Modifikasi Motor Genio Terbaik Ala Cafe Racer Terbaru

Modifikasi Motor Genio – Tak bisa dipungkiri, Honda merupakan raja motor matic di Indonesia. Pasalnya penjualan motor matic Honda bisa mengalahkan Yamaha dan Suzuki yang menjadi rival terberatnya. Hal ini tak lepas dari bermacam-macam penemuan yang Honda berikan pada setiap motor matic yang mereka pasarkan. Honda juga mempunyai banyak sekali motor matic, dan salah satunya yakni Honda Genio.


Honda Genio merupakan motor matic terbaru Honda yang mengusung mesin 110cc, sama menyerupai Beat, Scoopy, dan Vario 110. Namun jangan samakan antara mesin Honda Genio dengan motor matic Honda 110cc lainnya. Pasalnya mesin tersebut telah ditingkatkan supaya bisa menghasilkan tenaga dan torsi lebih besar. Caranya yakni dengan merubah rasio kompresi serta mengubah ukuran bore dan stroke.




Spesifikasi mesin Honda Genio mempunyai bore lebih besar dan stroke lebih panjang. Alhasil tenaga dan torsinya lebih besar, yakni mencapai 9 PS pada putaran 7.500 rpm dan torsi 9.3 Nm pada 5.500 rpm. Tak hanya itu, motor ini juga mengadopsi teknologi eSP (Enhanced Smart Power) dan PGM-FI. Mesin tersebut tak hanya bertenaga, namun juga ekonomis materi bakar.


Honda mengklaim motor Genio mempunyai konsumsi BBM mencapai sekitar 60 km/liter. Alhasil motor ini bisa menjadi pilihan paling sempurna bagi masbro yang mencari motor matic terbaik dengan konsumsi materi bakar teririt dikelasnya. Alasan lain membeli motor Genio yakni mempunyai desain bergaya retro yang terlihat menyerupai Honda Scoopy.


Perbedaan antara desain Honda Genio dan Honda Scoopy yakni desainnya terlihat lebih macho, sehingga cocok untuk pengendara laki-laki dan wanita. Nah bagi para laki-laki niscaya mempunyai hasrat untuk memodifikasi motor Genio. Pasalnya desain motor ini begitu menggoda, sehingga cocok dimodifikasi dalam banyak sekali gaya. Nah sebagai misalnya silahkan simak modifikasi motor Genio bergaya cafe racer berikut ini.


Referensi Modifikasi Motor Genio Cafe Racer


 Honda merupakan raja motor matic di Indonesia Modifikasi Motor Genio Terbaik Ala Cafe Racer Terbaru


Berbicara soal modifikasi motor Genio, kami akan mengambil referensi hasil modifikasi yang dipamerkan PT Astra Honda Motor dikala peluncuran motor matic tersebut. Konsep modifikasi yang digunakan yakni Cafe Racer. Yah, motor matic ini bisa sahabat rumah menjadi motor cafe racer dengan desain sporty, namun tetap berkesan retro modern menyerupai konsep awal Genio.


Desain Honda Genio memang menyerupai Honda Scoopy. Keduanya sama-sama menggunakan headlamp LED Projector yang bisa menghasilkan penerangan maksimal dikala berkendara di malam hari. Bedanya Genio mempunyai sein depan yang terpisah dengan headlamp, dan bentuk bodinya mempunyai sudut lebih tajam supaya terlihat lebih macho.


Body belakangnya dibentuk meruncing dengan lampu belakang yang terlihat modern. Nah bagi yang ingin mengadopsi modifikasi motor Genio bergaya cafe racer, maka harus merubah bab kawasan duduk dengan bentuk hornet (buntut tawon) yang dipadukan dengan jok custom.


Dibalik jok Honda Genio telah tersedia bagasi berkapasitas 14 Liter dan dilengkapi Power Charger yang bisa digunakan untuk mengisi baterai smartphone atau gadget dikala berkendara. Soal keamanan tak perlu khawatir. Meksi posisi charger berdekatan dengan tangki bensin, namun Honda mengklaim posisinya sudah aman, jadi tak perlu khawatir terjadi konsleting ataupun problem kelistrikan lainnya.


