Lima Manfaat Teh Hijau Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Dalam dunia kesehatan, nama teh hijau telah bergaung dan banyak dikenal oleh masyarakat luas. Banyak kalangan memanfaatkan teh hijau untuk minuman sehari-hari atau ada yang memanfaatkan sebagai obat suatu penyakit. Manfaat teh hijau ini sangat baik untuk kesehatan.


Dalam bahasa Jepang dinamakan ryokucha yang maksudnya daun tumbuhan teh yang diproses biar tidak mengalami oksidasi dan dijadikan sebagai minuman seduh. Dalam bahasa latin, Camelia sinensis berasal dari daratan Asia Tenggara dan Asia Selatan. Teh hijau ini tergolong tumbuhan perdu yang dipangkas jikalau akan dibudidayakan untuk dipanen daunnya. Berikut ini dijelaskan deskripsi tumbuhan teh hijau.



  1. Akar

    Teh hijau mempunyai akar tunggang yang kuat.

  2. Biji

    Biji Camelia sinensis dipres untuk mendapat minyak teh. Minyak teh bisa digunkan untuk kecantikan dan kesehatan.

  3. Daun

    Panjang daun 4 – 15 cm, lebar daun 2 – 5 cm. Daun teh hijau ini mengandung kafein sekitar 4%. Daun muda teh hijau berwarna hijau muda. Untuk produksi teh, biasanya dipakai daun muda. Pada bab bawah daun terdapat rambut-rambut pendek putih. Daun renta warnanya lebih gelap. Kualitas teh hijau ini juga tergantung pada umur daun tersebut. Perbedaan umur pada daun teh ini menyebabkan daun mempunyai komposisi kimia yang berbeda.

  4. Bunga

    Bunga teh hijau berwarna kuning-putih dengan diameter 2,5 – 4 cm dengan 7 hingga 8 petal.


Kandungan kimia pada teh hijau


Manfaat teh hijau sangat luar biasa alasannya di dalamnya terdapat kandungan kimia yang tidak semua orang mengetahuinya. Setiap bab dari teh hijau mengandung materi kimia yang bermanfaat untuk kesehatan.



  1. Epigallocatechin (EGC)

    EGC salah satu komponen utama teh hijau yang berfungsi untuk meningkatkan aktifitas enzim dan memperkuat tulang. Kandungan ini juga berpotensi untuk mencegah dan mengobati osteoporosis.

  2. Polifenol

    Kandungan polifenol pada teh hijau bisa untuk mencegah kanker paru-paru yang diakibatkan oleh rokok. Polifenol ini juga bisa sebagai antioksidan besar lengan berkuasa yang bisa menghambat pertumbuhan tumor.

  3. Katekin

    Katekin yaitu segolongan metabolit sekunder dan termasuk golongan flavonoid yang merupakan antioksidan. Kandungan kimia ini bisa untuk melindungi mata dari beberapa penyakit. Katekin teh hijau ini juga berfungsi mengurangi resiko stres osidatif pada mata untuk kurun waktu lebih dari 15 jam.

  4. Karbohidrat

    Kandungan karbohidrat teh hijau bermanfaat untuk menghindari peningkatan gula darah.


Manfaat teh hijau


Kandungan kimia dan nutrisi yang sangat pada teh hijau sehingga tumbuhan ini sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Beberapa manfaat teh hijau sebagai berikut.



  1. Mencegah resiko penyakit kanker

    Kandungan antioksidan EGC yang terdapat pada tumbuhan teh hijau ini diyakini bisa membunuh sel-sel kanker. Dengan mengkonsumsi teh hijau bisa menghindarkan Anda dari penyakit kanker verbal dan kanker paru-paru jawaban rokok.

  2. Melawan alergi

    Salah satu manfaat yang menakjubkan yaitu teh hijau ini bisa untuk melawan alergi alasannya adanya kandungan EGC. Kandungan EGC tersebut bisa memblokir IgE yang merupakan reseptor kunci yang terlibat pada respon alergi.

  3. Menajamkan mata

    Para peneliti menunjukan teh hijau menghasilkan katekin yang bisa diserap oleh jaringan mata, sehingga indra penglihatan semakin tajam.

  4. Menurunkan kadar kolesterol

    Antioksidan EGC bisa menghambat absorpsi kolesterol tubuh. Makara ada baiknya Anda mengganti konsumsi minuman Anda dengan teh hijau.

  5. Melindungi diri dari efek sinar UV

    Manfaat teh hijau ini berasal dari kandungan katekin yang bisa menahan sinar UV dan menunda penuaan dini pada kulit.


Meskipun teh hijau hanya tumbuhan kecil, namun manfaat teh hijau sangat besar dalam kehidupan sehari-hari baik untuk sumbangan maupun pengobatan.



Sumber https://alamtani.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Lima Manfaat Teh Hijau Dalam Kehidupan Sehari-Hari"

Posting Komentar