidan,

  • D-Galaktose,

  • D-glukosa,

  • L-arabinosa,

  • L-rhamnose,

  • minyak atsiri,

  • asam askorbat, dan

  • flavonoid.


Ternyata tumbuhan yang biasanya dijadikan tumbuhan hias ini mengandung banyak zat yang cantik untuk kesehatan manusia, lho! Tentu hal tersebut menjadi alasan besar lengan berkuasa mengapa daun ini sangat dikenal baru-baru ini. Itulah sebabnya dijadikan sebagai materi herbal untuk memproduksi pelengkap kuliner demi mendapatkan khasiat daun binahong secara praktis.


Khasiat Daun Binahong


Dari klarifikasi singkat di atas, kita sudah kenal bahwa daun binahong mengandung banyak unsur yang mempunyai dampak baik untuk kesehatan. Kamu hingga ke artikel ini tenti ingin tahu banyak sekali khasiat daun binahong untuk kesehatan. Baiklah, tanpa banyak basa-basi lagi, pribadi saja kita simak 15 khasiat daun binahong yang paling utama bagi kesehatan tubuh.


1. Sembuhkan Sakit Perut


Salah satu manfaat daun binahong bagi kesehatan yakni untuk mengobati sakit perut. Ada banyak sekali jenis sakit perut yang penyebabnya juga berbeda-beda. Nah, disini kita secara khusus membahas sakit perut yang dikarenakan waktu makan yang tidak teratur. Kadang-kadang kita terlalu sibuk hingga makan siang atau makan malam jadi tidak sempurna waktu. Atau mungkin kita juga sering lupa sarapan. Kebiasan tersebut sanggup mengakibatkan sakit perut lantaran sistem pencernaan kita tidak bekerja sempurna waktu.


Sebenarnya banyak cara untuk menyembuhkannya. Akan tetapi, tidak semua orang berani berkonsultasi ke dokter atau minum obat kimia. Oleh lantaran itu, tidak ada salahnya mencoba tumbuhan herbal yang sudah terkabar manjur untuk obati sakit perut. Salah satunya yakni dengan mendapatkan khasiat daun binahong. Tapi walaupun manfaat daun binahong bisa sembuhkan sakit perut lantaran makan tidak teratur, lebih baik memastikan jam makan selalu sempurna waktu.


Ketahui juga banyak sekali makanan untuk diet sehat semoga bertenaga, kenyang lebih usang dan membantu mengurangi berat badan.


2. Menyembuhkan Luka


Daun binahong mengandung minyak atsiri dan asam arkobat yang sanggup membantu menyembuhkan luka. Tapi bagaimana caranya? Apakah dengan meminumnya? Tidak! Kamu perlu menumbuknya hingga halus kemudian diolesi pada luka yang hendak diobati. Cara ini sanggup membantu menyembuhkan luka. Akan tetapi, bila lukanya agak serius, kau perlu menutupi lukanya dengan perban sehabis mengolesi daun Binahong semoga luka teresbut terlindung dari kuman jahat. Itulah manfaat daun binahong untuk luka pada kulit.


3. Meningkatkan Nafsu Makan


Khasiat daun binahong berikutnya yakni untuk meningkatkan nafsu makan. Orang yang tubuhnya terlalu kurus seharusnya menaikkan berat tubuh hingga mencapai berat tubuh ideal. Jika kau ingin menaikkan berat badan, kau bisa memakai daun binahong sebagai ramuan herbal alami untuk meningkatkan nafsu makan. Rebus 5 lembar daun binahong di dalam air sebanyak 2 gelas. Kamu perlu meminumnya paling tidak sekali dalam sehari semoga hasil yang didapatkan sesuai dengan yang diharapkan.


4. Sembuhkan Penyakit Otak


Tentu ada banyak jenis penyakit otak. Disini kita membahas penyakit otak yang disebabkan oleh benturan mirip yang dialami oleh korban kecelakaan. Misalnya orang yang mengalami kecelakaan mirip kecelakaan mobil, ada kemungkinan kepalanya terbentur sesuatu. Terkadang, situasi mirip itu akan memengaruhi kondisi otaknya. Khasiat daun binahong bisa membantu penyakit otak yang diakibatkan oleh benturan. Petik 10 helai daun binahong kemudian di rebus. Setelah itu, airnya harus diminum dua kali dalam sehari. Akan tetapi pengobatan herbal tersebut hanya untuk stimulus. Penyakit otak masih harus pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan yang tepat.


Baca juga: makanan yang cantik untuk otak.