Modifikasi Ban Genio


 Honda merupakan raja motor matic di Indonesia Modifikasi Motor Genio Terbaik Ala Cafe Racer Terbaru

Foto : @TEMPO/Eko Ari Wibowo


Dengan kapasitas bagasi 14 Liter, tentu kita bisa memasukan banyak barang bawaan ke dalam bagasi tersebut. Di sisi lain, Honda Genio mengatakan panel meter Full Digital yang akan menampilkan info berkendara secara lengkap, mulai dari Speedometer, Odometer, Tripmeter, dan Eco Indikator.


Bagi speedometer tak perlu dimodifikasi, alasannya yakni sudah sangat modern. Yang perlu dimodifikasi yakni bab kaki-kaki. Kami sarankan untuk mengganti velg bawaan dengan velg Honda Scoopy yang mempunyai ring 12″. Pasalnya motor ini menggunakan velg ring 14″ yang terasa kurang gambot dibandingkan milik Scoopy. Ada banyak sekali velg yang bisa dipilih, menyerupai velg motor TDR atau velg motor Rossi yang harganya tidak mengecewakan terjangkau.


Jika mengganti velg, otomatis kita harus mengganti ban depan dan belakang. Inilah yang akan menciptakan biaya modifikasi motor Genio semakin membengkak. Pasalnya harga satu set ban depan belakang paling murah sekitar 500 Ribuan. Bahkan apabila membeli ban motor Michelin atau Pirelli, maka harganya bisa mencapai jutaan rupiah untuk satu pasang.


Modifikasi Shockbreaker Genio


 Honda merupakan raja motor matic di Indonesia Modifikasi Motor Genio Terbaik Ala Cafe Racer Terbaru

Foto : @TEMPO/Eko Ari Wibowo


Andai saja motor ini sudah menggunakan velg ring 12 inci, tentu biaya modifikasi motor Genio bisa ditekan. Namun bagi yang tak ingin mengganti velg, maka tetap bisa menggunakan ban bawaan yang sudah tubeless. Adapun ukurannya yakni 80/90 – 14 M/C untuk bab depan dan 90/90 – 14 M/C untuk bab belakang.


Honda juga melengkapi motor ini dengan rem depan cakram hidrolik serta rem belakang tromol. Bagi yang mempunyai budget lebih, kami sarankan mengganti rem belakang menjadi cakram dan menggunakan kaliper Brembo supaya modifikasi motor Genio yang dibangun semakin Hedon.


Penggantian kaliper bisa mengoptimalkan fitur Combi Brake System yang dimiliki Honda Genio. Fitur tersebut bekerja dengan cara menyeimbangkan pengereman roda depan dan belakang, sehingga hasil pengeremannya lebih akurat dan responsif. Sayangnya harga Honda Genio yang murah belum memungkinkan motor ini menggunakan sistem pengereman ABS.


Salah satu kekurangan Honda Genio yakni belum menggunakan shock tabung. Oleh alasannya yakni itulah kami sarankan untuk mengganti shock bawaan dengan shockbreaker tabung yang bisa masbro simak harganya pada artikel berikut “Daftar Harga Shockbreaker Tabung“. Pemakaian shock tabung akan menciptakan motor semakin nyaman, jadi tak ada salahnya menggunakan suspensi tersebut.


Modifikasi Knalpot Genio


 Honda merupakan raja motor matic di Indonesia Modifikasi Motor Genio Terbaik Ala Cafe Racer Terbaru

Foto : @TEMPO/Eko Ari Wibowo


Modifikasi motor Genio selanjutnya yakni mengganti knalpot bawaan dengan knalpot racing. Tujuannya yakni untuk meningkatkan tampilan motor dan bisa meningkatkan performa Honda Genio sehingga tenaganya semakin besar. Yah, sistem pembuangan tersebut memang berperan sangat penting terhadap performa sepeda motor, namun masbro harus memilik knalpot yang benar-benar berkualitas.


