√ Sosok Inspiratif Di Balik Gerakan Beli Indonesia

Kaya dan miskin bukanlah keadaan tetapi mentalitas. Kata-kata inilah yang selalu saya ingat hingga ketika ini, ya benar, memang rezeki kita sudah di atur oleh Allah dan mustahil akan tertukar dengan rezeki orang lain, tetapi bukan berarti kita harus berdiam diri menunggu datangnya rezeki itu.


Kita harus terus berusaha dan berdoa semoga rezeki yang sudah Allah tentukan itu segera diberikan kepada kita. Tetapi berusaha tanpa didasari dengan ilmu pengetahuan hanya akan membuang-buang waktu saja, dan kita juga perlu adanya seorang mentor yang berkompeten di bidang itu untuk membantu kalau muncul persoalan dalam usaha kita.


Ngomong-ngomong soal mentor, dia ini ialah orang yang sangat saya kagumi sebab keputusannya untuk keluar dari zona nyaman serta keberhasilan dia membangun usaha yang sempat jatuh tanpa berhutang.


Namanya Ir. H. Heppy Trenggono, M. Kom dia ini ialah Founder dan CEO United Balimuda Group. Sebuah kelompok usaha multinasional yang bergerak di bidang plantation dan consumer good.


Selain merintis usaha mulai dari nol semenjak masih duduk di dingklik kuliah, Beliau juga pernah berkarier di beberapa perusahaan besar hingga menduduki posisi puncak sebagai Direktur di A. Latief Corporation (sekarang TvOne).


Namun jiwa kewirausahaan yang beliau warisi dari ibunya memaksa dia meninggalkan dunia mapan dan lebih menentukan untuk membangun usaha sendiri. Sempat jatuh dan terpuruk dalam lilitan hutang sebesar Rp. 62 miliar.


Tapi dia bisa bangun dalam waktu dua tahun dan kembali membangun bisnisnya hingga bernilai Rp. 7 Triliun tanpa hutang sama sekali. Beliau ini mencar ilmu bisnis dari banyak guru baik di dalam maupun luar negeri.


Beliau ini sekarang sudah bisa memimpin dan menjalankan 12 anak perusahaan serta menafkahi sekitar 3.000 pegawai lebih, beliau kini dikenal sebagai motivator untuk para pengusaha yang sedang terpuruk untuk bangun kembali.


Ir. H. Heppy Trenggono, M. Kom juga merupakan salah satu peserta penghargaan sebagai tokoh perubahan Republika 2011, meski begitu beliau mengatakan bahwa penghargaan itu bukanlah tujuan yang diinginkannya.


Sebab pencapaian prestasi itu bentuk dari sebuah usaha dan tak boleh berhenti hanya gara-gara banyak dipuji oleh pihak lain.


Keprihatinannya yang sangat mendalam terhadap keadaan bangsa Indonesia bisa diketahui dari buku pertamanya yang berjudul ”Menjadi Bangsa Pintar”. Dan beliau juga menyatakan visi yang sangat terang terhadap masa depan bangsa Indonesia sebagaimana dia gambarkan dalam buku ”Membangun Indonesia Sekarang!”.


Seiring dengan semangatnya untuk menginspirasi banyak orang, beliau juga membentuk sebuah komunitas Indonesian Islamic Business Forum (IIBF).


Ini merupakan sebuah komunitas yang beranggotakan para pengusaha dan calon pengusaha. Beliau membangkitkan lagi moral dan semangat para pengusaha yang bangkrut.


Karena keprihatinan dia pada kondisi perekonomian Indonesia yang justru banyak dijajah oleh produk asing, kemudian dia juga menggagas lahirnya gerakan Beli Indonesia pada 27 Februari 2011 dengan 504 pengusaha dari 42 kota di Indonesia.


Beli Indonesia ini ialah sebuah gerakan untuk membangun abjad bangsa yang membela bangsa sendiri, yaitu perilaku untuk membeli produk bukan dengan alasan lebih baik atau lebih murah, tetapi melainkan karena milik bangsa sendiri.


Kaya dan miskin bukanlah keadaan tetapi mentalitas √ Sosok Inspiratif di Balik Gerakan Beli Indonesia

Beli indonesia


Riwayat hidup:


Ir. H. Heppy Trenggono, M. Kom lahir di Batang 20 April 1967, dia berasal dari keluarga PNS (Ayah) dan pedagang (Ibu). Beliau menghabiskan masa remajanya di Pekalongan, Jawa Tengah. Beliau ini adalah seorang pengusaha, founder, dan CEO United Balimuda Group yang bergerak di bidang perkebunan sawit, industri masakan dan alat-alat berat. Perkebunan kelapa sawitnya berada di Kalimantan dan Sumatra, hingga kini ada 4 perkebunan dengan luas total 80.000 ha.


Pendidikan



  • SD Negeri Bawang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah

  • SMP Negeri Bawang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah

  • SMA Negeri I Pekalongan, Jawa Tengah

  • S1 Teknik Informatika Universitas Gunadharma, Jakarta (lulus 1996)

  • S2 Ilmu Komputer, Universitas Indonesia (UI), Jakarta (lulus 2000)


Pendidikan non formal



  • Keys to the Vault , Keith Cunningham (Austin, Texas, 2008)

  • System Analist , Astra International (Jakarta, 1992)


Karier



  • Freelance sambil kuliah

  • United Tractor, System Analist (1989-1995)

  • Indomobil, Asisten Manager (1995-1999)

  • A Latief Corp, Direktur Teknik Lativi (1999-2004)

  • Mendirikan PT Balimuda Persada pada 2002 yang bergerak pada heavy equiepment

  • CEO PT United Balimuda (perkebunan, consumer goods, dan heavy equiepment )


Keluarga


Beliau menikah dengan Ir. Hj. Dewi Yuniati Asih dan mempunyai empat orang anak yaitu:



  • Jihan Putri Antyesti (1997)

  • Apta Archie Inayasari (2001)

  • Hana Claresta Nadien (2004)

  • Jodie Bintang Mahardika (2006)


 


Referensi: http://id.wikipedia.org/wiki/Heppy_Trenggono



Sumber https://carajuki.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Sosok Inspiratif Di Balik Gerakan Beli Indonesia"

Posting Komentar