5. Sembuhkan Disentri


Disentri yakni salah satu penyakit sistem pencernaan yang perlu disembuhkan. Jika kame mengalami penyakit ini tapi terlalu takut untuk berkonsultasi dengan dokter atau enggan minum obat, kau bisa mencoba pengobatan alami. Salah satunyanya yakni dengan mengonsumsi ramuan yang terbuat dari daun binahong. Untuk menciptakan ramuan daun binahong, kau membutuhkan setidaknya 10 helai daun binahong kemudian direbus dalam air sebanyak 2 gelas. Rebus hingga air mendidih hingga volumenya menjadi 1 gelas. Kamu perlu mengkonsumsinya paling tidak sekali dalam sehari hingga kau sembuh dari disentri.


6. Sembuhkan Wasir


Bagi orang yang menderita wasir, sanggup mengambil khasiat daun binahong sebagai salah satu alternatif pengobatan herbal. Resepnya agak berbeda. Dibutuhkan setidaknya 16 helai daun binahong kemudian direbus. Rebus dengan air sebanyak 3 gelas dan tunggu air hingga mendidih hingga volume airnya tersisa 1 gelas. Penderita wasir perlu meminum 1 gelas ramuan daun binahong setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


7. Bantu Menstruasi


Tidak jarang perempuan menderita pada ketika tiba bulan tiba. Ada banyak ramuan yang bisa menjadi obat herbal penghilang rasa sakit ketika tiba bulan. Salah satunya yakni yang terbuat dari materi daun binahong. Karena salah satu khasiat daun binahong yakni membantu memperlancar haid dengan cara yang nyaman dan aman. Ambil 3 potong daun binahong kemudian direbus dengan air hingga matang. Pastikan untuk mengkonsumsi airnya paling tidak sekali dalam sehari.


8. Menambah Energi dan Meningkatkan Vitalitas


Komputer atau perangkat elektronik lainny membutuhkan energi listrik semoga perangkat tersebut sanggup berfungsi sebagaimana mestinya. Tanpa energi listrik, chip utama komputer tidak sanggup bekerja, tidak peduli seberapa canggihnya komputer tersebut. Demikian jugalah tubuh kita yang membutuhkan energi. “Tapi bukan energi listrik dari stop kontak, yah!” 😀 Jika tubuh kita diibaratkan dengan sebuah komputer, maka listrik yakni energi yang dibutuhkan. Tanpa energi, kita tidak bisa menggerakkan tubuh kita bahkan organ-organ di dalam tubuh kita pun tidak bisa bekerja.


Bagaimana kita memenuhi energi untuk kita? Yaitu dengan mengkonsumsi kuliner sehat atau minuman yang mengandung karbohidrat atau protein. Daun binahong yakni sumber protein yang baik yang sanggup meningkatkan energi untuk tubuh. Untuk itu, rebus dua helai daun binahong ke dalam dua gelas air dan kemudian siap dikonsumsi. Maka kau akan mendapatkan energi tambahan secara alami.


Bagi orang yang mempunyai persoalan vitalitas juga sanggup mencobanya. Rebus 3 hingga 10 helai daun binahong dalam dua gelas air hingga mendidih, kemudian dikonsumsi setiap hari. Ketahui juga cara tahan usang berafiliasi intim secara alami.


9. Sembuhkan Penyakit Ginjal


Sepasang organ kecil kita yang berjulukan ginjal juga mempunyai tugas penting di dalam tubuh kita. Sebenarnya, setiap organ mempunyai kiprahnya masing-masing. Itulah sebabnya sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan, termasuk menjaga kesehatan ginjal. penderita penyakit ginjal sanggup mencoba mengkonsumsi ramuan yang terbuat dari daun binahong. Untuk membuanya sendiri, ambil 10-15 helai daun binahong dan di rebus di dalam 1 gelas air hingga mendidih. kemudian diminum tiga kali sehari. Tapi perlu diingat bahwa ramuan tersebut hanya untuk stimulus. Tetap saja perlu berkonsultasi ke dokter.


10. Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas


Daun binahong mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah dan menyembuhkan tubuh kita dari radikal bebas. Apa itu radikal bebas? Radikal bebas yakni suatu kondisi ketika tubuh insan mengandung senyawa kimia yang melewati batas normal. Tubuh insan dirancang hanya untuk mendapatkan senyawa alami. Jadi, bila tubuh kita mendapatkan senyawa kimia yang melebihi batas normal, hal tersebut sanggup mengubah sel-sel sehat kita menjadi sel-sel jahat. Kemudian, sel-sel jahat tersebut akan membunuh sel sehat lain dan mengubahnya menjadi sel jahat. Jadi, itulah khasiat daun binahong yang sangat kita butuhkan lantaran mengandung antioksidan.


