Rumus Dan Pembahasan Gerak Meligkar Fisika

Rumus dan Pembahasan Gerak Meligkar Fisika - Pada hari ini, ilmu sains online akan membahas bahan wacana gerak melingkar. Didalam ilmu fisika, kita mengenal beberapa jenis gerak dan salah satunya ialah gerak melingkar. Pada hari ini, kita akan membahas pengertian serta rumus – rumus yang berkaitan dengan gerak melingkar. Apakah kalian sudah paham mengenai gerak melingkar itu? Jika belum, jangan lewatkan materinya berikut ini ya.

Rumus dan Pembahasan Gerak Meligkar Fisika Rumus dan Pembahasan Gerak Meligkar Fisika
Google Image - Rumus dan Pembahasan Gerak Meligkar Fisika

Didalam bahan gerak melingkar, kita akan mempelajari wacana kecepatan linier dan kecepatan angular, frekuensi dan periode, gaya sentrifugal dan gaya sentripetal. Nah, ilmu sains online akan membahas semua yang telah disebutkan diatas. Untuk itu, adik – adik semua perhatikan dengan baik ya materinya. Yuk pribadi simak materinya berikut ini.

Rumus dan Pembahasan Gerak Melingkar Fisika Kelas X


Pengertian Gerak Melingkar Beraturan


Gerak melingkar beraturan adalah suatu gerakan yang menempuh lintasan berbentuk bulat dengan besar kecepatan linier yang tetap, tetapi vector kecepatannya berubah. Agar gampang diingat, jika lintasannya berupa bulat dan kecepatan yang tetap serta percepatan yang arahnya menuju titik sentra itu dinamakan dengan gerak melingkar beraturan.


Rumus Dan Pembahasan Kecepatan Linear Dan Angular


Kecepatan linier (v) ialah kecepatan yang arahnya selalu menyinggung lintasannya dan selalu tegak lurus terhadap jari – jari lintasannya. Rumus umum kecepatan linear adalah:

V = 2.π.R / T

Dimana:
V = kecepatan linier (m/s)
R = jari – jari bulat (m)
T = Periode (s)

Kecepatan angular (w) adalah kecepatan yang selalu berimpit dengan lintasannya dan tergantung kepada jari – jari lintasannya. Kecepatan angular biasanya juga disebut dengan kecepatan sudut. Rumus umum kecepatan sudut ialah sebagai berikut:

w = 2.π / T

Dimana:
w = kecepatan sudut (rad/s)
T = Periode (s)

Rumus dan Pembahasan Frekuensi dan Periode


Frekuensi (f) merupakan banyaknya putaran yang dilakukan oleh suatu benda dalam satu detik. Sedangkan Periode (T) adalah waktu yang diharapkan oleh suatu benda untuk sanggup mengelilingi satu bulat penuh. Rumus umum frekuensi dan periode adalah:

F = 1/T dan T = 1/f

Dimana:
T = Periode (s)
F = Frekuensi (hertz)

Rumus dan Pembahasan Percepatan dan gaya sentripetal


Percepatan sentripetal merupakan percepatan yang arahnya selalu menuju titik sentra lingkaran. Fungsi dari percepatan sentripetal ialah untuk mengubah arah kecepatan benda sehingga tetap mengikutilintasan berupa lingkaran. Rumus umum percepatan sentripetal adalah:

as = v2 / R

Dimana:
As = percepatan sentripetal (m/s2)
V = kecepatan linier (m/s)
R = jari – jari bulat (m)

Sedangkan gaya sentripetal adalah gaya yang mengakibatkan timbulnya percepatan sentripetal dimana gaya sentripetal ini mempunyai arah yang searah dengan percepatan sentripetal. Rumus umum gaya sentripetal adalah:

Fs = m.As

Rumus dan Pembahasan Percepatan dan Gaya Sentrifugal


Kebalikan dari percepatan sentripetal, percepatan sentrifugal adalah percepatan yang arahnya keluar atau menjauhi titik sentra lingkaran. Sedangkan gaya sentrifugal ialah gaya yang mengakibatkan percepatan sentrifugal yang mempunyai arah yang sama dengan percepatan sentrifugal. Rumus umum gaya sentrifugal ialah sebagai berikut:

Fsf = m.v2 / R

Dimana:
Fsf = gaya sentrifugal 
M = massa benda
V = kecepatan benda
R = jari – jari lingkaran

Rumus dan Pembahasan Gerak Meligkar Fisika - Nah, inilah yang sanggup ilmu sains online berikan pada hari ini. Jika berdasarkan kalian ini bermanfaat, sanggup dishare kepada mitra – mitra yang lain. Ikuti blog ini ya. Besok kita akan bahas bahan yang lebih menarik dan tentunya bermanfaat untuk kalian semua. Saya berpesan kepada kalian semua untuk rajin dalam mencar ilmu ya. Terimakasih. 

Sumber http://www.ilmusainsonline.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Rumus Dan Pembahasan Gerak Meligkar Fisika"

Posting Komentar