Menghitung Keliling Dan Luas Persegi Panjang

Sebelumnya kita telah membahas definisi persegi dan persegi panjang. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas keliling dan luas persegi panjang. Langsung saja kita menuju ke pembahasan materi.


Belajar Menghitung Keliling dan Luas Persegi Panjang


Salah satu sifat persegi panjang yaitu mempunyai empat sisi, dimana sepasang sisinya saling berhadapan sama panjang dan sejajar. Hal tersebut sanggup kita jadikan dasar untuk mencari keliling dan luas persegi panjang.


 


Keliling Persegi Panjang


Coba kini perhatikan gambar yang ada dibawah ini.Sebelumnya kita telah membahas definisi persegi dan persegi panjang Menghitung Keliling dan Luas Persegi Panjang


Gambar diatas menunjukkan persegi panjang OPQR dengan sisi-sisinya OP, PQ, QR, dan RO. Keliling suatu berdiri datar ialah jumlah semua panjang sisi-sisinya. Berdasarkan sifat persegi panjang, tampak bahwa panjang OP = QR = 5 satuan panjang, dan panjang PQ = RO = 3 satuan panjang, maka:


Keliling OPQR = OP + PQ + QR + RO.


Keliling OPQR = (5 + 3 + 5 + 3) satuan panjang


Keliling OPQR = 16 satuan panjang


Misalkan garis OP disebut panjang (p) dan PQ disebut lebar (l). Secara umum sanggup kita simpulkan bahwa keliling persegi panjang dengan panjang p dan lebar l adalah: 


K = 2(p + l) atau sama halnya  K = 2p + 2l.


 


Luas Persegi Panjang


Perhatikan gambar yang ada dibawah ini.Sebelumnya kita telah membahas definisi persegi dan persegi panjang Menghitung Keliling dan Luas Persegi Panjang


Luas persegi panjang ialah luas tempat yang dibatasi oleh sisi-sisinya.


Luas persegi panjang OPQR = OP x PQ


Luas persegi panjang OPQR = (5 x 3) satuan luas


Luas persegi panjang OPQR = 15 satuan luas


Jadi, luas persegi panjang dengan panjang p dan lebar l adalah:


L = p x l


Nah, teman sudah mempelajari cara memilih keliling dan luas persegi panjang. Maka kali ini teman sanggup eksklusif ke pola soal yang ada di bawah ini, kita coba kerjakan bersama agar kita bahu-membahu sanggup ilmunya. Coba perhatikan pola soal berikut ini dengan teliti.


Contoh Soal :


Hitunglah keliling dan luas persegi panjang yang berukuran panjang 8 cm dan lebar 6 cm.


Diketahui:


panjang (p) = 8 cm,


lebar (l) = 6 cm.


Ditanyakan: Keliling dan Luas . . . ?


Jawab:


Keliling = 2(p + l)


Keliling = 2(8 cm + 6 cm)


Keliling = 2 x 14 cm


Keliling = 28 cm


Luas = p x l


Luas = 8 cm x 6 cm


Luas = 48 cm2


Jadi, keliling persegi panjang tersebut 28 cm dan luasnya 48 cm2.


Wah, praktis ya teman pola yang kita bahas bersama. Jika kita belum terjun eksklusif ke pola soal tampaknya sulit tetapi dengan kita eksklusif menerapkan rumus persegi panjang tersebut seolah-olah sangat praktis dan gampang. Supaya tidak lupa ada soal latihan dibawah ini sanggup teman kerjakan, hitung-hitung tambah pemahaman.


Soal Latihan


Diketahui keliling persegi panjang ialah 40 cm dan panjang 10 maka tentukan lebar dan luasnya!


Demikianlah bahasan kali ini teman bangkusekolah.com wacana cara menghitung keliling dan luas persegi panjang. Terima kasih atas kunjungannya. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam kata-kata dan perhitungannya.



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Menghitung Keliling Dan Luas Persegi Panjang"

Posting Komentar