Studi Sikap Sambungan Balok-Kolom (Beam-Column Joints) Pada Bangunan Struktur Beton Bertulang Komposit (Steel Reinforced Concrete) Jawaban Beban Gempa

ABSTRAK


Steel Reinforced Concrete (SRC) merupakan struktur komposit adonan dari Reinforced Concrete (beton bertulang) dengan profil baja di dalamnya, dan telah banyak dipakai untuk struktur bangunan bertingkat antara 5-20 lantai.














 merupakan struktur komposit adonan dari Reinforced Concrete  Studi Perilaku Sambungan Balok-Kolom (Beam-Column Joints) Pada Bangunan Struktur Beton Bertulang Komposit (Steel Reinforced Concrete) Akibat Beban Gempa


Seperti pada kontruksi gedung lainnya, panel pertemuan (sambungan) antara balok dan kolom pada kontruksi gedung SRC merupakan bab yang rawan mengalami kegagalan struktur terutama jawaban beban gempa. Untuk itu pada kiprah final ini dilakukan studi analisa mengenai sambungan balok-kolom pada struktur SRC, ialah mengenai besar lengan berkuasa gesernya. Kuat geser yang dimiliki oleh sambungan balok-kolom SRC ini dihitung dengan memakai dua metode perhitungan, ialah metode superposisi dan metode modifikasi strut-and-tie, untuk lalu dibandingkan dengan besar lengan berkuasa geser dari struktur beton bertulang biasa. Selain itu penampang dari masing-masing elemen struktur mencakup penampang balok dan kolom juga dianalisa dengan pertolongan kegiatan XTRACT.


Dari hasil analisa yang telah dilakukan sanggup dilihat bahwa metode strut-and-tie memperlihatkan hasil perhitungan yang lebih teliti daripada metode superposisi, namun langkah-langkah perhitungannya lebih rumit. Sedangkan dari hasil output kekuatan penampang elemen balok dan kolom dari kegiatan XTRACT, sanggup dilihat bahwa penampang elemen struktur dari SRC mempunyai kekuatan nominal yang hampir sama dengan elemen struktur dari beton bertulang meskipun dengan ukuran penampang yang lebih kecil.


untuk mend0wnl0ad full papernya klik d0wnl0ad













Sumber https://www.belajarsipil.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Studi Sikap Sambungan Balok-Kolom (Beam-Column Joints) Pada Bangunan Struktur Beton Bertulang Komposit (Steel Reinforced Concrete) Jawaban Beban Gempa"

Posting Komentar