8 Penyebab Anak Lahir Dengan Bibir Sumbing


Penyebab anak lahir dengan bibir sumbing tentunya harus diwaspadai oleh semua calon orang tua, baik sang ayah maupun sang ibu.





Tentunya semua orang renta menginginkan yang terbaik bagi kelahiran anaknya, termasuk lahir normal dan tidak cacat sedikitpun. Dalam kasus bibir sumbing disebabkan lantaran ketika tumbuh kembang bayi dalam kandungan kurang sanggup berkembang pada serpihan tengkorak dan jaringan pada kepala dan bibir sehingga tumbuh celah pada rongga rongga mulut.





Penyebab Anak Lahir Dengan Bibir Sumbing Yang Paling tinggi meningkatkan resiko terjadinya kegagalan tumbuh kembangnya yaitu sebagai berikut :





1. Mempunyai Keturunan keluarga dengan kasus bibir sumbing





Menurut penelitian, segala penyakit dan kekurangan pertumbuhan keturunan sangat dipengaruhi oleh keturunan. Akan tetapi walau begitu Bunda tidak perlu khawatir asalkan sanggup memastikan bahwa asupan gizi selalu tercukupi.





2. Bunda merokok Ketika Hamil





Apabila bundamerupakan perokok maka ada baiknya berhenti dari kebiasaan tersebut kalau mengasihi si buah hati Bunda. Akan tetapi tidak hanya perokok aktif saja, Apabila di sekitar bunda juga terdapat banyak perokok akan tetap menghipnotis tumbuh kembang janin bunda dalam kandungan.





3. Sering Mengkonsumsi Alkohol Saat Masa Hamil





Tidak hanya merokok, minuman beralkohol juga sangat kuat terhadap tumbuh kembang janin dikarenakan termasuk minuman keras. Telah diadakan penelitian bahwa perempuan hamil yang mengkonsumsi alkohol lebih rentan melahirkan anak dengan bibir prematur.





4. Ibu Yang Obesitas





Tidak hanya penyebab bibir sumbing, Ibu yang mengalami obesitas selama kehamilan juga rentan terkena penyakit menyerupai diabetes dan pendarahan pasca melahirkan.





oleh alasannya yaitu itu ada baiknya kontrol pada dokter problem berat tubuh bunda selama kehamilan.





5. Ibu yang mengkonsumsi obat – obatan pada masa kehamilan





beberapa komposisi obat – obatan sanggup memicu terjadinya bibir sumbing pada bayi. beberapa diantaranya yaitu obat – obatan dengan isotretinon atau obat jerawat, methotrexate (obat psoriasis, arthritis dan kanker), dan obat anti kejang.





oleh alasannya yaitu itu jangan sungkan untuk memberikan kondisi kesehatan bunda kepada dokter ketika cek kondisi kehamilan semoga sanggup di kontrol konsumsi obat obatan tesebut.





6. Kekurangan Asupan Nutrisi





Pada masa kehamilan beberapa hal yang paling diharapkan yaitu nutrisi untuk pertumbuhan janin semoga lebih maksimal, beberapa diantaranya yaitu kebutuhan folat dan vitamin A. sehingga penting untuk mencukupi kebutuhan tersebut di masa kehamilan.





Apabila bunda merasa lelah dan gampang letih, boleh mengkonsumsi vitamin C yang kondusif untuk kehamilan.





7. Kekurangan Asal Folat





Awam dimengerti, Bahwa kebutuhan pokok untk kehamilan yaitu akan kebutuhan asam folat pada ibu hamil. oleh alasannya yaitu itu jangan hingga bunda terlupa untuk meminum obat penambah asam folat semoga tumbuh kembang anak menjadi tepat dikarenakan kurangnya asam folat pada anak sanggup mengakibatkan bibir sumbing.





BACA JUGA 12 MAKANAN TINGGI ASAM FOLAT YANG BAIK UNTUK IBU HAMIL





8. Bayi Menderita Syndrom Pierre Robin





Syndrom pierre robin merupakan syndrom yang sanggup mengakibatkan pertumbuhan rahang pada bayi ketika lahir menjadi kecil dan posisi pengecap lebih menjorok ke belakang.





Bayi yang dilahirkan dengan syndrom yang langka ini akan terdapat celah pada langit – langit di rongga mulutnya.





Untuk bayi yang lahir dengan kondisi bibir sumbing, sanggup dilakukan operasi apabila usianya telah menginjak 2 atau 3 bulan. Namun apabila dilahirkan dengan celah pada langit langit rongga mulutnya, maka disarankan operasi dilakukan pada usia 6 hingga 12 bulan. Akan tetapi operasi bibir sumbing ada kemungkinan dilakukan lebih dari 1x tergantung kondisinya.





Dari banyak sekali faktor resiko terjadinya bibir sumbing terhadap bayi, masih banyak yang sanggup dicegah sebelum terjadi. oleh alasannya yaitu itu sayangi diri dan bayi bunda dengan ulet menjauhi larangan larangan Penyebab Anak Lahir Dengan Bibir Sumbing.





Pastikan juga bunda melaksanakan investigasi rutin selama kehamilan setiap 1 bulan sekali dan ada baiknya 2 bulan sekali lakukan USG untuk memantau pertumbuhan janin bunda.





Referensi :
Centers for Disease Control and Prevention (2017). U.S. Department of Health & Human Services. Cleft Lip/Cleft Palate. 
Kummet, et al. (2016). Passive Smoke Exposure as a Risk Factor for Oral Clefts-A Large International Population-Based Study. American journal of epidemiology, 183(9), 834–841. 
Baby Centre UK (2016). Cleft Lip and Palate.
NHS Choice UK (2016). Cleft Lip and Palate. 
Everyday Health. Birth Defects and the Maternal Diet. 
Web MD (2019). Cleft Lip and Cleft Palate.
Mayo Clinic (2018). Cleft lip and Cleft Palate.



Sumber https://bacaanku.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "8 Penyebab Anak Lahir Dengan Bibir Sumbing"

Posting Komentar