11. Sembuhkan Penyakit Paru-Paru


Paru-paru merupakan organ tubuh yang berperan penting dalam sistem pernapasan. Oleh lantaran itu, sudah barang tentu melindungi paru-paru yakni hal yang sangat penting demi kesehatan tubuh kita. Rasa sakit di area paru-paru bisa saja terjadi tanpa kita duga-duga. Terlebih bagi para perokok aktif. Pada ketika hal yang tidak diinginkan tersebut terjadi, pastikan sesegera mungkin untuk mengurusnya.


Jika kau berada di kawasan yang jauh dari klinik atau rumah sakit, tidak ada salahnya memakai tumbuhan herbal sebagai obat alternatif. Hanya saja, hal tersebut bisa dilakukan bila di pekarangan atau di sekitar rumah kita ada tumbuhan herbal. Salah satu yang gampang didapatkan yakni daun binahong. Petik 10 lembar daun binahong dan rebus hingga matang. Pastikan mengkonsumsi daun binahong setidaknya sekali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


12. Meningkatkan Tekanan Darah


Untuk penderita tekanan darah rendah harus meningkatkan tekanan darahnya. Karena bila tidak, tekanan darah rendah akan menciptakan tubuh menjadi lemas. Alhasil tidak sanggup melaksanakan aktivitas sehari-hari dengan maksimal dan dalam banyak perkara efeknya jadi lebih berbahaya, contohnya pingsan secara tiba-tiba. Jika tekanan darah kita rendah, kita harus meningkatkannya dengan mengonsumsi sesuatu yang mengandung mineral. Salah satunya yakni ramuan yang terbuat dari daun binahong. Untuk mendapatkan khasiat daun binahong terhadap darah rendah, ambil 8 helai dan rebus dengan air sebanyak 2 gelas. Pastikan untuk mengkonsumsinya paling tidak sekali dalam sehari.


13. Perawatan kulit


Manfaat daun binahong lainnya yakni untuk merawat kulit. Karena daun binahong mengandung anti-oksidan yang dibutuhkan semoga kulit tetap sehat dan mencegah penuaan. Tumbuk daun binahong hingga halus dan oleskan


di sekitar wajah. Carah ini bisa membantu merawat kulit dan bagi yang mempunyai lesung pipi, cara ini juga akan membantu menyembuhkannya.


Baca juga: Manfaat Madu untuk Wajah


14. Menyembuhkan Patah Tulang


Manfaat daun binahong bagi kesehatan yang lain dari yakni untuk menyembuhkan patah tulang. Daun binahong mengandung banyak mineral. Hal tersebut akan membantu penderita patah tulang sembuh. Akan tetapi pengobatan herbal tersebut hanya untuk stimulus. Masih tatap perlu berkonsultasi dengan dokter.


15. Pasca Bedah


Salah satu manfaat daun binahong yakni untuk memulihkan kondisi tubuh sehabis operasi dengan cepat. Setelah operasi, yang bersangutan kehilangan banyak darah dan juga energi. Itu sebabnya orang yang gres operasi perlu mengonsumsi kuliner yang kaya akan protein dan mineral. Daun binahong yakni pilihan yang baik untuk pelengkap kuliner herbal alami. Rebus 20 lembar daun binahong di dalam air sebanyak 3 gelas. Pasien harus meminumnya setidaknya sekali dalam sehari semoga kondisi tubuh cepat pulih sehabis bedah.


Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Mengkonsumsi Daun Binahong


 ada baiknya mengenal tumbuhan ini terlebih dahulu 15 Khasiat Daun Binahong untuk Pengobatan dan Menjaga Kesehatan


Kita tidak bisa mengkonsumsi daun binahong yang terlalu bau tanah atau terlalu muda. Sangat disarankan semoga menentukan nomor daun ke-4 hingga ke-7 yang dihitung mulai dari pucuknya. Jangan menyimpannya di dalam kulkas atau memanaskannya kembali, lantaran akan merusak unsur-unsur di dalamnya. Disarankan menyimpan daun binahong di dalam laci atau lemari dengan suhu ruangan. Dan yang terpenting yakni tidak terlalu banyak mengkonsumsinya. Jika terlalu banyak mengkonsumsi daun binahong, bisa merusak hati dan ginjal. Jadi, tetaplah sehat!


Itulah tadi banyak sekali khasiat daun binahong yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Jika kau merasa artikel ini penting, bagikan juga ke laman media umum kau semoga keluarga dan teman-teman kau juga mengetahui manfaat daun binahong yang sangat mujarab.



Sumber https://www.wongunik.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "15 Khasiat Daun Binahong Untuk Pengobatan Dan Menjaga Kesehatan"

Posting Komentar