Kombinasi Bambu Dan Geotekstil Untuk Meningkatkan Dukung Pondasi Dangkal Pada Tanah Gambut

BelajarSipil.com – Tanah merupakan salah satu material terpenting dalam dunia konstruksi, mengingat semua banguan sipil berada di atas tanah. Oleh alasannya yaitu itu dibutuhkan parameter tanah yang sesuai dengan kriteria desain. Namun bagaimana bila tanah yang dipakai sebagai media menyalurkan gaya-gaya dari bangunan mempunyai banyak masalah? Sebagai teladan tanah gambut yang cenderung mempunyai daya dukung rendah serta penurunan yang besar. Oleh alasannya yaitu itu perlu dilakukan beberapa metode perbaikan tanah.


 Tanah merupakan salah satu material terpenting dalam dunia konstruksi Kombinasi Bambu dan Geotekstil Untuk Meningkatkan Dukung Pondasi Dangkal pada Tanah Gambut


Salah satu metode perbaikan tanah yang sanggup dilakukan yaitu menunjukkan perkuatan dengan tujuan memotong bidang runtuh tanah. Material yang sanggup dipakai untuk perkuatan tanah yaitu materi sintetis ibarat geotekstil ataupun materi alami ibarat bambu.


Soewignjo Agus Nugroho, dari Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Riau, melaksanakan penelitian untuk mengetahui relasi antara kapasitas daya dukung dengan variasi kedalaman letak perkuatan, lebar perkuatan, spasi antara grid bambu dan geotekstil, dan sudut penyebaran beban.


<


p style=”text-align: justify”>Dalam penelitian tersebut diketahui perbedaan daya dukung antara tanah tanpa perkuatan dengan memakai perkuatan dinyatakan dalam Bearing Capacity Ratio (BCR). Dari studi model di laboratorium diperoleh hasil BCR maksimum sebesar 4,32 pada rasio L/B, d/B, dan s/B berturut-turut yaitu 3, 0,25 dan 0,5. Sudut penyebaran beban maksimum sebesar 78,79° pada L/B dan d/B (B yaitu lebar pondasi) berturut-turut yaitu 4 dan 0,25. Peningkatan BCR dan sudut penyaluran beban sebanding dengan penambahan dimensi perkuatan dan berbanding terbalik dengan jarak perkuatan dari dasar pondasi.


Penelitian ini memang tidak membahas berapa durabilitas material mengingat bambu merupakan material organik yang harus melalui treatment khusus ababila akan dipakai sebagai material perkuatan. Hanya saja dari penelitian ini sanggup diketahui sikap tanah apabila diperkuat dengan kombinasi grid bambu dan geotekstil sehingga sanggup menjadi refrensi untuk pelaksaan di pekerjaan lapangan.


Untuk mend0wnl0ad jurnal silahkan kanal link berikut: Download



Sumber https://www.belajarsipil.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Kombinasi Bambu Dan Geotekstil Untuk Meningkatkan Dukung Pondasi Dangkal Pada Tanah Gambut"

Posting Komentar