Ada banyak sekali produsen knalpot berkualitas yang memasarkan produknya di Indonesia. Sebagai referensi yakni knalpot motor R9. Kelebihan knalpot R9 yakni harganya lebih murah dibandingkan merek-merek ternama menyerupai Yoshimura, Akrapovic, SC Project, dll. Selain itu, sahabat juga bisa menggunakan knalpot LeoVince menyerupai konsep modifikasi motor Genio di atas.


Spesifikasi Motor Genio


 Honda merupakan raja motor matic di Indonesia Modifikasi Motor Genio Terbaik Ala Cafe Racer Terbaru

Gambar Honda Genio


Setelah melihat modifikasi motor Genio di atas, kami yakin masbro semakin tertarik membeli motor matic terbaru Honda ini. Terlebih Honda Genio mengatakan mesin yang ekonomis dan didukung desain keren yang terlihat fashionable dan stylish. Spesifikasi yang dibawanya juga tak mengecewakan dan untuk melihat spesifikasinya silahkan simak tabel di bawah ini.

































































































Dimensi (P x L x T)


1.869 mm x 692 mm x 1.061 mm



Wheelbase1.256 mm
Tinggi Jok740 mm
Berat89 kg (Tipe CBS) , 90 kg (Tipe CBS – ISS)
Kapasitas Tangki4.2 Liter
Ground Clearance147 mm
Tipe Mesin4 Tak, 1 Silinder SOHC, Pendingin Udara, eSP
Kapasitas Mesin110 cc
Tenaga6,6 kW @ 7.500 rpm
Torsi9,3 Nm @ 5.500 rpm
Sistem PembakaranAutomatic, V-Matic
TransmisiManual 4-Kecepatan
StarterKick & Electric
Bore X Stroke47,0 x 63,1 mm
Tipe KoplingAutomatic Centrifugal Clutch Dry Type
Rasio Kompresi10,0 : 1
RangkaeSAF (Enhanced Smart Architecture Frame)
Ban DepanTubeless, 80/90–14 M/C
Ban BelakangTubeless, 90/90–14 M/C
Suspensi DepanTeleskopik
Suspensi BelakangMonoshock
Rem DepanCakram
Rem BelakangTromol

Yah, spesifikasi Honda Genio memang tak berbeda jauh dari Scoopy. Namun motor ini mempunyai mesin lebih bertenaga dan didukung rangka gres yang jauh lebih ringan dibandingkan rangka yang digunakan Beat ataupun Scoopy. Honda menyebut rangka tersebut sebagai eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame).


Kedepannya semua motor matic Honda akan menggunakan rangka eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame). Pemakaian rangka tersebut menciptakan bobot Genio hanya 89 kg untuk tipe CBS dan 90 kg untuk tipe CBS-ISS. Coba bandingkan dengan Scoopy yang mempunyai bobot 99 kg, tentu motor Genio akan lebih gesit dan lincah dikala digunakan bermanuver melewati padatnya jalan raya.


Honda menyediakan dua varian Genio, yakni tipe CBS dan CBS-ISS. Bagi yang ingin tau ingin mengetahui harganya, silahkan simak info berikut “Spesifikasi dan Harga Honda Genio“. Untuk mendapat salah satunya, masbro hanya perlu mengeluarkan uang sekitar 17 Jutaan, sehingga lebih murah dibandingkan Scoopy yang dibanderol melebihi 18 Juta.


Selain murah, motor ini tersedia dalam banyak sekali pilihan warna dan striping yang bisa masbro pilih sesuai selera. Adapun pilihan warnanya silahkan simak info berikut “Pilihan Warna Honda Genio“. Nah sekian info mengenai modifikasi motor Genio. Semoga info yang kami sampaikan bermanfaat dan bisa menjadi materi referensi.



Sumber https://www.otomotifo.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Modifikasi Motor Genio Terbaik Ala Cafe Racer Terbaru"

Posting Komentar