Model Pembelajaran Yang Menarik
Pembelajaran yang menarik yaitu konsep berguru yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia aktual siswa dan mendorong siswa menciptakan kekerabatan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari, dengan melibatkan tujuh komponen utama pembelajaran efektif, yaitu konstruktivisme (constructivism), bertanya (questioning), menemukan (inquiri), masyarakat berguru (learning community), pemodelan (modeling), dan evaluasi gotong royong (authentic assessment).
Pembelajaran yang menarik merupakan suatu proses pendidikan yang holistik dan bertujuan memotivasi siswa untuk memahami makna materi pelajaran yang dipelajarinya dengan mengaitkan materi tersebut dalam konteks kehidupan mereka sehari-hari (konteks pribadi, sosial dan kultural) sehingga siswa mempunyai pengetahuan atau keterampilan yang secara fleksibel sanggup diterapkan (dutransfer) dari satu permasalahan atau konteks ke permasalahan atau konteks lainnya.
Sumber Gambar: bimba-aiueo.com |
Model pembelajaran biasanya disusun menurut prinsip dan teori ilmu pengetahuan. Para jago menyusun model-model pembelajaran menurut prinsip-prinsip pendidikan, teori-teori psikologis, sosiologis, psikiatri, analisis sistem atau teori-teori lain (Joyce and Weil, 1980). Joyce & Weil mempelajari model-model pembelajaran menurut teori yang dikelompokkan menjadi empat model pembelajaran.
Model tersebut merupakan referensi umum sikap pembelajaran untuk mencapai kompetensi atau tujuan pembelajaran yang diharapkan. Joyce & Weil beropini bahwa model pembelajaran yaitu suatu planning atau referensi yang sanggup dipakai untuk membentuk kurikulum (rencana pembelajaran jangka panjang), merancang bahan-bahan pembelajaran, dan membimbing pembelajaran di kelas atau yang lain (Joyce & Weil, 1980). Model pembelajaran sanggup dijadikan referensi pilihan, artinya para guru boleh menentukan model pembelajaran yang sesuai dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikannya.
Sumber:
Hamzah B. Uno & Nurdin Mohamad. 2015. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.
Sumber http://pend-ekonomi.blogspot.com
0 Response to "Model Pembelajaran Yang Menarik"
Posting Komentar